Comscore Tracker

5 Elemen Penting untuk Tonjolkan Nuansa Kasual di Rumah

Bikin tamu makin nyaman singgah di rumahmu

Desain rumah kasual menjadi salah satu desain yang bikin nyaman dan terasa akrab. Gak seperti nuansa kantoran yang cenderung kaku dan formal, desain rumahan yang menonjolkan ketenangan. Tentu desain seperti ini yang bikin betah orang baru buat tinggal sejenak di pondokmu.

Jauh dari kemewahan, kamu bisa gunakan juga arsitektur kayu yang sederhana. Layaknya singgah di rumah perkampungan, suasana ini yang bikin tambah teduh dan segar. Jika berencana buat menghadirkan nuansa begini, simak dulu tips di bawah ini yuk.

1. Tambahkan nuansa hangat dan ramah 

5 Elemen Penting untuk Tonjolkan Nuansa Kasual di Rumahilustrasi ruang tamu (pexels.com/id-id/@designecologist)

Tempat tinggal di desain tidak hanya untuk kenyamanan tuannya saja, tapi sebisa mungkin bisa memberikan kenyamanan bagi setiap tamu yang akan singgah. Berikan tambahan desain yang hangat dan terkesan santai. Dengan begitu pun tamu akan jenak singgah di pondok kamu.

Dari halaman, kamu bisa tambahkan elemen penyegar seperti tanaman hias yang akan menambahkan kesan alami. Untuk teras, lebih direkomendasikan warna cerah dibandingkan warna gelap yang menambah suasana suram. Tambahkan tempat duduk yang nyaman juga penting, karena kebanyakan tamu ataupun tuan rumah akan menghabiskan waktu di spot depan ini.

2. Pilih warna yang kalem dan tenang 

5 Elemen Penting untuk Tonjolkan Nuansa Kasual di Rumahilustrasi ruang tamu (pixabay.com/users/maxfranke-9313892)

Hindari menggunakan nuansa warna mencolok, apalagi gelap. Selain tidak sehat untuk mata, pilihan warna juga mempengaruhi mood seseorang yang singgah di sana. Padukan warna alami juga bisa jadi pilihan terbaik, seperti cokelat kayu, biru laut ataupun putih.

Selain dinding, komponen lain seperti warna pintu dan jendela juga penting buat dipertimbangkan. Sesuaikan dengan nuansa ruangan yang kamu bawa. Gak harus dengan satu warna, kamu bisa padukan beberapa warna yang cocok untuk aksen jendela dan pintu.

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Dinding Estetik, Bikin Ruanganmu Anti Monoton

3. Tambahkan aksen vintage ke ruangan 

5 Elemen Penting untuk Tonjolkan Nuansa Kasual di Rumahilustrasi ruang tamu (unsplash.com/@seijiseiji)

Pernak-pernik dan barang antik juga bisa jadi senjata kuat buat menghadirkan kesan kasual. Jangan kosongkan ruangan, tambahkan juga beberapa hiasan peninggalan keluarga yang antik. Rapikan sedemikian rupa agar nyaman buat dipandang.

Gak hanya barang antik juga, kamu juga bisa tambahkan tanaman gantung indoor yang mudah dirawat. Tapi tempatkan di area yang aman buat orang-orang ataupun tanamannya, ya. Lebih aman lagi jika menata tanaman dekat dengan cahaya, seperti dekat jendela supaya tanaman hias tetap aman.

4. Tambahkan beberapa camilan 

5 Elemen Penting untuk Tonjolkan Nuansa Kasual di Rumahilustrasi meja tamu (pixabay.com/daria-yakovleva-3938704)

Gak hanya melulu desain dan arsitektur ruangan saja, kamu juga bisa tambahkan hidangan cadangan buat tamu. Walaupun terkesan sederhana, namun dengan begitu menandakan si tuan rumah siap menerima tamu dengan senang hati.

Kamu bisa menghadirkan beberapa stoples permen ataupun camilan di meja tamu. Sajikan dengan stoples cantik yang bikin nuansa mejanya tambah ceria. Sangat simpel, ya!

5. Pasang beberapa foto kenanganmu di ruang depan 

5 Elemen Penting untuk Tonjolkan Nuansa Kasual di Rumahilustrasi spot foto (unsplash.com/@invictar1997)

Supaya tamu merasa dekat dan lebih kenal dengan tuan rumah, bisa banget nih. Pajang beberapa foto kenanganmu di ruang depan. Jika terlalu berat memajang foto keluarga, kamu bisa pajang foto kelulusan atau foto travelling-mu.

Tata sedemikian rupa menjadi satu spot, lebih tepat jika berada di pojok ruangan. Tambahkan pernak pernik klasik supaya menonjolkan kesan kontemporer. Pastikan penempatan figura aman dan tidak menghalangi lalu lintas tamu, ya.

Sangat simpel, kan. Gak perlu banyak biaya untuk menghadirkan ruang nyaman buat semuanya. Hanya perlu kreativitas dan ketelatenan saja untuk menyusun. Selamat mencoba dan berkreasi!

Baca Juga: 10 Ragam Tipe Meja untuk Dekorasi Rumah, Pilih Sesuai dengan Fungsinya

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya