TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Kosakata Berkaitan dengan Ramadan yang Sering Ditulis Salah

Ada berapa kosakata yang kamu tulis benar selama ini?

tebuireng.online

Para umat muslim di seluruh dunia menyambut meriah bulan suci Ramadan. Di bulan yang penuh berkah ini, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan umat muslim agar dapat menambah pahala atau sekadar ngabuburit.

Salah satu kegiatan yang tak kalah seru untuk dilakukan ialah mempelajari kosakata-kosakata yang berkaitan dengan bulan Ramadan.

Hal tersebut tak lepas dari seringnya beberapa kosakata yang berkaitan dengan bulan Ramadan ini sering ditulis salah. Berikut 10 kosakata tersebut, apa saja?

1. Idulfitri vs Idul Fitri

futuready.com

Bagaimana kamu menulis kosakata ini? Kebanyakan orang akan menulis 'Idul Fitri'. Padahal, kamu akan lebih tepat jika menulis 'Idulfitri'

2. Sholat vs Salat

popbela.com

Kosakata ini juga kerap ditulis salah. Kebanyakan orang sudah terbiasa menulis dengan 'sholat'. Padahal, menurut KBBI, kata yang tepat ialah 'salat'. ya. 

3. Alquran vs Al Qur'an

Unsplash/Dancing Rain in the Autumn

Kosakata ini juga sering ditulis salah oleh kebanyakan orang. Bukan 'Al-qur'an', banyak yang tak tahu bahwa 'Alquran' merupakan kosakata yang benar menurut KBBI. 

4. Bedug vs Beduk

batiktv.pekalongankota.go.id

Bagaimana kamu menulis alat musik yang khas untuk memanggil orang agar segera bergegas menuju masjid untuk menunaikan salat ini? Bentuk baku dari kosakata ini adalah 'beduk' ya, bukan 'bedug'. 

Baca Juga: 11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Sama Persis dengan Bahasa Indonesia

5. Saur vs Sahur

indonesiadermawan.id

Bagi kamu yang akan berpuasa, pastinya kamu sangat disarankan untuk melakukan aktivitas sahur, ya. Memang, kata 'sahur' merupakan kata baku dari 'saur' yang tak sedikit orang mengucapkan kosakata itu. 

6. Terawih vs Tarawih

bkpp.demakkab.go.id

Kata ini juga sering ditulis salah oleh banyak orang. Kebanyakan orang akan mengucapkan 'terawih'. Padahal, kosakata yang baku menurut KBBI ialah tarawih

7. Mushola vs Musala

vymaps.com

Bagaimana selama ini kamu menulis tempat untuk beribadah umat muslim berikut? Mushola? Padahal, kamu lebih tepat jika menulisnya dengan kata "musala"

8. Takjil vs Ta'jil

tokopedia.com

Kata 'takjil' merupakan bentuk baku dari kata 'ta'jil' yang kerap ditulis banyak orang. Kata takjil sendiri memiliki arti 'mempercepat dalam berbuka puasa'.

9. Halahbihalal vs Halal bi halal

islamnyamuslim.com

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan setelah bulan Ramadan ialah 'halalbihalal'. Jadi, penulisan 'halal bi halal' bukan merupakan tulisan yang baku, ya. 

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Juga Ada di Bahasa Inggris

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya