TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata Sky, Tahu Makna Pie in the Sky? 

Harus dipraktikkan #IDNTimesLife

unsplash.com/Elisabeth Wales

Apa yang terlintas di kepalamu jika melihat langit? Keindahannya? Ya, selain langit itu indah, ternyata ada pelajaran yang bisa dipelajari dari kata sky atau langit, lho. Lebih tepatnya pelajaran tentang idiom bahasa Inggris. 

Jadi, dalam bahasa Inggris sering digunakan idiom untuk mengungkapkan sesuatu. Nah, agar lebih mudah mempelajari idiom, terdapat pengelompokannya untuk dipraktikkan. Salah satunya idiom yang sama-sama memakai kata sky ini. 

1. The sky is falling

Percakapan dua wanita (unsplash.com/@mimithian)

Pertama ada idiom the sky is falling. Eits, jangan salah paham dulu dengan mengartikannya langit jatuh. Makna sebenarnya dari idiom the sky is falling adalah meramal sesuatu yang buruk tanpa dasar yang jelas. 

Idiom ini digunakan saat ada seseorang yang mengatakan padamu bahwa akan ada bencana atau bahaya. Padahal kebenaran tentang masa depan tak ada yang tahu, bukan? 

Agar lebih paham, perhatikan contoh penggunaannya pada kalimat berikut. 

Some economists will try to convince you that the sky is falling, when in reality this downturn is just a normal market adjustment.

Baca Juga: 10 Idiom Korea Biar Kamu Makin Jago Bahasa Korea

2. Out of a/the clear (blue) sky

Percakapan dua wanita (unsplash.com/@wocintechchat)

Selanjutnya, pasti kamu pernah gunakan frasa tidak ada angin tidak ada hujan saat tiba-tiba seseorang mendapatkan sesuatu. Nah, kalau dalam bahasa Inggris juga ada ungkapan seperti itu. 

Ya, itulah idiom out of a clear blue sky atau out of the clear sky. Idiom tersebut digunakan untuk sesuatu yang tak terduga. Atau dengan kata lain sesuatu yang tiba-tiba datang dari langit.

Contoh penggunaannya seperti di dua kalimat ini. 

  1. She seemed so surprised by the news that it must have come out of a clear blue sky.
  2. You need to work hard—opportunities don't just appear out of the clear sky.

3. Shoot for the sky

Conversation (unsplash.com/@christinhumephoto)

Pasti terlintas menembak langit untuk arti idiom shoot for the sky, ya? Nah, karena idiom tidak bisa dimaknai per kata, kamu harus tahu konteks dari idiom di atas. 

Idiom shoot for the sky ini bisa digunakan untuk kata-kata motivasi, raih mimpi setinggi langit. Dengan kata lain bermakna berusaha mencapai sesuatu yang sulit untuk digapai. 

Contoh penggunaannya bisa dipahami pada kalimat berikut. 

With the your talent and experience, you could pursue just about any profession you wanted. Shoot for the sky, girl. 

4. The sky is the limit

Alone girl (unsplash.com/@keenangrams)

Langit itu sangat luas, bukan? Dan idiom the sky is the limit ini memang secara harfiah berarti langit adalah batas. Maksud sebenarnya dari idiom itu adalah kamu jangan menyerah sebelum mencapai langit. 

Langit adalah batas kamu untuk menyerah untuk mengusahakan sesuatu. Namun, jika kamu belum mencapainya, jangan pernah menyerah. Semua yang kamu ingin kemungkinan besar akan terjadi, sebesar langit di dunia ini. 

Agar lebih memahami konteks idiom ini, perhatikan kalimat berikut.

You can achieve anything if you really want to. The sky's the limit.

Baca Juga: 8 Idiom Bahasa Inggris dengan Kata Star, Apa Arti Reach For The Stars?

Verified Writer

Alya Rekha Anjani

I scream so loud, but, no one heard a THING. So, I decided to write. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya