Comscore Tracker

5 Tips Mengecat Furnitur Kayu Sendiri di Rumah, Bak Profesional!

Terkesan lebih rapi dan berkilau 

Mungkin sebagian besar orang menganggap mengecat furnitur kayu terlihat gampang. Tapi ternyata perlu trik tersendiri lho. Belum lagi jika permukaan furnitur itu bertekstur kasar, bakal tampak berantakan.

Sebelum kamu memulai memoleskan cat ke koleksi furnitur kayumu, penting mengetahui trik khususnya nih. Sehingga kamu bisa menghasilkan karya polesan yang rapi dan memuaskan. 

1. Bersihkan permukaan furnitur kayu 

5 Tips Mengecat Furnitur Kayu Sendiri di Rumah, Bak Profesional!ilustrasi furnitur kayu (pexels.com/@mikebirdy)

Tahap ini sangat penting untuk menghasilkan kerapian hasil polesanmu. Angkat debu dari permukaan sebersih mungkin. Karena jika debu tercampur dengan cairan cat akan menghasilkan warna yang buruk dan berantakan.

Jika kamu akan mengecat furnitur yang sudah lama tak terpakai, usap menggunakan kain basah. Dengan begini kumpulan debu bakal langsung terangkat. Tapi sebelum di cat, pastikan permukaannya sudah gak basah lagi ya.

2. Ampelas permukaan yang kasar

5 Tips Mengecat Furnitur Kayu Sendiri di Rumah, Bak Profesional!ilustrasi mengamplas (pexels.com/@yaroslav-shuraev)

Gak semua hasil furnitur itu rapi dengan permukaannya yang lurus. Pasti ada beberapa serabut kayu yang muncul dan perlu dihilangkan. Jika tidak dihilangkan, hasil pengecatan pun terkesan berantakan.

Ampelas seluruh permukaan furnitur dengan kuat, hingga permukaannya halus. Kamu bisa cek sendiri dengan menyentuh sekitar permukaan. Jangan lupa, ampelas juga bagian sudut furnitur yang terlalu runcing supaya gak membahayakan nantinya.

Baca Juga: 5 Tips Mengecat Dinding Rumah Agar Hasilnya Maksimal, Apa Saja?

3. Oleskan menggunakan primer 

5 Tips Mengecat Furnitur Kayu Sendiri di Rumah, Bak Profesional!ilustrasi furnitur kayu (pexels.com/@leigh-heasley-271055)

Sebelum memoles warna pilihanmu, cat terlebih dahulu permukaannya menggunakan primer. Hal ini berguna untuk memastikan warna sebelumnya itu tertutupi, sebelum kita tutupi dengan warna pilihanmu.

Jika sekali polesan primer tidak cukup menutupi warna sebelumnya, tambahkan satu polesan lagi. Pastikan warna primer di sini warna putih, ya.

4. Ampelas terlebih dahulu primer

5 Tips Mengecat Furnitur Kayu Sendiri di Rumah, Bak Profesional!ilustrasi mengecat (bergerpaints.com)

Nah, ini yang terpenting sebelum masuk di warna utamanya. Penting juga buat kamu untuk menggosok hasil polesan primer tadi menggunakan ampelas.

Tips di atas digunakan supaya memastikan lagi permukaannya halus, karena terkadang hasil cat kita kasar dan bertekstur. Dengan begini hasil catnya nanti akan lebih halus.

5. Berikan polesan dua lapis 

5 Tips Mengecat Furnitur Kayu Sendiri di Rumah, Bak Profesional!ilustrasi mengecat (pixabay.com/kissu-5390401)

Supaya warna cat benar-benar keluar, kamu bisa memoles dua kali. Berikan polesan pertama, ampelas sebentar dan lanjut polesan kedua.

Arah pemolesan juga penting buar kamu perhatikan, ya. Gerakan tanganmu searah saja saat memoles menggunakan cat, bakal rapi deh.

Ternyata sangat mudah, kan. Walaupun sepele, tapi trik ini sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya. Selamat berkarya!

Baca Juga: 8 Tips Mengecat Ruangan dengan Warna Gelap yang Elegan 

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya