TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resume Jurnal: Cara Membuat dan Contohnya

Calon mahasiswa? Catat ini, ya!

ilustrasi meresume jurnal (pexels.com/RF._.studio)

Saat sudah memasuki dunia kuliah, resume jurnal bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan, tugas tersebut sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Resume jurnal digunakan untuk pemahaman mahasiswa memahami inti dari sebuah jurnal ilmiah

Namun, sebagian orang masih ada yang bingung bagaimana cara meresume jurnal dan bagaimana contoh dari resume jurnal. Oleh karena itu, yuk, simak artikel berikut ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Jujur saat Membuat Resume, Ingat, ya!

1. Pengertian resume jurnal

ilustrasi meresume jurnal (pexels.com/Ono Kosuki)

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resume berarti ikhtisar atau ringkasan. Sementara itu, jurnal memiliki arti yang beragam. Jika dikaitkan dengan konteks ini, jurnal ilmiah adalah majalah yang khusus memuat artikel dalam satu bidang ilmu tertentu.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa resume jurnal merupakan ringkasan atau intisari dari sebuah jurnal penelitian.

Tujuan dari resume jurnal bermacam-macam dan memiliki berbagai manfaat bagi pembacanya. Tujuan dan manfaat dari resume jurnal adalah untuk memaparkan isi dari sebuah jurnal, namun dalam bentuk yang ringkas. Walaupun ditulis dengan lebih ringkas, penulisan resume jurnal tidak boleh mengubah isi dari jurnal utama yang dijadikan sumber.

2. Cara membuat resume jurnal

ilustrasi meresume jurnal (pexels.com/Artem Podrez)

Resume jurnal dibuat untuk memudahkan pembaca untuk memahami isi dari jurnal penelitian. Mulai dari format jurnal ilmiah yang terdiri dari abstrak, latar belakang, tujuan, metode, hasil penelitian, dan kesimpulan.

Berikut cara membuat resume jurnal agar memudahkan dalam memahami jurnal penelitian.

1. Baca jurnal

Pastikan membaca dan memahami isi jurnal secara lengkap. Mulai dari pendahuluan, metode penelitian, hingga kesimpulan harus dipahami secara menyeluruh. Ketika kita membaca dan memahami isi jurnal secara lengkap, kita bisa membuat resume jurnal dengan baik dan sistematis. 

2. Temukan ide pokok

Setelah membaca isi jurnal secara menyeluruh, hal yang selanjutnya dilakukan adalah menemukan ide pokok jurnal tersebut dan menuliskannya. Ide pokok atau gagasan utama dari jurnal ini dapat ditemukan dengan cara menentukan kalimat penting dalam jurnal.

Contohnya adalah poin utama dari bagian metode penelitian, atau kesimpulan dari jurnal tersebut. Dengan menemukan ide pokok akan membuat resume jurnal lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca.

3. Tulis resume

Setelah membaca dan menuliskan ide pokok, selanjutnya adalah mulai menyusun resume. Dalam menulis resume jurnal, ada berbagai hal yang harus diperhatikan oleh penulis.

Pertama adalah tulisan resume jurnal sesuai dengan naskah, artikel, atau jurnal asli. Kata-kata dan kalimat yang digunakan sesuai dengan yang diambil dari jurnal aslinya sebagai sumber. Kedua adalah tidak menambahkan pandangan atau opini pribadi dalam tulisan resume.

4. Review kembali resume jurnal

Setelah resume selesai disusun, jangan lupa untuk membaca ulang, mengecek, dan me-review kembali resume jurnal yang sudah disusun. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah ada kesalahan atau kekurangan pada hasil resume jurnal. 

Baca Juga: Resensi Buku: Tujuan hingga 6 Unsur Penting yang Wajib Ada!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya