Comscore Tracker

5 Warna Cat yang Seharusnya Tidak Kamu Gunakan di Kamar Tidur

Jika terpaksa, kamu perlu menjaga komposisi warnanya!

Kamar tidur memang menjadi tempat di mana kita akan bersantai dan melepaskan kepenatan. Tentu menjadi keharusan kalau desain kamarmu itu terkesan adem dan nyaman dipandang. Nah, faktor pertama yang seharusnya kamu perhatikan adalah cat dari warna dinding kamarmu.

Walaupun jarang diperhatikan, tapi warna cat di kamarmu bakal berikan efek terkuat terhadap perasaanmu. Berikut beberapa warna yang seharusnya dihindari saat kamu memilih buat mengecat dinding kamar tidurmu. Simak dan terapkan, yuk.

1. Warna kuning 

5 Warna Cat yang Seharusnya Tidak Kamu Gunakan di Kamar Tidurilustrasi dinding warna kuning (pixabay.com/@bumiputra-731298)

Jika indera penglihatanmu sensitif, tentu kamu selalu gak nyaman ketika sepintas melihat warna kuning ini. Warna kuning memang menjadi warna yang sangat merangsang, seperti halnya warna cahaya matahari di siang hati. Mungkin bagi anak-anak, warna kuning dianggap warna yang memberikan keceriaan dan rasa semangat.

Jika kita menerapkan warna kuning di tempat bermain atau tempat di mana kita aktif beraktifitas, itu bakal sangat mendukung dan meningkatkan semangat. Tapi jika di kamar tidur sangatlah tidak cocok, karena di sini yang dibutuhkan adalah rasa nyaman dan tenang. Boleh menggunakan warna kuning di kamar tidur, namun perlu diperhatikan tingkat warnanya ataupun porsinya ya.

2. Warna neon 

5 Warna Cat yang Seharusnya Tidak Kamu Gunakan di Kamar Tidurilustrasi dinding neon (unsplash.com/@nervum)

Jika kamu tipe orang yang butuh begadang di kamar tidur, mungkin ini jadi warna kunci buat menjaga semangat. Tapi lain jika kamar tidurmu memang khusus buat istirahat dan melepaskan rasa penat. Karena warna neon timbul layaknya elektrik yang siap membuat mata kamu terjaga.

Sebagian besar warna neon menjadi favorit para pria yang hobinya begadang. Warna neon menciptakan suasana yang lebih menantang. Otomatis efeknya bakal menolak kamu buat bersantai di kamar tidur.

Baca Juga: 9 Ide Desain Kamar Tidur Bernuansa Hitam, Modern dan Stylish 

3. Warna hitam 

5 Warna Cat yang Seharusnya Tidak Kamu Gunakan di Kamar Tidurilustrasi dinding warna hitam (pixabay.com/@finmiki-5724486)

Jika warna sebelumnya ampuh bikin mata kamu terjaga, kalo yang ini ampuh membuatmu bangun kesiangan, nih. Karena warna hitam memiliki komponen warna gelap, dimana menciptakan ruangan yang bikin kamu terlalu nyaman buat bangkit. Alhasil, saat pagi hari pun kamu bakal gak sadar kalo kesiangan karema nuansa kegelapan di kamarmu.

Kamu bisa menggunakan warna hitam di kamar, tapi jangan sepenuhnya hitam ya. Gunakan warna hitam buat permainan warna saja, misal sebagai penambah corak di dinding. Sebagian besar warna hitam juga dipakai buat menambah kesan ruangan yang mewah kok, tapi yang terpenting adalah perhatikan komposisi warnanya.

4. Warna merah 

5 Warna Cat yang Seharusnya Tidak Kamu Gunakan di Kamar Tidurilustrasi dinding merah (unsplash.com/@carterbaran)

Biasanya menyimbolkan penghuni yang bermental baja, atau pemberani. Biasanya sering menjadi favorit anak-anak, terlebih pria ya. Warna satu ini menciptakan energi yang berlebih, dan malah bikin perasaanmu tidak tenang.

Sedangkan fungsi utama kamar tidur adalah untuk bersantai dan jadi tempat buat menenangkan diri. Tentu bertolak belakang dari fungsi sebenarnya, kan. Gunakan warna yang lebih hangat lagi, seperti merah pastel atau pink hangat yang tidak terlalu merangsang inderamu.

5. Warna oranye

5 Warna Cat yang Seharusnya Tidak Kamu Gunakan di Kamar Tidurilustrasi dinding warna oranye (unsplash.com/@kyleclevelandphoto)

Sama halnya warna kuning, komposisi warna oranye ini bakal menyiksa indera penglihatanmu. Layaknya warna matahari, jika kamu terlalu lama memandangnya akan merasa tidak nyaman di mata. Hindari warna satu ini, terlebih di kamar tidur yang membutuhkan kenyamanan.

Kamu bisa pilih warna oren hanya untuk menambah corak saja. Selebihnya gunakan warna lain yang lebih teduh, seperti krem atau warna pastel. Kecuali di tempat yang butuh konsentrasi tinggi, misalkan di ruang olahraga.

 

Ternyata warna mencolok semua, ya. Selain bikin indera penglihatan gak nyaman, efek buat perasaanmu juga gak terlalu baik. Tetap bisa pakai deretan warna di atas, namun dengan catatan jaga komposisinya!

Baca Juga: 10 Inspirasi Kamar Tidur Bertema Industrial, Bisa untuk Kamar Sempit!

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya