Comscore Tracker

Ingin Menjadi Mahasiswa Produktif? Kurangi 5 Kebiasaan Ini

Berani melakukan perubahan?

Mendapatkan label mahasiswa tidaklah mudah karena banyak beban yang harus mereka tanggung. Mulai dari beban yang disematkan masyarakat sebagai sosok yang harus bisa membangun lingkungannya sampai menjadi pribadi yang harus serbabisa.

Akan tetapi, pada faktanya, banyak dari kalangan mahasiswa terjerembab pada kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak produktif. Untuk merealisasikan harapan masyarakat, seorang mahasiswa harus mengubah pola hidupnya menjadi lebih produktif dimulai dengan meninggalkan kebiasaan buruk.

Berikut ini 5 kebiasaan buruk yang harus kamu tinggalkan ketika kamu menjadi mahasiswa!

1. Menghambur-hambur uang orangtua hanya untuk kesenangan semata

Ingin Menjadi Mahasiswa Produktif? Kurangi 5 Kebiasaan IniUnsplash.com/Jp Valery

Pola hidup yang hedonis di lingkungan kampus sering kali membuat mahasiswa terhanyut untuk mengikuti tren. Menjadi pribadi yang fashionable dan kece tentu membutuhkan banyak uang.

Keinginan-keinginan tersebut terkadang tidak dibarengi dengan usaha sehingga yang terjadi adalah penghamburan uang orangtua. Hal ini merupakan refleksi mahasiswa yang tidak mandiri dan tidak layak untuk ditiru.

Jika ingin sesuatu, raihlah dengan keringatmu karena cincin emas tidak akan terbentuk, jika tidak dilebur dan ditempa.

2. Malu dan malas untuk berinteraksi dengan orang di sekitar

Ingin Menjadi Mahasiswa Produktif? Kurangi 5 Kebiasaan IniUnsplash.com/Noah Silliman

Sering kita jumpai, mahasiswa-mahasiswa yang tidak pernah berinteraksi dengan warga sekitar dan tak jarang mereka menggunakan kata "malu" sebagai alasannya. Seharusnya mahasiswa itu berkontribusi untuk masyarakat agar terciptanya kesejahteraan dan terhindar dari kesenjangan.

Bila tidak ada interaksi antara mahasiswa dan masyarakat, lantas bagaimana mahasiswa bisa mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat? Lantas di mana letak mahasiswa menjadi sosok yang berkontribusi bagi masyarakat?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ingat Saat Sedang Berada di Puncak Kesuksesan

3. Selalu menunda-nunda tugas hingga menumpuk

Ingin Menjadi Mahasiswa Produktif? Kurangi 5 Kebiasaan IniUnsplash.com/Gregory Pappas

Virus rebahan serta males gerak, kini sudah mewabah dan menjangkiti cendekiawan dari kalangan mahasiswa. Hal ini berimbas pada pola hidupnya yang senang menunda-nunda tugas.

Hal yang sering dipandang remeh ini memiliki dampak yang besar di kemudian hari. Dengan menunda tugas, kualitas pengerjaan pun akan menjadi sangat buruk karena semakin kita tertekan deadline semakin asal-asalan kita mengerjakan tugas, sebaiknya pola hidup seperti ini dihindari ya!

4. Terlalu banyak menuntut hak hingga lupa akan kewajibannya

Ingin Menjadi Mahasiswa Produktif? Kurangi 5 Kebiasaan IniUnsplash.com/Damien Checoury

Kita pasti sering melihat orasi dan demonstrasi yang dilakukan mahasiswa di depan gedung pemerintahan. Mereka meneriakkan aspirasi dan menuntut hak kepada pemerintah.

Apa yang mereka lakukan tidak sepenuhnya salah, tetapi apakah mereka yang menuntut hak sudah menyelesaikan kewajibannya? Melakukan orasi boleh, tetapi jangan sampai lupa dengan kewajibannya.

Tugas mahasiswa ialah belajar dan memberikan kontribusi bagi sekitarnya dengan karya yang penuh manfaat. Jangan lupa ya!

5. Melihat kesuksesan teman dengan kebencian, bukan sebagai motivasi

Ingin Menjadi Mahasiswa Produktif? Kurangi 5 Kebiasaan IniUnsplash.com/Andre Hunter

Peribahasa "Senang melihat orang lain susah dan susah melihat orang lain senang" nampaknya sudah melekat pada pribadi mahasiswa saat ini. Mereka benci melihat temannya meraih kesuksesan.

Jika semua kesuksesan teman dipandang dengan kebencian, maka hanya kekesalan yang kamu dapatkan. Ubahlah cara pandangmu, jadikanlah motivasi dalam hidupmu ketika melihat kesuksesan teman. Hanya dengan itu, pikiranmu tenang dan kesuksesan pun akan tercapai.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang harus kamu tinggalkan ketika kamu sudah menjadi mahasiswa. Buatlah hidupmu lebih produktif, jadilah mahasiswa yang pandai berkarya dan pandai menebar manfaat.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Salah yang Kerap Dilakukan Saat Belajar, Segera Hentikan!

Ahmad Rifai Yusuf Photo Verified Writer Ahmad Rifai Yusuf

Semua akan mati, tapi penulis abadi, ia akan selalu hidup di setiap huruf yang pernah ia tulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya