Comscore Tracker

Gak Cuma Nyaman, 5 Perpustakaan di Indonesia Ini Instagramable Banget!

Sembari baca buku, feed Instagram pun jadi

Yang bilang perpustakaan itu tempat membosankan dan cuma bisa baca buku, mana suaranya? Kamu salah besar. Gak sedikit perpustakaan yang menyediakan ruangan untuk menikmati musik dan film yang kamu suka.

Selain tempat yang nyaman serta fasilitas yang memadai, perpustakaan-perpustakaan di Indonesia juga memiliki desain ruangan yang instagramable, lho. Dijamin, deh kamu bakal betah berlama-lama di perpustakaan, yang tentunya bakal bikin hatimu tergerak buat baca buku. Kalau sudah begitu, baca buku pasti jadi makin seru.

Kira-kira kamu udah pernah berkunjung ke perpustakaan-perpustakaan instagramable berikut ini belum, nih?

1. Perpustakaan Freedom Institute

Gak Cuma Nyaman, 5 Perpustakaan di Indonesia Ini Instagramable Banget!Instagram.com/wegoindonesia

Perpustakaan yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini jadi salah satu perpustakaan yang instagramable banget. Gak perlu bayar alias gratis, perpustakaan dengan ruangan bergaya simpel dan minimalis ini dilengkapi dengan wifi dan koleksi buku yang cukup lengkap dengan berbagai genre seperti sastra, sosial, filsafat, politik, agama, dan banyak lainnya. Gak cuma itu, koleksi dari luar negeri seperti Amerika, Inggris, hingga Eropa juga tersedia di sini. 

Jangan coba-coba dateng pas weekend, ya. Soalnya perpustakaan ini cuma membuka layanan dari Senin-Jumat dari pukul 09.00-17.00.

2. Perpustakaan Erasmus Huis

Gak Cuma Nyaman, 5 Perpustakaan di Indonesia Ini Instagramable Banget!Instagram.com/clozetteid

Perpustakaan Erasmus Huis merupakan pusat kebudayaan Belanda di Jakarta, dengan desain yang didominasi oleh warna putih dan rak kayu yang elegan. Gak cuma dalemnya aja yang bisa kamu jadikan spot foto, kebun perpustakaan ini juga memiliki pemandangan yang apik ditambah dengan sebuah bangunan rumah Belanda, yang tentunya bisa bikin feed instagrammu makin keren.

Kamu gak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke sini, tapi kalau mau pinjam buku, kamu harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp30.000.

Sebagai tambahan informasi, perpustakaan kece yang mengoleksi sekitar 14.000 buku berbahasa Belanda, Inggris, dan Indonesia ini buka dari Senin-Sabtu, ya.

Baca Juga: 5 Perpustakaan Paling Keren di Finlandia,  Bukan Sekadar Surga Buku

3. Perpustakaan Goethe Institute Jakarta

Gak Cuma Nyaman, 5 Perpustakaan di Indonesia Ini Instagramable Banget!pegipegi.com

Perpustakaan yang terletak di Jakarta Pusat ini menjadi salah satu tempat yang asik belajar budaya Jerman. Perpustakaan ini memiliki banyak referensi untuk belajar bahasa Jerman. Gak cuma itu, Perpustakaan Goethe Institute bahkan menyediakan berbagai macam permainan seperti Xbox dan Play Station. Kamu juga bisa menikmati musik dan film di ruangan yang sudah disediakan. Seru sekali, kan?

Kamu bisa masuk dengan gratis dan datang di hari Senin-Kamis dan Sabtu pada pukul 12.30-19.00 dan untuk hari Jumat kamu bisa datang 1 jam lebih awal dari hari biasa. 

5. Perpustakaan Kineruku

Gak Cuma Nyaman, 5 Perpustakaan di Indonesia Ini Instagramable Banget!Instagram.com/isaindrapermana

Perpustakaan hits di kawasan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat ini jadi salah satu perpustakaan yang harus kamu kunjungi. Sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu dengan membaca buku di perpustakaan dengan tema vintage ini. Berdiri sejak tahun 2003, Perpustakaan Kineruku memiliki kurang lebih 4000 koleksi buku, 1000 CD musik, dan 1000 judul film.

Perpustakaan yang terkadang menawarkan diskusi buku atau nonton bareng ini buka pada hari Senin, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu jam 10:00–20:00 dan untuk hari Minggu pukul 11:00–18:00. Beberapa buku, CD, dan aksesori yang cukup langka juga dijual di sini, lho.

5. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Gak Cuma Nyaman, 5 Perpustakaan di Indonesia Ini Instagramable Banget!Instagram.com/darisarch

Perpustakaan yang terletak di pusat kota dengan 27 lantai ini memiliki koleksi hingga jutaan buku. Selain suasana nyaman di dalam, kamu juga bisa memanjakan matamu dengan menikmati pemandangan Monumen Nasional dan kota Jakarta.

Fasilitas yang disediakan di sini juga sangat lengkap seperti ruang layanan anak, ruang layanan lansia, ruang layanan penyandang disabilitas dengan buku braille dan komputer khusus, executive longue, kantin, dan musholla.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia buka pada hari kerja pada pukul 08.30-18.00 dan kalau weekend cuma sampai pukul 16.00 aja, ya.

Ada perpustakaan lain yang instagramable dan udah kamu kunjungi, gak nih?

Baca Juga: 7 Kampus dengan Perpustakaan Terkeren, Ada yang Desainnya Mirip Otak

Alfy Suwaima Photo Verified Writer Alfy Suwaima

Perempuan yang suatu hari akan menetap di Adelaide, kota pesisir di Samudra Selatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya