Comscore Tracker

6 Macam Sekolah Luar Biasa (SLB) yang Wajib Kamu Ketahui

Ternyata tidak hanya satu macam, lho!

Sekolah Luar Biasa, atau yang biasa disingkat dengan SLB, adalah sekolah yang ditujukan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Anak dengan berkebutuhan khusus bisa digolongkan menjadi tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, dan tunaganda.

Ternyata, tak semuanya berada dalam satu SLB, lho! Namun, ada 6 macam SLB yang ditujukan untuk setiap kelainan anak. Yuk, simak ulasannya!

1. SLB-A

6 Macam Sekolah Luar Biasa (SLB) yang Wajib Kamu Ketahuimib.org.uk

SLB-A ditujukan bagi para penyintas tunanetra. Tunanetra adalah kondisi di mana seseorang memiliki hambatan dan keterbatasan dalam indera penglihatannya. Para guru yang mengajar di SLB-A menggunakan metode-metode yang tentunya dipahami oleh tunanetra. Contohnya adalah huruf dan tulisan braille, model benda, gambar timbul, hingga perekam suara.

2. SLB-B

6 Macam Sekolah Luar Biasa (SLB) yang Wajib Kamu Ketahuiasmag.com

Berbeda dengan SLB-A, SLB-B ditujukan bagi penyintas tunarungu. Seperti yang kita ketahui, tunarungu adalah kondisi di mana seseorang memiliki hambatan dan keterbatasan dalam indera pendengarannya.

Para penyintas tunarungu akan diajari cara berkomunikasi dengan bahasa isyarat, sekaligus membaca gerakan bibir lawan bicaranya. Mereka pun dapat menggunakan alat bantu pendengaran.

Baca Juga: Kenali Dulu Tantangannya, 7 Poin yang Harus Dimiliki Guru SLB

3. SLB-C

6 Macam Sekolah Luar Biasa (SLB) yang Wajib Kamu Ketahuiparenting.firstcry.com

SLB-C diperuntukkan bagi penyintas tunagrahita. Tunagrahita merupakan sebuah kondisi di mana seorang anak memiliki keterbelakangan mental, atau disebut juga dengan retardasi mental. Penyintas tunagrahita memiliki IQ yang di bawah rata-rata sehingga tingkat intelegensi mereka pun lebih rendah dari anak-anak lainnya.

4. SLB-D

6 Macam Sekolah Luar Biasa (SLB) yang Wajib Kamu Ketahuiistockphoto.com

SLB-D ditujukan bagi para penyintas tunadaksa. Masih terdengar asing, ya? Tunadaksa adalah kondisi di mana para penderitanya memiliki gangguan gerak yang disebabkan oleh kelainan struktur tubuh yang bersifat bawaaan, atau karena kecelakaan, dan kondisi lainnya.

Para guru di SLB-D pun memberikan edukasi dan terapi mengenai cara mengembangkan potensi diri, merawat diri, dan tentunya merasa percaya diri dengan kondisi yang dialaminya.

5. SLB-E

6 Macam Sekolah Luar Biasa (SLB) yang Wajib Kamu Ketahuidailytelegraph.com.au

SLB-E ditujukan bagi para penyintas tunalaras. Tunalaras adalah sebuah kondisi di mana seorang anak memiliki hambatan dalam mengendalikan emosi dirinya dan bertingkah laku kurang sesuai aturan.

Contoh sifat-sifat yang dimiliki seorang tunalaras adalah bersikap tak sopan, suka mengganggu orang lain, mudah marah, membuat onar, dan lain-lain. Para tenaga pendidik di SLB-E akan membimbing para penyintas tunalaras agar mampu mengendalikan emosi, mematuhi norm sosial, hingga berperilaku baik dan sesuai aturan.

6. SLB-G

6 Macam Sekolah Luar Biasa (SLB) yang Wajib Kamu Ketahuivoicefordeafkids.com

SLB-G ditujukan bagi para penyintas tunaganda. Sesuai namanya, tunaganda memiliki arti seseorang yang memiliki dua atau lebih kelainan dalam dirinya. Misalnya, seorang anak menderita tunanetra sekaligus tunarungu, atau pun tunanetra sekaligus tunalaras. Metode pembelajaran di SLB-G pun tergantung dengan kelainan yang diderita setiap anak.

Bagaimana? Sekarang sudah lebih tahu, 'kan, macan-macam SLB yang ada di Indonesia?

Baca Juga: Realisasi Sekolah Ramah Anak di Balikpapan Mencapai 61 Persen  

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya