Comscore Tracker

5 Tips Membuat Ruangan Terlihat Estetik

Pokoknya bisa bikin kamu betah di rumah

Kita bisa menghabiskan sebagian besar waktu di rumah. Apalagi saat pandemi seperti ini. Rumah merupakan tempat kita melakukan banyak aktivitas. Rumah juga tempat pulang setelah aktivitas di luar yang membuat penat.

Kondisi ruangan dalam rumah akan memengaruhi mood kamu dalam melaksanakan aktivitas, loh.  Ruangan yang bersih, rapi, dan estetik akan membuat rasa malasmu hilang dan menjadi lebih produktif.

Bagaimana, sih, tips membuat ruangan terlihat estetik? Yuk, kita simak bareng-bareng!

1. Gunakan cat dinding putih atau warna lembut lainnya

5 Tips Membuat Ruangan Terlihat Estetikilustrasi ruangan dengan cat putih (pixabay.com/manbob86)

Warna dinding akan sangat memengaruhi mood seseorang. Sebaiknya gunakan warna putih atau warna lembut lainnya, seperti krem, biru muda, abu muda, dan lain-lain.

Hindari menggunakan cat dinding dengan warna yang terlalu mencolok seperti merah karena akan membuat mata sakit. Sedangkan, untuk penggunaan cat dinding dengan warna gelap akan membuat ruangan terlihat sempit.

Ada baiknya gunakan warna cat dinding yang berbeda untuk setiap ruangan di dalam rumah agar tidak terkesan membosankan.

2. Letakkan tanaman

5 Tips Membuat Ruangan Terlihat Estetikilustrasi tanaman (pixabay.com/milivigerova)

Saat ini, tanaman banyak diminati orang-orang. Tanaman dapat kamu manfaatkan untuk mengisi sebuah ruangan agar terlihat estetik dan segar. Gunakan tanaman yang tidak menggunakan banyak tempat, ya, agar ruanganmu bisa terlihat lebih luas.

Jika kamu tipe orang yang rajin merawat tanaman, kamu dapat menggunakan tanaman asli, kemudian letakkan di dekat jendela agar tetap terkena sinar matahari. Namun, jika kamu tipe orang yang tidak punya waktu untuk merawat tanaman, kamu dapat meletakkan tanaman palsu atau tanaman artifisial

Baca Juga: 9 Inspirasi Ruangan dan Dekorasi Marble, Elegan bak Rumah Sultan!

3. Perhatikan pencahayaan

5 Tips Membuat Ruangan Terlihat Estetikilustrasi pencahayaan dalam ruangan (pixabay.com/Pexels)

Setelah pemilihan cat dinding dan penggunaan tanaman, hal selanjutnya yang dapat membuat ruangan kamu lebih estetik adalah pencahayaan dari jendela. Pencahayaan yang bagus dapat membuat kamu lebih nyaman beraktivitas dalam ruangan.

Pencahayaan membuat kamu tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari yang akan menguras listrik lebih banyak. Adanya jendela juga dapat membuat udara masuk sehingga ruangan tidak terasa pengap, serta dapat menjaga kelembapan ruangan.

4. Gunakan furnitur bergaya minimalis

5 Tips Membuat Ruangan Terlihat Estetikilustrasi furnitur minimalis (pixabay.com/ErikaWittlieb)

Untuk furnitur, sebaiknya pilih furnitur yang elegan dan tidak menggunakan banyak tempat agar ruangan tidak terasa sempit. Pilihan yang tepat adalah furnitur minimalis dengan motif kayu atau polos dengan warna yang senada dengan cat dinding yang diterapkan.

Furnitur minimalis menjadi impian banyak orang. Bentuknya yang sederhana dan elegan membuat ruangan terlihat lebih estetik. 

5. Letakkan dekorasi

5 Tips Membuat Ruangan Terlihat Estetikilustrasi pajangan (pixabay.com/JayMantri)

Penggunaan dekorasi dalam ruangan dapat membuat estetikanya semakin tinggi. Lukisan dan foto menjadi dekorasi paling banyak digunakan. Selain itu, penggunaan dekorasi lain yang unik juga bisa menjadi pilihan kamu. Jangan lupa untuk memperhatikan penataannya, ya. 

Gunakan dekorasi dengan warna dan ukuran yang sesuai. Jangan gunakan dalam jumlah yang berlebihan karena dapat membuat ruangan terlihat berantakan. 

Itulah beberapa tips yang dapat membantu kamu membuat ruangan terlihat estetik. Demi merasa nyaman melaksanakan aktivitas di dalam rumah, hal itu bisa dibilang cukup mudah, bukan? Jadi, apakah kamu sudah siap menata ulang isi rumahmu?

Baca Juga: 6 Ide Dekorasi Ruangan ala Korea, Jadi Nyaman Sekaligus Estetik!

It's me Lia Photo Writer It's me Lia

Belajar produktif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya