Comscore Tracker

6 Ide Laundry Room untuk Rumah dengan Lahan Terbatas, Bisa Kamu Sontek

Ruangan tetap luas dan lega, deh!

Laundry room atau ruangan yang didesain khusus untuk mencuci pakaian biasanya berada di ruangan semi terbuka bagian belakang rumah. Biasanya, orang yang memiliki lahan yang cukup luas di rumahnya akan membuatkan laundry room dalam ruangan.

Sebenarnya, laundry room ini tidak memerlukan ruangan yang terlalu besar dengan berbagai perabot di dalamnya. Benda-benda yang wajib ada saat membuat laundry room tentunya adalah mesin cuci, saluran air dan pembuangannya, serta tempat menyimpan baju yang telah selesai dicuci.

Nah, untuk kamu yang memiliki rumah dengan lahan sempit, berikut beberapa tips untuk membuat laundry room tetap nyaman kamu gunakan. Simak, yuk!

1. Penghubung antar ruangan

6 Ide Laundry Room untuk Rumah dengan Lahan Terbatas, Bisa Kamu Sontekilustrasi laundry room (decorilla.com)

Manfaatkan sisi kosong yang menghubungkan antar ruangan. Biasanya sisi ini dibiarkan tidak difungsikan sehingga hanya ada tembok kosong begitu saja. Kali ini kamu bisa mengubahnya menjadi mini laundry room sederhana yang hanya ada mesin cuci dan kabinet tinggi untuk menyimpan sabun cuci dan peralatan mencuci lainnya.

Kalian bisa memilih warna kabinet yang sama dengan warna tembok disekelilingnya. Hal ini bisa dijadikan sebagai ilusi supaya ruanganmu tampak lebih luas lagi, lho.

2. Menggunakan sliding door

6 Ide Laundry Room untuk Rumah dengan Lahan Terbatas, Bisa Kamu Sontekilustrasi laundry room (bhg.com)

Untuk membuat ruangan terkesan luas dan lebih rapi, kamu bisa menggunakan sliding door atau pintu geser yang dapat menutupi lokasi laundry room kamu. Bisa kamu buka ketika kamu akan menggunakannya dan tutup kembali saat sudah selesai.

Sliding door seperti ini sangat menghemat ruangan, karena kalian tidak perlu menyediakan ruang lebih lebar hanya untuk membuka pintu. Perlu diperhatikan juga untuk tembok bagian belakang lebih baik ditutup dengan keramik untuk meminimalisir kelembaban, ya.

3. Jadi satu dengan meja setrika

6 Ide Laundry Room untuk Rumah dengan Lahan Terbatas, Bisa Kamu Sontekilustrasi laundry room (ackergilltower.com)

Masih bingung meletakkan meja setrika? Kalian bisa meletakkannya diatas mesin cuci, lho. Beri sedikit space antara mesin cuci dan meja supaya mesin cuci tidak berfungsi sebagai penopang meja setrika.

Pilih papan kayu yang cukup tebal dan perhatikan kekuatan penyangganya, mengingat meja ini tidak terdapat kaki. Desain yang satu ini bisa kalian terapkan apabila pintu mesin cucimu berada di depan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Setrika Pakaian, Gak Kalah Rapi Sama Laundry Langganan

4. Disusun bertingkat

6 Ide Laundry Room untuk Rumah dengan Lahan Terbatas, Bisa Kamu Sontekilustrasi laundry room (roeserconstruction.com)

Kamu punya dua mesin cuci di rumah? Meskipun terbilang cukup merepotkan untuk memilih tempat peletakan yang paling pas, kamu tak perlu khawatir. Rumah mungil dengan dua mesin cuci seperti ini bisa kalian siasati dengan menaruh pengering di atas mesin cuci. Jangan sampai terbalik, ya.

Cara ini memang terlihat efisien ruang, namun kalian juga harus lebih memperhatikan lagi tentang beban yang bisa ditopang oleh mesin cuci bagian bawah. Sebab kalau tidak bisa jadi mesin cucimu akan rusak, lho.

5. Di area dapur

6 Ide Laundry Room untuk Rumah dengan Lahan Terbatas, Bisa Kamu Sontekilustrasi laundry room (digitalgurutours.com)

Apabila tidak memungkinkan untuk membangun laundry room yang terpisah, kamu bisa menggabungkannya dengan area dapur, lho. Letakkan mesin cuci didekat tempat cuci piring agar lebih memudahkanmu untuk membuat jalur saluran airnya, ya.

Adanya mesin cuci di dapur, tentu saja harus lebih memperhatikan kebersihan dapur. Seba bila dapur dibiarkan berantakan dan kotor, siap-siap saja pakaian yang telah kamu cuci juga ikutan kotor, deh.

6. Di dalam kamar mandi

6 Ide Laundry Room untuk Rumah dengan Lahan Terbatas, Bisa Kamu Sontekilustrasi laundry room (houzz.com)

Seringkali melihat orang-orang menempatkan mesin cucinya di dalam kamar mandi? Hal ini bisa saja kalian terapkan di rumah. Namun perlu diperhatikan apabila mesin cuci juga membutuhkan listrik, sehingga dikhawatirkan aliran listrik yang tidak terlindungi dapat menyebabkan konsleting.

Jadi, untuk kalian yang ingin menghemat tempat dengan meletakkan mesin cuci di dalam kamar mandi. Pastikan kalau kamar mandi kalian termasuk kamar mandi kering, di mana terdapat area khusus untuk shower dan air tidak akan meluber, ya.

Nah, itulah beberapa inspirasi laundry room untuk rumah dengan lahan yang terbatas. Desain mana yang ingin kalian sontek, nih?

Baca Juga: 10 Ide Mempercantik Kamar Kos dengan Tanaman Hias, Ruangan Makin Elok

Dian Ayu Erlianti Photo Verified Writer Dian Ayu Erlianti

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya