TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Idiom Dalam Bahasa Inggris yang Berawalan 'Catch', Hafalin ya!

Pasti kamu pernah dengar salah satunya

pexels/mentatdgt

Terdapat berbagai macam bentuk idiom dalam Bahasa Inggris yang biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari yang berhubungan dengan tanaman, makanan, hingga hewan.

Namun, ada juga idiom unik yang memiliki kata depan serupa hanya saja artinya tetap berbeda. Misalnya saja seperti beberapa idiom di bawah ini yang memiliki awalan 'catch'.

1. Catch a cold

pexels/Pixabay

'Catch a cold' merupakan ungkapan dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti sakit akibat terinfeksi virus flu. Oleh karenanya, ketika seseorang mengatakan tersebut, itu artinya dia sedang tidak enak badan karena flu.

Contoh penggunaan idiom ini:

If you catch a cold, what am I going to do?

2. Catch up with someone

pexels/Marx Ilagan

Menurut Longman Dictionary of Contemporary English, 'catch up with someone' merupakan kata kerja yang berarti mengejar ketinggalan seseorang. Kamu juga bisa menggunakan idiom ini untuk memberikan pernyataan bahwa kamu akan menyusul datang dalam sebuah pertemuan atau perjanjian.

Contohnya:

If you hurry, you should catch up with them at the bridge.

Baca Juga: 6 Idiom Bahasa Inggris Terlucu dan Terunik yang Kamu Harus Tahu

3. Catch your breath

pexels/freestockpro

'Catch your breath' merupakan idiom yang biasanya digunakan ketika kamu sedang berolahraga atau melakukan hal yang berat. Artinya sendiri adalah beristirahat sejenak agar dapat kembali bernapas secara normal. Contohnya:

Don’t try to talk, just sit down and catch your breath.

4. Catch many eyes

unsplash/Nghia Le

'Catch many eyes' merupakan ungkapan dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti menarik perhatian seseorang. Dalam penggunaannya, kata ini juga bisa berarti "untuk mendapatkan perhatian seseorang" atau "menjadi menarik bagi seseorang". Contohnya:

I was looking around the store for a present for my mom, and this book caught my eye.

Baca Juga: 8 Idiom Bahasa Inggris yang Berkaitan dengan Karakter Orang, Hafalin!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya