Comscore Tracker

6 Cara Membuat Janji lewat Telepon dalam Bahasa Inggris, Tanpa Gagap!

janji akan ditepati jika waktu sudah disepakati

Bertelepon untuk membuat janji dengan bahasa Indonesia, mungkin sudah terbiasa kamu lakukan. Tetapi, bagaimana jika ingin membuat janji dengan bahasa Inggris?

Apakah kamu bingung memulainya dari mana? Nah, berikut ini cara membuat janji lewat telepon dalam Bahasa Inggris yang dapat kamu praktikkan!

1. Penjelasan tujuan telepon 

6 Cara Membuat Janji lewat Telepon dalam Bahasa Inggris, Tanpa Gagap!ilustrasi menjelaskan tujuan menelepon (pexels.com/Samson Katt)

Tentu saja kamu tidak menelepon tanpa tujuan, bukan? Jika kamu menelepon untuk membuat janji, pastikan kamu mempunyai tujuan atau alasan jelas mengapa kamu menelepon. 

Selain menyampaikan tujuanmu menelepon agar bisa bertemu, kamu juga harus mengetahui apakah orang yang kamu telepon punya waktu luang atau tidak. Kamu dapat bertanya, "When are you free?"

2. Menyarankan waktu yang sesuai untuk bertemu 

6 Cara Membuat Janji lewat Telepon dalam Bahasa Inggris, Tanpa Gagap!ilustrasi menawarkan hari baik bertemu (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ketika orang yang kamu telepon sudah memberi tahu kapan waktu luangnya, maka menentukan waktu bertemu adalah tahap selanjutnya. Kamu dapat menyarankan harinya terlebih dahulu.

Setelah menyarankan hari, kamu bisa menanyakan kesediaannya. Misalnya, "I'm free on Thursday. How about you?".

3. Menyarankan waktu yang lebih spesifik 

6 Cara Membuat Janji lewat Telepon dalam Bahasa Inggris, Tanpa Gagap!ilustrasi menawarkan waktu yang lebih sesuai (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Setelah hari bertemu sudah disepakati, tentu saja waktu yang spesifik harus ditentukan. Ketika hanya menyebutkan hari, kamu dapat menemuinya dalam waktu 24 jam, bukan? Namun, itu tidak mungkin. 

Maka, kamu harus menentukan waktu spesifik untuk bertemu. Misalnya, kamu setuju pada hari Kamis pukul 4 sore, maka kamu dapat menggunakan, "Yeah, great on Thursday. What about 4 p.m.?"

Baca Juga: 11 Ungkapan Bahasa Inggris yang Punya Makna Sama dengan 'Good Luck'

4. Menyarankan waktu baru 

6 Cara Membuat Janji lewat Telepon dalam Bahasa Inggris, Tanpa Gagap!ilustrasi menyarankan waktu baru untuk disepakati (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika orang yang kamu hubungi terdengar ragu dengan waktu yang ditawarkan, berikan opsi lain yang membuatnya lebih yakin. Sebab, kita tidak tahu janji atau pekerjaan apa yang dilakukannya sehingga ia bisa tidak tepat waktu.

Kamu dapat mengira-ngira waktu lain yang memberinya kelonggaran untuk mengantisipasi keterlambatan. Pertanyaan, "Mmm... How about 5 p.m.?" dapat kamu lontarkan.

5. Konfirmasi ulang waktu pertemuan jika lawan bicara sudah sepakat

6 Cara Membuat Janji lewat Telepon dalam Bahasa Inggris, Tanpa Gagap!ilustrasi mengonfirmasi waktu kembali (pexels.com/SHVETS production)

Idealnya, janji bertemu akan ditepati jika waktu yang ditentukan sudah disepakati. Jika lawan bicaramu sudah menyepakati waktu yang ditawarkan, biasanya ia akan menjawab, "Yeah, five p.m. is great."

Namun, jangan lupa untuk konfirmasi ulang waktu yang telah disepakati. Jika waktu yang disepakati pada Kamis pukul lima sore, kamu dapat menanyakan dengan, "So, we'll meet at 5 p.m. on Thursday?"

6. Mengakhiri panggilan

6 Cara Membuat Janji lewat Telepon dalam Bahasa Inggris, Tanpa Gagap!ilustrasi mengakhiri panggilan dengan bahagia (pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Waktu sudah disepakati, maka waktunya janji untuk ditepati. Namun, kamu harus mengakhiri percakapan di telepon dengan baik.

Kamu dapat menggunakan kalimat Inggris ini untuk mengakhiri telepon dan mengingatkan dengan halus kembali. "Yep. See you Thursday!"

Nah, itulah cara yang dapat kamu praktikkan ketika ingin membuat janji dengan bahasa Inggris. Mudah dipraktikkan, bukan?

Baca Juga: 8 Kalimat Bahasa Inggris untuk Beri Semangat pada Seseorang

arreuvia Photo Writer arreuvia

penikmat drama korea. full time fangirl-an. part time nulis dan ngedit.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya