Comscore Tracker

6 Tips Merawat Peace Lily yang Mudah untuk Kamu Terapkan

Gampang-gampang susah, nih!

Sudah sering melihat bentuk dan rupa dari bunga di atas, tapi masih belum tau namanya? Ini adalah bunga peace lily. Peace lily termasuk ke dalam tanaman rumahan, sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Apalagi saat ini peace lily banyak digunakan sebagai tanaman hias dibeberapa kafe yang mengusung tema industrial.

Warna off-white dari bunganya bisa menambah dekorasi ruangan semakin terlihat minimalis, lho. Bisa kamu tanam langsung di tanah ataupun di dalam pot.

Perawatan peace lily ini termasuk gampang-gampang susah, karena kalau terlalu meremehkan perawatannya. Maka dari itu, peace lily akan dengan mudah berubah menjadi kecokelatan, nih.

Sebelum memilih untuk mengadopsi peace lily, ketahui dulu tips-tips dalam
perawatannya berikut ini, ya.

1. Konsisten dalam penyiraman setiap harinya 

6 Tips Merawat Peace Lily yang Mudah untuk Kamu Terapkanilustrasi menyiram tanaman (pexels.com/@karolina-grabowska)

Usahakan tanah dalam pot peace lily selalu lembab, sehingga penyiraman harus dilakukan diwaktu yang konsisten. Apabila kamu menyiram dipagi hari, maka lakukan hal itu setiap hari secara konsisten.

Peace lily sendiri bisa tahan terhadap tanah yang kering. Hanya saja tidak bisa dalam waktu yang lama, karena daun-daunnya akan mulai berubah menjadi kecokelatan.

 2. Gunakan air yang tidak terkontaminasi 

6 Tips Merawat Peace Lily yang Mudah untuk Kamu Terapkanilustrasi air (pexels.com/Steve Johnson)

Peace lily sangat sensitif terhadap bahan kimia, termasuk bila air di rumahmu mengandung kaporit, maka hindari menyiramnya menggunakan air kran, ya. Bisa kamu ganti menggunakan air mineral atau air yang telah disaring kemurniannya.

3. Kelembaban tinggi berperan penting

6 Tips Merawat Peace Lily yang Mudah untuk Kamu Terapkanpeace lily (unsplash.com/@elizmari_a)

Peace lily adalah tanaman yang tumbuh diiklim tropis, sehingga ia sangat menyukai kelembaban. Kelembaban ini sendiri bisa kamu ciptakan dengan menaruh kerikil kecil berwarna-warni diatas permukaan tanahnya. Selain bisa membantumu menjaga kelembaban disekitar peace lily, hal itu juga mempercantik tanamanmu, lho.

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Peace Lily, Gak Cuma Sebagai Dekorasi

4. Tidak perlu terlalu sering melakukan pemupukan 

6 Tips Merawat Peace Lily yang Mudah untuk Kamu Terapkanilustrasi memupuk peace lily (pexels.com/@kool-shooters)

Pupuk memang dibutuhkan untuk semua jenis tanaman apabila ingin subur. Sayangnya, berbeda dengan tumbuhan lain, peace lily tidak membutuhkan terlalu banyak pupuk.

Kamu bisa melakukan pemupukan hanya sebulan sekali, karena terlalu banyak pupuk juga tidak baik bagi perkembangan peace lily-mu. Pupuk yang terlalu banyak bisa menyebabkan bunga berwarna hijau, lho. Jadi lebih baik kurangi jumlah pupuk yang kamu berikan, ya.

5. Usahakan tersuplai sinar matahari yang cukup 

6 Tips Merawat Peace Lily yang Mudah untuk Kamu Terapkanilustrasi pencahayaan peace lily (pexels.com/@lucas-george-wendt-2279952)

Semua tanaman memang membutuhkan sinar matahari, tidak terkecuali bunga cantik satu ini. Hanya saja, dalam perawatan peace lily, usahakan ia tidak terkena sinar matahari secara langsung, apalagi sinar matahari disiang hari.

Meskipun begitu, bukan berarti peace lily tdak membutuhkan sinar matahari, ya. Kamu bisa meletakkan peace lily didekat jendela, atau kalau kamu adalah orang yang rajin, bisa juga keluarkan peace lily-mu setiap pagi sampai sebelum pukul 09.00.

Kebutuhan sinar matahari yang tercukupi dapat memacu pertumbuhan bunga yang lebih cepat dan banyak. Apabila peace lily-mu tidak berbunga, maka itu berarti kekurangan sinar matahari, ya.

6. Mencegah daun berwarna cokelat

6 Tips Merawat Peace Lily yang Mudah untuk Kamu Terapkanilustrasi daun hijau (unsplash.com/@feeypflanzen)

Apabila kamu sering menjumpai peace lily dengan daun berwarna cokelat? Jika iya, maka hal itu disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu kekurangan cahaya matahari, pemupukan yang berlebihan, serta kekurangan ataupun kelebihan kelembaban.

Usahakan peace lily-mu berada pada level kelembaban yang pas. Hal ini ditandai dengan tanah yang tidak terlalu basah. Sehingga saat penyiraman, jangan sampai air merendam keseluruhan tanah. Pastikan juga terdapat lubang untuk keluarnya air dari potmu, ya.

Nah, itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin merawat peace lily. Apakah kamu tertarik untuk merawat tanaman yang satu ini?

Baca Juga: 7 Tips Merawat Bunga Mawar Agar Sehat dan Tidak Mudah Layu 

Dian Ayu Erlianti Photo Verified Writer Dian Ayu Erlianti

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya