Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Permasalahan Wastafel yang Tersumbat, Mudah!

Gak perlu bingung lagi ya kalau wastafel rumah mampet

Wastafel merupakan salah satu alat untuk mencuci piring yang biasa tersedia di dapur atau kamar mandi. Fungsinya yang memang untuk mencuci membuat wastafel sangat rentan mengalami penyumbatan di dalamnya.

Pada saat wastafel tersumbat, tentu saja ini akan menyulitkanmu sebab proses mencuci tidak bisa dilakukan dan air tidak bisa mengalir sebagaimana mestinya. 

Untuk kamu yang sedang menemukan permasalahan seperti ini di rumah, berikut lima tips yang dapat kamu praktikan sendiri untuk mengatasi wastafel tersumbat. 

1. Menuangkan secangkir soda kue

5 Tips Mengatasi Permasalahan Wastafel yang Tersumbat, Mudah!thespruceeats.com

Soda kue merupakan salah satu bahan yang telah dipercaya mampu mengatasi permasalahan seperti wastafel yang tersumbat. Bahan yang mudah ditemukan ini juga dapat kamu gunakan sendiri di rumah saat wastafelmu bermasalah.

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menuangkan soda kue sebanyak satu cangkir. Pastikan untuk menuangkannya langsung ke saluran pipa pada wastafel. 

2. Menuangkan dua cangkir air mendidih 

5 Tips Mengatasi Permasalahan Wastafel yang Tersumbat, Mudah!Unsplash/Jana Sabeth

Setelah kamu memastikan bahwa satu cangkir soda kue telah dituang secara penuh melalui lubang wastafel. Maka, cara selanjutnya adalah dengan mempersiapkan dua cangkir air mendidih. Fungsi air mendidih ini nantinya adalah agar soda kue yang sebelumnya telah dituang dapat ikut bereaksi dengan baik. 

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Wastafel di Dapur, Tampak Seperti Baru!

3. Menuangkan satu cangkir bubuk soda kue dan cuka

5 Tips Mengatasi Permasalahan Wastafel yang Tersumbat, Mudah!bonappetit.com

Setelah dua langkah tersebut dilakukan, maka kamu dapat menambah bahan-bahan selanjutnya. Tuangkan kembali satu cangkir bubuk soda kue dengan cuka secara bersamaan ke dalam lubang pipa wastafel. Pastikan bahwa takaran yang digunakan telah sesuai sebagaimana instruksinya. 

4. Tutup lubang wastafel 

5 Tips Mengatasi Permasalahan Wastafel yang Tersumbat, Mudah!Unsplash/Sasikan Ulevik

Setelah beberapa bahan di atas telah kamu tuangkan ke dalam lubang pipa wastafel, maka hal selanjutnya adalah dengan menutupnya dengan rapat. Biasanya setelah itu kamu akan mendengar suara gemuruh pada bagian dalam pipa.

Meski mungkin akan sedikit membuat panik, namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang berbahaya sebab artinya bahan-bahan tersebut sedang bereaksi. 

5. Tambahkan lagi dua cangkir air mendidih

5 Tips Mengatasi Permasalahan Wastafel yang Tersumbat, Mudah!Unsplash/Kelly Sikkema

Setelah kamu memastikan bunyi gemuruh atau pun buih yang ada pada bagian pipa wastafel telah hilang, maka kamu dapat lanjut pada langkah terakhir. Caranya dengan hanya menuangkan kembali dua cangkir air mendidih ke dalam lubang wastafel. Fungsinya adalah sebagai pelarut dari sisa-sisa soda kue yang tadi digunakan sehingga jalan air pun dapat lebih lancar. 

Nah, beberapa langkah di atas dapat kamu praktikan secara mudah di rumah bila wastafelmu bermasalah dan mampet. Mudah, bukan? 

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 6 Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Lebih Tahan Lama

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya