TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Ulang Tahun 

Bisa buat ngucapin ke temen saat ulang tahun

ilustrasi lilin di atas kue ulang tahun (pixabay.com/cbaquiran)

Hari ulang tahun adalah hari di mana hampir semua orang merayakan kelahirannya. Berbagai cara untuk merayakan pastinya banyak dan setiap orang memiliki caranya masing-masing. Ada yang cukup berkumpul sama keluarga, atau ada juga yang bisa membuat acara pesta.

Saat kamu ingin merayakan atau datang pada acara ulang tahun, obrolan tentang pesta akan sulit diungkapkan atau dimengerti saat kamu tidak tahu kosakatanya. Berikut 6 kosakata bahasa Korea yang biasa digunakan untuk topik pembicaraan ulang tahun.

1. Ulang Tahun

Pixabay.com/Pexels

Setiap orang memiliki tanggal lahir masing-masing yang disebut hari ulang tahun. Kalau di Indonesia kamu mengucapkan “selamat ulang tahun”, dalam bahasa Korea kamu bisa mengucapkan “saengil chukhaeyo” (생일 축하 해요). Kata dasar Korea dari ulang tahun adalah “saengil” (생일).

2. Pesta 

Unsplash.com/sirioberati

Tidak semua merayakan ulang tahun dengan pesta, namun jika diundang tak ada salahnya datang ikut merayakan. Saat ada pesta yang diadakan, kamu bisa menyebut “pati” (파티) dalam bahasa Korea.

3. Hadiah

Pixabay.com/blickpixel

Sekali dalam setahun, biasanya orang yang ulang tahun akan diberikan hadiah. Bersifat sukarela, namun bisa menjadi simbol ikut merayakan. Kata yang bisa kamu gunakan untuk hadiah dalam bahasa Korea adalah “sonmul” (선물).

Baca Juga: Selain Bahasa Inggris, 5 Ahli Bahasa Ini Banyak Dicari Perusahaan Lho!

4. Menyenangkan

Pixabay.com/Lazare

Merayakan hari ulang tahun akan memberikan suasana menyenangkan, entah itu perasaan dalam hati sendiri atau di lingkungan sekitar juga yang mengucapkan selamat. Jika kamu merasa senang saat ulang tahun, kamu bisa mengucapkan “jaemi itta” (재미있다).

5. Traktir ya!

Pixabay.com/free-photos

Bukan hanya menerima hadiah, justru kadang yang ulang tahun bisa diminta traktiran sama sahabat dekat. Kalau kamu mau minta traktiran dalam bahasa Korea, kamu bisa mengucapkan “hantok naeyo!” (한턱내요). 

6. Sibuk

Pixabay.com/JESHOOTS-com

Waktu acara ditentukan oleh yang punya pesta ulang tahun, maka terkadang waktu bisa berhalangan sehingga tidak bisa datang. Jika kamu sibuk, kata yang bisa digunakan adalah “babbeun” (바쁜).

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Arab tentang Nama Hewan, Tahu Qiththatun?

Verified Writer

agatha dominique

insta: @agatha.dmq

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya