Comscore Tracker

7 Pakis Gantung Eksotis yang Cocok untuk Dekorasi Balkon Rumah

Walaupun mirip, tapi mereka gak sama, lho

Tanaman pakis merupakan jenis tumbuhan yang tak berbunga, tapi bisa menghasilkan daun dan batangnya yang sangat unik dan menarik. Oleh karena itu, banyak juga yang memilihnya sebagai tanaman hias kesayangan.

Tumbuhan jenis ini umumnya membutuhkan suhu yang sejuk dan kelembapan tanah yang cukup. Ini beberapa jenis pakis yang bisa kamu tanam dan digantung di halaman rumah. Gak hanya bentuknya saja yang unik, dia juga memiliki daun yang menyegarkan, lho.

Berikut beberapa jenis pakis, yang indah dan mudah di tanam di balkon rumah. Dijamin tambah segaser, deh!

1. Tiger fern 

7 Pakis Gantung Eksotis yang Cocok untuk Dekorasi Balkon Rumahinstagram/@the_plantier

Menjadi salah satu pakis terindah dalam jajaran pakis gantung, yang mana memiliki paduan warna bergelombang diatas lembaran daunnya, sangat menarik! Tiger fern menyukai kondisi tanah yang selalu lembap, serta kondisi ruang yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Pakis satu ini sangat cocok kamu letakkan di balkon rumah, ataupun di dekat jendela dalam ruangan. Saat menanam tiger fern, usahakan dia mendapat sinar matahari pagi atau hingga sekitar pukul sembilan, ya. 

2. Maidenhair fern 

7 Pakis Gantung Eksotis yang Cocok untuk Dekorasi Balkon Rumahmulhalls.com

Maidenhair fern atau sering disebut juga dengan Pakis suplir, sangat cocok buat dekorasi tanaman gantung di rumahmu. Pakis berdaun lembut ini bersahabat dengan kondisi cahaya yang redup, tapi kurang cocok dengan tanah dan udara yang terlalu kering. 

Jika kamu ingin menanam pakis suplir, usahakan berada di tempat teduh yang terkena matahari pagi saja, ya. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kelembapan tanahnya. Rajin-rajin menyemprot tanaman ini, agar daun bisa tumbuh subur dan hijau. 

3. Pakis asparagus 

7 Pakis Gantung Eksotis yang Cocok untuk Dekorasi Balkon Rumahwww.calloways.com

Pakis asparagus memiliki bentuk yang unik dengan bulu yang tampak seperti jajaran jarum yang melengkung ke bawah. Tapi tenang saja, jarum di pakis ini gak tajam layaknya jarum asli, kok. Dengan keunikannya, pakis satu ini cocok buat hiasan teras kamu.

Pakis asparagus lebih menyukai kondisi udara yang hangat, cocok juga buat hiasan dalam ruangan. Walaupun menyukai kondisi suhu yang hangat, tapi pakis ini gak menyukai cahaya matahari secara langsung. Pastikan dia hanya mendapatkan cahaya matahari pagi saja, ya. 

Baca Juga: 5 Koleksi Tanaman Hias Marini Zumarnis, Terlihat Rindang di Beranda

4. Pakis boston 

7 Pakis Gantung Eksotis yang Cocok untuk Dekorasi Balkon Rumahwww.trees.com

Pakis boston merupakan salah satu jenis pakis yang populer bagi penggemarnya. Pakis boston sangat menyukai kondisi suhu atau iklim yang sejuk atau dingin. Pakis satu ini juga bakal subur ketika sedang musim penghujan.

Walaupun begitu, kamu tetap bisa menanamnya kok. Tanamlah di pot dengan tanah yang lembap. Tempatkan di ruang yang tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung, kecuali sinar matahari pagi, ya. Lebih bagus juga, jika kamu memberinya pupuk penyubur daun dan akar setiap sebulan sekali. 

5. Pakis dallas 

7 Pakis Gantung Eksotis yang Cocok untuk Dekorasi Balkon Rumahdonahuesclematis.com

Berbeda sedikit dengan pakis boston, pakis dallas memiliki daun yang lebih padat, lebat, dan jarabg merontokkan dedaunan saat disimpan di dalam ruangan. Mirip dengan boston, pakis dallas juga menyukai suhu yang sejuk dan kondisi tanah yang lembap 

Kamu bisa menanamnya di pot gantung dengan persediaan air yang cukup. Letakkan di tempat teduh, dimana dia tidak akan mendapatkan sinar matahari secara langsung. Jangan lupa juga buat menyemprotkannya pupuk sebulan sekali, agar meningkatkan kesuburan daun dan akarnya. 

6. Pakis kimberly 

7 Pakis Gantung Eksotis yang Cocok untuk Dekorasi Balkon Rumahwww.plantingtree.com

Sama populernya dengan pakis boston, pakis kimberly memiliki daun dan batang yang lebih tegas dan tegak dengan daunnya yang hijau tua. Tanaman ini biasa digunakan sebagai penghias dekat pintu masuk rumah. 

Tanaman ini juga hanya menyukai cahaya matahari pagi dan cahaya tidak langsung. Tempatkan pakis hias ini di balkon rumah atau teras yang lebih teduh. Pastikan kamu juga menyiramnya secara teratur ya, supaya menjaga kelembapan tanahnya. Dan sesekali, siramlah pakis ini menggunakan pupuk yang kaya nitrogen. 

7. Hay scented fern 

7 Pakis Gantung Eksotis yang Cocok untuk Dekorasi Balkon Rumahcarolynsshadegardens.com

Pakis ini menjadi salah satu yang terunik diantara pakis yang lain. Tumbuh di iklim sedang hingga hangat, pakis ini memiliki beraroma seperti aroma jerami. Tumbuhan satu ini bisa ditemukan di pedesaan yang beriklim hangat.

Pakis jenis ini bisa ditanam dengan pot gantung atau bisa juga dengan ditempel di dinding luar. Tapi usahakan jangan terpapar matahari secara berlebihan, ya. Posisikan tanaman pakis ini di bagian dimana hanya terkena sinar matahari pagi saja.

Dari semua pakis diatas, terlihat mirip satu sama lainnya, ya? Memiliki daun bergerigi yang unik dan menarik, hijaunya pun sangat menyegarkan. Jadi tertarik buat mengoleksi, ya!

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Sayur Pakis yang Indonesia Banget, Bikin Makan Nambah!

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya