Comscore Tracker

5 Tips Mudah Membersihkan Kaca Akuarium agar Tak Berkerak dan Kotor

Kamu bisa mencoba membersihkannya secara mudah!

Akuarium merupakan salah satu benda yang umum berada di rumah. Selain sebagai wadah untuk tempat tinggal ikan-ikan hias, namun akuarium kini juga sudah beralih menjadi hiasan rumah yang indah dan estetik.

Tapi, tentu saja akuarium pernah mengalami kotor ataupun kusam bila jarang dibersihkan. Lalu, bagaimana cara mensiasatinya? Yuk, cari tahu.

1. Bahan sitrus yang dicampur air hangat

5 Tips Mudah Membersihkan Kaca Akuarium agar Tak Berkerak dan Kotorhomesteadandchill.com

Salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk membersihkan akuarium adalah air hangat yang dicampur dengan sitrus.

Bahan-bahan yang mengandung sitrus memang telah lama dipercaya memiliki kandungan yang efektif untuk membersihkan peralatan-peralatan. Kamu bisa mencampurkan bahan sitrus dengan air hangat dan gunakan sebagai bahan untuk membersihkan akuarium.

2. Pemutih pakaian

5 Tips Mudah Membersihkan Kaca Akuarium agar Tak Berkerak dan Kotorreviewed.com

Tak ada yang menyangka bahwa pemutih pakaian ternyata dapat pula dimanfaatkan untuk membersihkan akuarium, lho. Caranya adalah dengan mengombinasikan deterjen dengan akuarium. Campurkan keduanya dan gunakan untuk membersihkan kaca akuarium yang kotor.

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Akuarium buat Pencinta Ikan Hias, Unik-unik!

3. Pasta gigi

5 Tips Mudah Membersihkan Kaca Akuarium agar Tak Berkerak dan Kotornytimes.com

Pasta gigi tak hanya efektif untuk membersihkan gigi saja, namun juga efektif untuk membersihkan kaca akuarium. Penggunaan pasta gigi dapat digunakan dengan mengoleskannya pada kaca dan menggosoknya secara perlahan. Dengan begitu, maka akan bersih dengan baik.

4. Pembersih lantai

5 Tips Mudah Membersihkan Kaca Akuarium agar Tak Berkerak dan Kotorrealestate.com.au

Pembersih lantai menjadi salah satu bahan yang pasti selalu ada di rumah. Fungsi pembersih lantai sangat penting untuk menghilang noda yang membandel.

Fungsi tersebut ternyata juga bisa digunakan sebagai pembersih kaca akuarium. Bersihkan secara berkala hingga benar-benar bersih maksimal.

5. Ikan pembersih

5 Tips Mudah Membersihkan Kaca Akuarium agar Tak Berkerak dan Kotordanielheard.com

Dari pada repot membersihkan akuarium, kamu justru bisa menggunakan ikan pembersih saja. Penggunaan ikan pembersih ternyata efektif dalam membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada kaca. Tentunya akan menghindari kaca akuariummu menjadi berkerak.

 

Tentunya dengan cara-cara di atas, maka segala noda dan kotoran yang menyebabkan kusam pada kaca akuarium pun jadi lebih bersih maksimal. Mudah, bukan?

Baca Juga: 5 Manfaat Dahsyat Akuarium bagi Kesehatan, Wajib Ada di Rumahmu!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya