TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hikmah Tersembunyi Kamu Tak Dapat Rangking di Kelas, Belajar Terus!

Bukan berarti kamu bodoh lho ya?

Pixabay.com/sasint

Pada umumnya, orang yang mendapat peringkat atas dalam kelas biasanya akan langsung mendapat predikat ‘pandai’ dari lingkungan sekitarnya. Padahal tak selalu benar, ukuran kepintaran seseorang sejatinya tidak bisa diukur hanya dari nilai akademisnya saja. Kecerdasan emosi, pemikiran, kreativitas, dan sebagainya merupakan beberapa hal yang mendasari kecerdasan seseorang.

Jika kamu sering tak mendapat rangking di kelas, jangan berkecil hati karena beberapa hal baik berikut ini bisa menjadi pelajaran berharga dalam kehidupanmu.

1. Kamu tidak terbebani dengan tuntutan ‘harus’ mempertahankan atau menaikkan rangking

Pixabay.com/libellule789

Murid yang mendapat peringkat atas memang biasanya akan terbebani dengan nilai-nilai yang harus dipertahankannya. Jika suatu ketika nilai akademisnya turun, maka perasaan kecewa sekaligus menyalahkan diri sendiri sudah pasti akan hinggap dalam pikirannya. Berbeda dengan murid yang tak berada di peringkat atas, dia bisa mengeksplor kemampuan lainnya dengan lebih serius tanpa harus terbebani tuntutan yang mengikat dari lingkungan sekitar.

2. Ingat selalu ‘tak ada siswa yang benar-benar bodoh’

Pixabay.com/JESHOOTS-com

Meski menjadi langganan peringkat bawah, bukan berarti seorang murid bisa disebut sebagai bodoh, lho. Selama niat belajar dan kemauan untuk berkembang masih ada, tak ada istilah bodoh untuk orang-orang yang terus berusaha memperbaiki diri. Jika diasah dengan sempurna, murid yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata perlahan namun pasti akan memiliki kemampuan tertentu yang bisa dibanggakannya.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Saat Anak Dapat Nilai Jelek di Sekolah

3. Setiap orang punya ‘sisi’ kepandaiannya masing-masing

Pixabay.com/rawpixel

Jika kamu merasa tak mempunyai kelebihan dalam hal akademis, bukan berarti kamu tidak mahir dalam bidang lainnya, lho. Ada banyak contoh kisah inspiratif dimana nilai akademis sama sekali bukan menjadi patokan utama kesuksesan seseorang di masa depan. Jadi, selalu yakinkan diri bahwa setiap orang mempunyai ‘sisi’ kecerdasannya masing-masing.

4. Terus gali ilmu dan jangan berhenti belajar meski nilai kamu pas-pasan

Pixabay.com/455992

Ingat selalu ya, meski nilai akademis kamu pas-pasan, jangan sekali-kali menyerah dengan keadaan pribadimu. Teruslah gali ilmu setinggi-tingginya agar pengalaman dan bekal pengetahuan kamu mengenai banyak bidang bisa kamu kuasai. Dengan menguasai bidang ilmu tertentu, kamu sudah bisa ‘menggenggam’ dunia dengan kemampuan yang kamu miliki.

Baca Juga: 8 Trik Jitu Agar Kamu Lekas Betah Belajar di Sekolah Baru

Verified Writer

Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya