Comscore Tracker

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Dicoba dulu yuk!

Ketika mempelajari bahasa asing, penting untuk menyusun kalimat perkenalan walau sederhana. Ada banyak hal yang bisa kamu sebutkan, mulai dari profil pribadi hingga pengalaman kerja bila berkaitan dengan lamaran pekerjaan.

Supaya kamu gak bingung, IDN Times sudah siapkan beberapa referensi perkenalan diri dalam Bahasa Inggris untuk beberapa kegiatan. Simak terus artikel ini!

Baca Juga: Ada 'Blood Runs Cold', 5 Idiom Bahasa Inggris Ini Pakai Kata 'Blood'

1. Contoh perkenalan diri singkat

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Artinyailustrasi presentasi (pexels.com/Dani Hart)

Untuk kamu yang bertemu dengan orang asing atau rekan kerja, kamu bisa memperkenalkan diri secara singkat. Berikut ini contohnya:

"Hello friends. I would like to introduce myself. My name is Ayas. I'm from Surabaya, East Java."

Arti: Halo teman-teman. Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Ayas, saya berasal dari Surabaya, Jawa Timur.

"Good morning, all. My name is Chyntia Mutiara. You can call me Tiara. I'm from Jakarta. Nice to meet you."

Arti: Selamat pagi, semuanya. Nama saya Chyntia Mutiara. Kalian bisa memanggil saya dengan Tiara. Saya berasal dari Jakarta. Senang bisa mengenal kalian.

2. Contoh perkenalan diri untuk murid baru

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Artinyailustrasi murid (instagram.com/Yan Krukov)

Kalau kamu hendak melanjutkan studi di luar negeri, jangan lupa mempersiapkan perkenalan diri dalam Bahasa Inggris sebagai murid atau mahasiswa baru. Sontek saja referensi berikut ini:

"Hello, my name is Gafar. I am a new student in this university. I was born in Tegal, a small city in Indonesia. I came here alone to reach my dream. My parents are still in my hometown.I would love to take part on competition as long as it relates with my hobbies. That’s all that I can tell about myself. Thank you."

Arti: Hello, nama saya Gafar. Saya mahasiswa baru di universitas ini. Saya lahir di Tegal, kota kecil di Indonesia. Saya datang ke sini sendiri untuk meraih mimpi. Orangtua saya masih tinggal di kampung halaman. Saya akan sangat senang bisa bergabung dalam kompetisi selama masih berkaitan dengan hobi. Itu saja yang bisa saya sampaikan. Terima kasih.

3. Contoh perkenalan diri untuk karyawan baru

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Artinyailustrasi presentasi (pexels.com/ThisIsEngineering)

Nah, kalau kamu seorang karyawan baru, kami punya referensi perkenalan diri singkat seperti ini:

"Good afternoon, everyone.
Let me introduce myself. My name is Tania. I’m a new employee here. Previously, I had worked in various reputable companies in Indonesia. So, I will do my best for this company so that this company can make more progress and get higher profits. Well, that’s a simple introduction I can do. I hope we can work together as a team. Thank you."

Arti: Selamat siang, semuanya. Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Tania. Saya adalah karyawan baru di sini. Sebelumnya, saya pernah bekerja di beberapa perusahaan ternama di Indonesia. Saya akan berusaha melakukan yang terbaik sehingga perusahaan memiliki kinerja baik dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Itu dulu perkenalan singkat dari saya. Saya harap kita bisa bekerja sama sebagai tim. Terima kasih.

“Hi team, my name is Sandra, your new marketing manager..

 I have 10 years of experience marketing a wide array of events, from conferences to international events. Previously I worked as a marketing manager too in one of reputable company in Jakarta.

We will be working together in the future and I am excited to be a part of the team. I cant do this alone, that's why i need your cooperation to achieve great things."

Arti: Hai tim, nama saya Sandra, manager marketing baru. Saya punya pengalaman 10 tahun lebih di bidang marketing dalam berbagai acara, mulai dari konferensi hingga acara internasional. Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai manager marketing juga di salah satu perusahaan ternama di Jakarta.

Kita akan bekerja bersama ke depannya dan saya sangat senang bisa menjadi bagian dari tim. Saya tidak bisa melakukan ini sendirian, itulah mengapa saya butuh bantuan kalian untuk mencapai hal-hal besar/baik.

Baca Juga: 5 Cara Mengucapkan Jam dalam Bahasa Inggris, Gak Bisa Sembarangan!

4. Contoh perkenalan diri tentang profil pribadi

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Artinyailustrasi presentasi (pexels.com/Matheus Bertelli)

Kamu juga bisa memperkenalkan diri dengan kalimat panjang. Berisikan profil diri singkat seperti nama lengkap, nama panggilan, domisili, hobi, atau hal-hal lain yang perlu disampaikan. Contohnya seperti ini:

"Good morning.

I would like to introduce myself. My name is Agastya Pandu. You can call me Gagas or Agas. I'm the second child in my family. I have an older sister named Ayas. I was born in Surabaya, 10 September 2000. Currenty, i live in Papar, Kediri. Small town with surprisingly delicious food.

Speaking of a hobby, music is one of my hobbies. I can play piano and keyboard since junior high scoll. I have a dream to make a new song. Hopefully, my dream can come true.

My father works for christian school as educational consultant and my mother works as principal at senior high school. I guess that’s all I can say about this introduction. Thank you very much for your attention."

Arti: Selamat pagi. Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Agastya Pandu. Kalian bisa memanggil saya Gagas atau Agas. Saya adalah anak kedua dalam keluarga. Saya punya kakak perempuan bernama Ayas. Saya lahir di Surabaya, 10 September 2020. Sekarang, saya berdomisili di Papar, Kediri. Kota kecil dengan makanan yang enak.

Berbicara soal hobby, musik adalah salah satu hobi saya. Saya bisa bermain piano atau keyboard sejak SMP. Saya bercita-cita ingin membuat lagu baru. Semoga mimpi saya bisa terwujud.

Ayah saya bekerja untuk sekolah Kristen sebagai konsultan pendidikan dan ibu bekerja sebagai kepala sekolah di SMA. Mungkin, itu dulu yang bisa saya sampaikan. Terima kasih.

5. Contoh perkenalan diri singkat untuk interview kerja

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Artinyailustrasi wawancara (pexels.com/fauxels)

Buat kamu yang fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan, jangan lupa mempersiapkan perkenalan diri yang baik walau singkat. Daripada bingung, sontek referensinya di bawah ini:

"Thank you for giving me an opportunity to introduce myself, sir/maam. I am William Joy. I have completed my bachelors in Psychology at Universitas ABC. I am currently looking for a job as Human Resource Development.

I'm really interested in your company. As you know, you company is one of the biggest and the leading expedition company in Indonesia. Following that, my internship experience and other college practical projects piqued my interest in recruitment as a full-time career choice.I believe I would be a great fit for this role."

Arti: Terima kasih atas kesempatannya untuk memperkenalkan diri saya, bapak/ibu. Saya William Joy. Saya sudah menyelesaikan pendidikan sarjana Psikologi di Universitas ABC. Saat ini, saya sedang mencari pekerjaan sebagai Human Resouce Development.

Saya sangat tertarik dengan perusahaan bapak/ibu. Seperti yang bapak/ibu tahu, perusahaan Anda merupakan salah satu perusahaan ekspesidi terbesar dan berkembang pesat di Indonesia. Berhubungan dengan itu, pengalaman kerja dan proyek perkulian makin menggelitik minat saya dalam bidang rekrutmen sebagai pilihan pekerjaan full time. Saya percaya bahwa saya cocok dengan pekerjaan/jabatan ini.

Itulah beberapa contoh perkenalan diri dalam Bahasa Inggris yang bisa kamu aplikasikan sesuai keadaan. Gimana, mudah gak?

Baca Juga: Nama Hari dalam Bahasa Inggris, Cara Baca, dan Contoh Kalimat

Topic:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya