TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kata Bahasa Indonesia yang Harus Anak Gaul Zaman Now Tahu (Bagian 2)

#EdFunFact Lebih banyak gunakan kata-kata ini, yuk

kmhdi.org

Pada bagian sebelumnya, kamu telah mengenal arti dari gawai, pelantang, suryakanta dan lain sebagainya. Apabila belum membacanya, kamu bisa langsung mendatangi tautan berikut: https://life.idntimes.com/education/denny-kurniawan/7-kata-bahasa-indonesia-yang-harus-anak-gaul-jaman-now-tahu-c1c2/full

Nah, untuk semakin memperkaya kosakata Bahasa Indonesiamu, berikut adalah kata-kata bahasa Indonesia yang bisa menjadi pengganti kata-kata bahasa asing maupun kata serapan yang biasa kamu gunakan.

1. Surel (Surat Elektronik)

Pexels.com

Kata email punya padanan kata dalam Bahasa Indonesia, lho, yaitu surel atau surat elektronik.

2. Swafoto

rd.com

Pasti kegiatan berfoto sendiri ini sering kamu lakukan ya? Dalam Bahasa Indonesia "selfie" disebut dengan Swafoto

3. Unduh

easydigitaldownloads.com

Saat kamu ingin mengambil sesuatu dari Internet, kita biasa menyebutnya dengan istilah 'download'. Padahal, bahasa Indonesia punya padanan dari kata tersebut, yaitu 'unduh'. Lebih simpel, kan?

4. Unggah

elegantthemes.com

Sama halnya dengan kata 'download', kata 'upload' juga ada bahasa Indonesianya. Saat kamu ingin "menempelkan" sesuatu di Internet, hal tersebut dinamakan 'unggah'.

5. Sawala

bozemandailychronicle.com

Kata debat yang menurut kita sudah berbahasa Indonesia, ternyata adalah kata serapan dari bahasa asing. Bahasa Indonesia memiliki padanan kata yang lain, yaitu 'sawala'. Sesekali, coba pakai kata ini.

6. Senandika

bigquestionsonline.com

Apakah kamu pernah berbicara dengan dirimu sendiri? Melihat pertunjukan drama dengan adegan berbicara dengan hati nurani? Dalam bahasa Indonesia, hal tersebut dikenal dengan sebutan 'senandika'.

Writer

Denny Kurniawan

Bachelor of Psychology

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya