TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

11 Kosakata Makanan yang Diserap dari Bahasa Italia, Ada Fetucini!

Mulai dari farafale hingga spageti 

ilustrasi lasagna (pixabay.com/Romjan Aly)

Kuliner Italia sudah sejak lama menjamur di Indonesia. Hidangan ini disajikan di restoran, warung kaki lima, maupun dalam bentuk kemasan yang dijual di pasar swalayan. 

Nama makanan dalam bahasa Italia juga sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan, beberapa kosakata sudah terdaftar sebagai lema Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, lho. 

Didominasi oleh beragam pasta, berikut 11 kosakata makanan yang diserap dari bahasa Italia. 

1. Farafale

ilustrasi farafale (pixabay.com/Pexels)

Menurut KBBI, farafale adalah pasta berbentuk seperti kupu-kupu dengan ujung bergerigi. Biasanya, pasta ini disajikan dengan saus krim atau diolah dengan saus ringan, seperti minyak zaitun, keju, dan mentega. Tak heran, jenis pasta satu ini juga disebut pasta kupu-kupu.

2. Fetucini 

ilustrasi fetucini (freepik.com/wirestock)

Ada pula fetucini, yaitu pasta yang berbentuk batangan tipis dan agak lebar seperti pita. Hidangan populer yang menggunakan fetucini antara lain fettuccine al burro dan fettucine carbonara.

Baca Juga: 10 Kosakata Makanan yang Ternyata Diserap dari Bahasa China

3. Fusili 

ilustrasi fusili (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Fusili adalah pasta berbentuk seperti spiral terbuat dari tepung terigu yang berwarna merah atau hijau. Pasta ini dapat diolah dengan saus krim dan kacang polong.

Beberapa orang bahkan menambahkan beberapa bahan lain, seperti daging ayam, daging sapi, dan sayur-sayuran.

4. Lasagna 

ilustrasi lasagna (pixabay.com/Romjan Aly)

Berdasarkan KBBI, lasagna adalah masakan Italia berupa pasta yang terdiri atas beberapa lapis. Di dalamnya berisi daging, keju, tomat, saus, dan bahan lainnya. Lasagna dimasak dengan cara dipanggang dalam oven. 

5. Linguini

ilustrasi linguini (pixabay.com/Mariya)

Pasta yang ukurannya lebih besar dari spageti dan pipih seperti kwetiau, tapi lebih kecil dari fetucini adalah trenette atau bavette. Pasta ini disajikan dengan aneka makanan laut atau presto adalah pengertian dari linguini. Tertarik mencobanya? 

Baca Juga: 5 Inspirasi Menu Lezat Berbahan Makaroni, Bikin Ngiler!

6. Makaroni 

ilustrasi makaroni (pixabay.com/Olya Adamovich)

Makaroni merupakan makanan dasar yang dibuat dari tepung terigu. Pasta yang satu ini berbentuk buluh pita dan biasanya diolah menjadi berbagai macam masakan.

7. Pene

ilustrasi pene (pixabay.com/Engin Akyurt)

Berikutnya ada pene, yaitu pasta berbentuk silinder dan berukuran pendek. Pasta satu ini mungkin cukup jarang ditemukan di Indonesia. Meski begitu, nama pene sudah terdaftar di KBBI. Kalau kamu pernah mendengar nama pasta ini? 

8. Piza

ilustrasi piza (freepik.com/stockking)

Menurut KBBI,  piza merupakan penganan berasal dari Italia, berbentuk bundar, terbuat dari terigu, telur, dan bumbu dengan keju, tomat, saus, dan sebagainya di bagian atasnya. Seiring perkembangan zaman, variasi piza juga makin beraneka ragam, nih.

9. Ravioli

ilustrasi ravioli (freepik.com/timolina)

Selanjutnya ada pula variasi pasta bernama ravioli. Perbedaannya, pasta satu ini mempunyai bentuk persegi dengan isi daging, keju, dan sayuran. Kamu sudah pernah mencobanya?

10. Risoto

ilustrasi risoto (freepik.com/KamranAydinov)

Risoto merupakan nasi yang dimasak dalam kaldu daging atau boga bahari. Dalam mengolah hidangan ini, biasa ditambahkan safron atau tinta cumi agar berwarna kuning atau hitam.

Risoto juga biasanya disajikan dengan potongan daging, ikan, dan keju parmesan sebagai pelengkap.

Baca Juga: 7 Kosakata dalam Bahasa Korea yang Terdaftar di KBBI, Ada Gocujang!

Verified Writer

Matthew Suharsono

We're lost in the rain, so let's run away.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya