TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wibu adalah Istilah untuk Pencinta Budaya Jepang, Ini Ciri-Cirinya

Disebut-sebut sebagai ras terkuat di bumi

ilustrasi cosplay (pexels.com/Donald Tong)

Wibu adalah suatu istilah yang kerap disematkan kepada orang-orang yang menyukai hal-hal berbau Jepang. Sekilas memang tidak ada yang aneh. Namun, konteks menyukai di sini lebih menjurus pada perasaan obsesi.

Lantas, orang seperti apakah yang disebut sebagai wibu? Nah, biar kamu gak bingung, langsung aja simak pengertian, penggunaan, dan ciri-ciri wibu di ulasan berikut ini. Jangan sampai asal sebut, lho!

1. Wibu adalah?

ilustrasi orang yang menyukai budaya Jepang (pexels.com/meijii)

Berdasarkan salah satu jurnal yang berjudul The Weeaboo Subculture: Identification and Performance, wibu merupakan kata serapan yang berasal dari slang bahasa Inggris, yakni weeaboo. Istilah weeaboo tersebut digunakan bergantian dengan istilah wapanese yang memiliki kepanjangan "wannabe Japanese". Istilah tersebut merujuk pada makna orang luar yang ingin menjadi orang Jepang.

Makna tersebut diperkuat dengan definisi yang terdapat dalam KBBI Daring. Menurut kamus daring tersebut, wibu merupakan orang yang terobsesi dengan budaya dan gaya hidup orang Jepang.

Baca Juga: Arti Kata Waifu dan Istilah-Istilah dalam Dunia Anime, Wibu Tebak! 

2. Siapakah yang disebut wibu?

foto editan wibu ngebucin (twitter.com/dikysoca_ | twitter.com/wibusyndrome)

Lantas, siapakah yang disebut wibu? Nah, jika merujuk pada pengertian KBBI Daring, istilah wibu diperuntukkan untuk orang-orang yang sangat terobsesi dengan hal-hal yang berbau Jepang, mulai dari budayanya, style pakaian, hiburan, hingga bahasanya. Saking terobsesinya, mereka juga sering mengaku sebagai orang Jepang.

Selain itu, wibu juga sering disematkan untuk orang-orang yang sangat menyukai anime atau kartun Jepang. Khususnya, orang-orang yang suka menirukan karakter anime favoritnya atau orang yang berkhayal bahwa ia merupakan karakter itu sendiri.

Baca Juga: 5 Kafe Bertema Anime di Indonesia, Wibu Merapat!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya