Comscore Tracker

Nyunda Pisan, 5 Rekomendasi Kanal YouTube Ini Bikin Jago Bahasa Sunda!

Cocok bagi pemula #LokalIDN

Ada beberapa orang yang bilang bahwa bahasa Sunda itu susah. Terlebih lagi bagi mereka yang bukan hidup di tanah Sunda, dengan latar budaya dan bahasa yang berbeda. Terkadang ada beberapa alasan orang tersebut akhirnya memutuskan untuk mempelajarinya.

Beberapa di antaranya boleh jadi karena tuntutan pelajaran di sekolah hingga lingkungan atau circle pertemanan yang bicara bahasa Sunda. Nah, berikut kelima kanal YouTube yang bisa kamu jadikan bekal belajar bahasa Sunda dengan mudah, lho!

1. TheBudakBageur

https://www.youtube.com/embed/qjt869rXZ3c

Kanal pertama yang wajib banget kamu subscribe adalah TheBudakBageur. Di sana kamu akan diajarkan berbagai materi bahasa Sunda langsung dari penutur aslinya. Bahkan tidak hanya sistem belajar yang serius, di kanal ini juga menampilkan video talkshow tokoh dunia yang di-dubbing menggunakan bahasa Sunda, misalnya seperti David Beckham dan Cristiano Ronaldo. 

Jadi, kamu tidak hanya bisa dengan pelajaran bahasa Sunda yang kaku dan terkesan monoton, tapi, kamu bisa menikmati kelucuan yang dihasilkan dari nuansa video tersebut. Hingga saat ini, kanal YouTube TheBudakBageur telah memiliki 17,4 ribu pelanggan. 

2. Loba Ngomong

https://www.youtube.com/embed/4yK7f_Qh13Q

Jika, kamu bingung mencari kamus bahasa Sunda yang tepat, kamu harus, nih berlangganan kanal YouTube Loba Ngomong. Di sana akan ada banyak rekomendasi kamus dan kosakata dalam kamus bahasa Sunda. Menariknya, materi dalam kanal ini juga membahas kosakata yang berurutan abjad dan seringkali digunakan sehari-hari. 

Hingga saat ini, kanal YouTube Loba Ngomong telah memiliki hampir 3 ribu pelanggan, lho. Jadi, bagi kamu yang masih merasa kesulitan dengan pelajaran bahasa Sunda atau ingin fasih bicara bahasa Sunda, kanal ini tepat sekali buat kamu! 

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Sunda tentang Nama-nama Anak Binatang, Hafal?

3. Sunandar Alamsyah

https://www.youtube.com/embed/3pJ6EZKeExs

Selanjutnya, bagi kamu yang lebih ingin belajar bahasa Sunda untuk percakapan sehari-hari, kanal Sunandar Alamsyah ini bisa jadi rekomendasi. Kanal yang kini telah memiliki 6,06 ribu pelanggan ini akan mengajarkan kamu frasa-frasa bahasa Sunda yang sering digunakan. 

Seperti ungkapan "Mau ke mana?", bahasa Sundanya "Rek kamana euy?". Atau ungkapan lain seperti "Kamu ini ada-ada saja" bahasa Sundanya "Maneh mah aya-aya wae". Nah, buruan deh belajar di sana biar bahasa Sundamu makin jago! 

4. Efa Farida 

https://www.youtube.com/embed/WJrSQ5DN_sg

Kalau kamu masih pelajar bahasa Sunda di sekolah, dan merasa kesulitan dengan pelajaran bahasa Sunda itu, kamu bisa banget ikuti kanal YouTube Efa Farida. Guru cantik bahasa Sunda ini akan mengajarkan materi bahasa Sunda sesuai jenjang pendidikan, kok. 

Dari mulai pembahasan materi paguneman hingga materi-materi jenjang SMP lainnya. Bahkan, tidak hanya itu, di kanal ini juga menyajikan sebuah sesi wawancara yang menggunakan bahasa Sunda, lho! Hingga saat ini, Efa Farida telah memiliki hampir 7 ribu pelanggan. 

5. Belajar Bahasa Sunda

https://www.youtube.com/embed/LW93IButd8k

Terkahir, kamu bisa berlangganan kanal Belajar Bahasa Sunda yang kini telah memiliki 315 subscribers. Di sana kamu akan diajarkan tentang tata bahasa dalam bahasa Sunda, jadi, bukan hanya bahasa Inggris yang punya grammar. 

Selain itu, kanal yang berslogan "Mari belajar santai, bareng Ujwar" ini juga seringkali menampilkan kosakata bahasa Sunda sesuai kelompok katanya. Seperti kosakata bahasa Sunda buah-buahan, sayur-sayuran, hingga tentang percintaan. Dengan pengelompokan seperti itu, maka, kamu sebagai pemula akan lebih mudah menyerap materi. 

Jadi, jangan berpikiran bahasa Sunda itu susah lagi, ya. Saat ini kamu bisa mempelajarinya dengan mudah dari kelima kanal di atas. Selamat belajar! 

Baca Juga: Ada Culametan hingga Kumsi, Ini 10 Kata Slang dalam Bahasa Sunda

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Born into nothing and grow into something. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya