Comscore Tracker

Bikin Anak Suka Baca, Ini Cara Membuat Big Book Digital Budget Hemat

Belajar membaca menjadi lebih menyenangkan deh buat si kecil

Pada masa pandemi seperti sekarang ini memang sangat dibutukan peran orangtua di rumah untuk membantu pembelajaran membaca anak. Ini cukup membuat orangtua resah karena anak-anak merasa kurang menyenangkan belajar dengan orangtuanya sendiri di rumah.

Bagaimana cara membuat pengalaman belajar anak menjadi lebih menyenangkan? Nah, big book ini bisa menjadi salah satu alternatif orangtua atau para guru untuk media belajar membaca anak. Big book atau buku besar ini merupakan salah satu media yang mempunyai karakteristik khusus yang efektif karena ilustrasi gambar yang menarik dan mendukung isi teks cerita. Big book digital ini bisa dibuat sendiri sesuai dengan kreativitas. Big book adalah salah satu materi pelatihan Tanoto Foundation kepada guru-guru.

Nah, untuk para guru dan orang tua hebat di rumah, berikut ada tips cara pembuatan big book digital yang mudah, murah, dan menarik!

1. Pilihlah topik cerita yang menarik 

Bikin Anak Suka Baca, Ini Cara Membuat Big Book Digital
Budget Hematunsplash.com/@robbie36

Sebelum membuat big book digital, pastikan telah menentukan topik cerita. Topik ini biasanya dekat dengan kehidupan siswa dan sesuai dengan kebutuhan anak. Topik yang menarik bisa tentang kehidupan sehari-hari anak ataupun keragaman sosial budaya Indonesia yang sangat kaya. Setelah topik mantap dipilih, kemudian buatlah outline cerita dan rencana gambar untuk masing-masing halaman big book.

2. Komputer/laptop sebagai media penulisan big book digital 

Bikin Anak Suka Baca, Ini Cara Membuat Big Book Digital
Budget Hematunsplash.com/@domenicoloia

Pastikan komputer ataupun laptop terkoneksi dengan Internet. Siapkan aplikasi untuk menempelkan design dan juga aplikasi untuk mengedit gambar. Atau yang lebih simpelnya lagi, kita bisa menggunakan Ms. Power Point sebagai template design untuk menyisipkan gambar dan teks cerita.

Baca Juga: 5 Pendidikan Life Skill Ini Bisa Jadi Metode Balajar yang Asyik, Lho! 

3. Cara mencari gambar menggunakan google image 

Bikin Anak Suka Baca, Ini Cara Membuat Big Book Digital
Budget HematDokumen Pribadi/ Tri Indri Yanti

Bukalah mesin pencarian Google. Carilah gambar sesuai dengan outline cerita yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan gambar menarik dan mendukung isi cerita. Unduh dan simpan gambar di laptop atau komputermu.

4. Cara menuliskan teks dan menyisipkan gambar menggunakan Ms. Power Point

Bikin Anak Suka Baca, Ini Cara Membuat Big Book Digital
Budget HematDokumen Pribadi/Tri Indri Yanti

Buka Ms. Power Point, setelah muncul slide hilangkan semua template tulisan sehingga power point menjadi kosong, kemudian klik design dan pilih salah satu design warna yang polos.

Langkah selanjutnya, insert gambar yang kita download, jika masih ada backgroundnya atau tidak bisa muncul gambar kita gunakan https://photoscissors.com/ untuk merubah gambar awal menjadi transparan. Kemudian simpan hasil gambarnya dan tempel di design yang sudah kita siapkan. Kemudian tuliskan teks ceritanya di slide berikutnya. Lakukanlah langkah tersebut sampai dengan design big book digital selesai sesuai outline.

5. Big book siap digunakan untuk pembelajaran membaca 

Bikin Anak Suka Baca, Ini Cara Membuat Big Book Digital
Budget HematUnsplash.com/@jerry_318

Bagi para orang tua di rumah bisa dengan mencetak hasil big book digital yang telah dibuat dengan printer ataupun ke percetakan biasa.  Dan bagi para guru yang tidak bisa bertatap muka langsung dengan siswa ada alternatif lain yaitu dengan membagikan big book digital ini melalui WA Group siswanya untuk diakses di rumah dengan bimbingan orang tua masing-masing.

Nah, demikian cara pembuatan big book digital dengan biaya hemat dan tentunya bisa membantu pembelajaran membaca siswa dan mendukung gerakan literasi pemerintah. Bagaimana? Sudah tak sabar bukan untuk mempraktekannya? Selamat mencoba!

Baca Juga: Penting untuk Guru, 5 Hal yang Diperhatikan Saat Pembelajaran Daring

TRI INDRI YANTI Photo Writer TRI INDRI YANTI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya