Comscore Tracker

5 Cara Membuat Aquarium Sendiri yang Mudah dan Praktis

Akan jauh lebih hemat dan puas

Memelihara ikan di rumah bisa menjadi solusi untu meminimalisir kepenatan yang setiap hari dirasakan. Kamu bisa menikmati ikan yang berenang ke sana kemari. Meskipun sederhana memelihara ikan mampu memberikan rilaksasi yang menyenangkan lho. Tapi sayangnya, kini harga jual ikan beserta aquariumnya kan meroket.

Lalu gimana ya agar tetap bisa memelihara ikan dengan budget yang minim? Tenang saja, kamu bisa kok membuat aquarium sendiri. Berikut IDN Times kasih beberapa cara membuat aquarium sendiri yang mudah dan praktis supaya kamu bisa coba sendiri dirumah. Intip yuk dibawah ini!

1. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan

5 Cara Membuat Aquarium Sendiri yang Mudah dan Praktispexels.com/ Erika Pugliese

Sebelum memulainya, kamu bisa mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu:

  • Kaca
  • Lem tembak
  • PPisau cutter
  • lakban
  • Pipa PVC
  • Penggaris
  • Spidol
  • Obeng
  • Skimer
  • Kabel

2. Siapkan referensi aquarium yang kamu inginkan

5 Cara Membuat Aquarium Sendiri yang Mudah dan PraktisInstagram/ justfinns

Sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu mencari referensi aquarium yang paling ideal sehingga cocok untuk ditaruh di sudut ruang rumahmu.

Kamu bisa memilih aquarium yang sederhana dengan sentuhan detail minim ornamen ataupun aquarium yang ramai dengan ornamen. Semua tergantung selera dan ikan apa yang ingin dipelihara.

Baca Juga: Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Jakarta Aquarium

3. Jenis ikan yang ingin dipelihara

5 Cara Membuat Aquarium Sendiri yang Mudah dan Praktispixabay.com/Bergadder

Kamu bisa memilih jenis ikan hias dengan ragam warna dan variasi ikan. Bila memilih ukuran ikan yang lebih kecil akan lebih bagus dipandang bila jumlah ikannya lebih banyak. Tapi, kalau pilih ikan ikan yang besar, 1-2 ekor ikan dalam satu aquarium sudah cukup.

4. Potong kaca sebagai langkah awal

5 Cara Membuat Aquarium Sendiri yang Mudah dan PraktisInstagram/ justfinns

Pertama kamu harus memotong kaca terlebih dahulu sesuai dengan pola yang sudah ditentukan. Jangan dipaksakan ya kalau tidak terbiasa memotong kaca, cobalah untuk pergi ke jasa pemotongan kaca demi mendapatkan garis yang lebih rapi dan lurus.

Setelah jadi, satukan setiap sisi masing-masing kaca menjadi sebuah bentuk kotak maupun persegi panjang. Rekatkan dengan menggunakan lem tembak di setiap sisinya. Pastikan sudut kaca telah halus sehingga tidak membahayakan saat dipegang.

5. Dekorasi aquarium agar ikannya nyaman

5 Cara Membuat Aquarium Sendiri yang Mudah dan Praktispixabay.com/ darf_nicht_mehr_hochladen

Setelah sudah selesai membuat aquarium kaca, kamu bisa beralih ke bagian dekorasi. Untuk dekorasi biasanya ornamen seperti mainan kicir, pohon-pohonan, rerumputan, batuan, sampai pasir. Pokoknya sebisa mungkin mempersiapkan desain aquarium terlihat menarik. Kamu juga perlu mengatur berapa besarnya air yang akan mengalir dari pipa PVC Rucika.

Nah, mudah banget kan cara membuat aquarium sendiri. Siapa tahu berawal dari aquarium bisa memiliki empang luas dan menghasilkan ikan yang jauh lebih banyak.

Baca Juga: 10 Potret Keseruan Menyelami Alam Bawah Laut di SEA Aquarium Singapura

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya