Comscore Tracker

5 Tips Perawatan Tanaman Hias Pachira Agar Tetap Hijau Subur 

Merupakan tanaman yang dipercaya sebagai simbol kemakmuran 

Pachira menjadi salah satu tanaman hias yang banyak digemari karena nuansanya yang eksotis dan menyegarkan. Pachira juga populer buat dekorasi ruangan, makin indah lagi dengan mengepang bagian batangnya. Bikin tambah artistik, deh.

Walaupun termasuk jenis tanaman hias yang mudah subur, tapi sering juga dedaunan sulit tumbuh subur. Hanya menumbuhkan tunas daun saja perlu waktu yang lama. Jika tanaman pachiramu termasuk yang sulit subur seperti tadi, simak dulu tips perawatannya di bawah, ya.

Baca Juga: 5 Tanaman Superfood Ini Dikenal Eksotik, Cocok Sebagai Tanaman Hias

1. Pastikan arahkan semua tunas menuju sumber sinar matahari 

5 Tips Perawatan Tanaman Hias Pachira Agar Tetap Hijau Subur ilustrasi tanaman pachira (unsplash.com/@scottwebb)

Walaupun termasuk jenis tanaman yang mudah subur di dalam ruangan, tapi usahakan stok cahayanya mencukupi, ya. Ketika pachira kurang setoran cahaya, yang ada tunas daun akan membutuhkan waktu lama buat tumbuh dan melebar. Kebanyakan pachira yang kurang cahaya mungkin tetap bisa hidup, tapi tidak ada pertumbuhan yang signifikan pada daunnya.

Kamu bisa meletakkan tanaman ini di teras depan rumah setiap sehari dalam sepekannya untuk menyegarkan kondisi pachira. Atau kamu juga bisa memutar posisi pot untuk memastikan semua sudut tanaman bisa mendapat sinar saat di ruangan. Sangat mudah, ya.

2. Penyiraman yang rutin 

5 Tips Perawatan Tanaman Hias Pachira Agar Tetap Hijau Subur ilustrasi pachira (instagram.com/fogliaverde.lb)

Tanaman pachira sangat disukai bagi penggemar tanaman hias, karena dia tidak mudah mati saat terlambat menyiram. Hanya saja dedaunnya semakin lama akan semakin mini dan kerdil. Padahal pachira yang menarik itu harusnya punya susunan daun lebat dan warna hijau pekat.

Terlambat menyiram sekali atau dua kali gak masalah kok, tapi tetap usahakan jangan sampai tanahnya benar-benar mengering, ya. Pantau tanahnya, segera siram setelah permukaan tanahnya sudah agak mengering. Setidaknya kamu bisa memastikan penyiraman sekali dalam tiga hari, ya.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Kanopi Hidup, Rimbun dan Cantik!

3. Hindari terik matahari secara langsung 

5 Tips Perawatan Tanaman Hias Pachira Agar Tetap Hijau Subur ilustrasi pachira (instagram.com/florarium.kaliningrad)

Tanaman pachira termasuk jenis yang menyukai kondisi teduh. Cenderung menyukai suasana atau suhu di teras, dalam ruangan, hingga ruang kamar mandiri yang sejuk. Hindari posisi terik yang membuat media tanam cepat mengering dan menghambat kesuburan daun.

Jika musim kemarau tiba dan media tanam secara otomatis mudah mengering tanpa setoran matahari langsung. Kamu harus rajin-rajin menyiram untuk memastikan tanah mendapat kelembapan yang cukup. Caranya dengan menyentuh permukaan tanah, segera siram jika tanah sudah cukup kering dan gak lembap lagi.

4. Penyiraman jangan sampai terlalu berlebih 

5 Tips Perawatan Tanaman Hias Pachira Agar Tetap Hijau Subur ilustrasi pachira (instagram.com/babaadam.florist)

Walaupun pertumbuhan akan terhambat ketika pachira terlambat menyiram, tapi bukan berarti juga dia bisa tumbuh di tanah yang terlalu lembap ya. Cukup kondisi tanah yang tidak terlalu kering, tapi masih punya stok cairan di pot bagian akarnya. Jadi jangan langsung disiram rutin setiap pagi dan sore tanpa mengecek kondisi tanahnya.

Karena saat penyiraman berlebihan, kandungan air yang tersimpan begitu banyak akan membuat akar lambat laun bakal membusuk. Usahakan beri ruang udara di dalam pot. Penyiraman yang baik akan terlihat saat proses perembesan air ke bagian bawah. Jika air siraman tidak cepat merembes ke bawah, mungkin kamu perlu memperbarui media tanamnya, ya.

5. Rutin memangkas tunas yang tak sehat 

5 Tips Perawatan Tanaman Hias Pachira Agar Tetap Hijau Subur ilustrasi tanaman pachira (pixabay.com/cool2compute-16810082)

Memangkas batang juga berguna buat memunculkan tunas baru yang lebih sehat. Karena terkadang ada pertumbuhan tunas baru yang malah mengganggu keindahan. Atau batang pachira yang sudah gak sehat, dengan ditandai tunas daun yang ukurannya gak normal.

Pangkas segera batang yang menghambat pertumbuhan. Pastikan alat pemangkas sudah steril dan siap buat memangkas batang pachira. Pemangkasan jangan dilakukan saat tengah hari supaya batang tidak mudah layu, ya.


Sangat mudah dan gak perlu banyak hal buat merawat, ya. Tetap yang paling utama yaitu menjaga kelembapan tanah dan setoran cahaya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Peluang Usaha Memetik Cuan bagi Pecinta Tanaman Hias

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya