Comscore Tracker

7 Simpul Penting yang Perlu Dikuasai Setiap Orang, Dilengkapi Gambar

Yuk, belajar simpul-menyimpul!

Apakah kamu pandai menyimpul? Atau jangan-jangan, kamu hanya tahu cara menyimpul tali sepatu saja? Dalam dunia simpul, ada banyak sekali macam dan teknik-teknik dalam membuat simpulan.

Berbagai simpulan yang ada pun memiliki cara dan kegunaannya masing-masing. Kemampuan menyimpul merupakan salah satu kemampuan yang harus kamu miliki, terutama buat kamu yang senang beraktivitas di alam bebas.

Berikut ini ada tujuh macam simpulan yang cukup penting untuk dikuasai. Dilengkapi gambar, simak tutorialnya baik-baik, ya!

1. Simpul Persegi

7 Simpul Penting yang Perlu Dikuasai Setiap Orang, Dilengkapi Gambarilustrasi simpul persegi (sciencephoto.com)

Simpul persegi atau dikenal juga sebagai simpul karang adalah simpul sederhana yang digunakan untuk mengamankan tali atau objek sekitar. Bukan hanya itu saja, simpul ini juga berguna untuk menghubungkan dua tali bersama-sama agar panjangnya bertambah.

Simpul persegi terdiri dari dua setengah simpul. Satu kiri dan satu kanan. Kemudian, satu diikat di atas yang lain dan salah satunya diikat terlebih dahulu. Simpul persegi bisa dibilang cukup unik karena dapat diikat dan dikencangkan dengan kedua ujung talinya berakhir.

2. Simpul Bowline

7 Simpul Penting yang Perlu Dikuasai Setiap Orang, Dilengkapi Gambarilustrasi simpul bowline (leisurepro.com)

Dalam dunia pramuka, simpul bowline dikenal juga sebagai simpul tiang. Bagi pelaut, simpul bowline merupakan simpul penting yang wajib dikuasai. Simpul bowline sangat cocok untuk membentuk lingkaran kuat yang mampu menahan beban berat.

Simpul ini sangat mudah untuk diikat dan dilepaskan. Untuk membuat simpul bowline, kamu bisa melihat caranya melalui gambar di atas.

3. Two Half-Hitches

7 Simpul Penting yang Perlu Dikuasai Setiap Orang, Dilengkapi Gambarsimpul dua setengah halangan (mastrant.com)

Two Half-Hitches atau dikenal juga sebagai lilit dua simpul adalah simpul yang digunakan untuk mengikat titik jangkar atau mengikat tali ke objek, tiang, dan pohon supaya tidak terlucut. Simpul ini juga bagus untuk mengikat objek yang berbentuk bulat.

Baca Juga: 5 Pola Pikir Wajib Diubah, Bantu Kamu Kuasai Skill Baru

4. Taut-Line Hitch

7 Simpul Penting yang Perlu Dikuasai Setiap Orang, Dilengkapi GambarTaut-Line Hitch (scouterlife.com)

Hampir mirip dengan lilit dua simpul, Taut-Line Hitch biasanya sering digunakan dalam membangun tenda. Simpul ini berguna untuk mengikat tali kemah ke pancang atau tali ke tiang supaya dapat dikendurkan atau ditegangkan.

5. Clove Hitch

7 Simpul Penting yang Perlu Dikuasai Setiap Orang, Dilengkapi GambarClove Hitch (eoceanic.com)

Clove hitch atau simpul pangkal merupakan salah satu simpul yang paling sering digunakan dalam jangkar, pembuatan tenda, pionering, dan simpul di belay-up.

Hal penting yang perlu diingat adalah tidak membuat simpul lebih dari satu ke suatu carabiner. Cara yang benar untuk melakukan simpul ini adalah dengan beban tali terdekat dari belakang carabiner.

6. Simpul Angka Delapan

7 Simpul Penting yang Perlu Dikuasai Setiap Orang, Dilengkapi GambarFigure-Eight Knot (cmcpro.com)

Salah satu simpul paling sederhana yang dapat kamu pelajari adalah simpul angka delapan. Simpul ini berfungsi sebagai penghenti bagi pendaki dan pelaut yang tidak ingin tali terlepas dari alat penahan seperti katrol.

7. Sheet Bend

7 Simpul Penting yang Perlu Dikuasai Setiap Orang, Dilengkapi GambarSheet Bend (old.scoutlibrary.in)

Sheet bend atau dikenal juga sebagai simpul bunga geti merupakan simpul yang wajib kamu kuasai. Simpul ini sendiri berguna untuk menyambung dua tali yang sama besar dan tali yang tidak sama besar. Selain itu, simpul ini juga berfungsi untuk mengikat tali ke suatu tanjul.

Tidak ada salahnya mempelajari dan menguasai simpulan-simpulan di atas. Siapa tahu bakal berguna banget buat kamu ke depan, apalagi saat kamu sedang beraktivitas di alam bebas. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Soft Skill Kunci Kesuksesan Hubungan Asmara, Sudah Menguasainya?

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya