TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Kata Bahasa Indonesia Unik yang Jarang Diketahui namun Ada di KBBI

Tahu makna kata beleter?

IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Selain memiliki banyak kata terapan, pada dasarnya Bahasa Indonesia sendiri memiliki beberapa kata yang unik. Bahkan, kata-kata tersebut sudah tercantum secara resmi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sayangnya, tidak banyak orang Indonesia yang mengetahui jika kata tersebut termasuk sebagai kata dalam Bahasa Indonesia dan memiliki makna tertentu, seperti kata-kata di bawah ini.

1. Dopak

IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Berdasarkan KBBI, dopak memiliki arti dua ikat kecil. Kata yang satu ini biasanya digunakan untuk menunjukkan jumlah ikat buah yang sedang dibawa.

2. Beleter

IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Banyak berkata-kata atau cerewet, itulah arti dari kata yang satu ini. Apakah kamu pernah mendengarnya?

3. Tokcer

IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata tokcer memiliki beberapa artian. Seperti, baik atau bagus yang merujuk tentang mesin, mobil dan sebagainya, manjur atau mujarab, dan mudah hamil.

4. Kecimol

IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Kecimol merupakan kata Bahasa Indonesia yang berarti dangdut jalanan. Namun, dangdut jalanan yang dimaksudkan dalam kata ini merujuk pada dangdut jalanan sebagai pengiring pengantin di daerah Lombok.

Baca Juga: 10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!

5. Loncos

IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Jika diartikan berdasarkan KBBI, loncos akan berarti makin ke ujung makin runcing (seperti kerucut). Selain itu, kata ini juga bisa diartikan dengan lancip.

6. Odekolonye

IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Odekolonye merupakan kata dalam Bahasa Indonesia yang berarti pewangi penyegar yang dibuat dari campuran minyak wangi dan alkohol. Kamu baru tahu, kan?

7. Pastiles

IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Kamu pasti pernah mendengar atau bahkan mengonsumsi permen pereda sakit tenggorokan, kan? Nah, berdasarkan KBBI, ternyata permen dalam konteks ini disebut pastiles, yang berarti jenis gula-gula yang mengandung obat untuk melegakan pernapasan, menyegarkan mulut, menyembuhkan sakit kerongkongan, batuk, dan sebagainya biasanya berbentuk butiran kecil.

8. Manzil

IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Manzil merupakan kata dalam Bahasa Indonesia yang diserap dari Bahasa Arab 'manzil' yang berarti tempat bersinggah. Dalam KBBI, arti dari kata ini pun serupa, yakni rumah atau tempat perhentian (untuk mengaso, bermalam, dan sebagainya).

9. Tunak

IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Kata yang satu ini jelas berbeda dengan kata 'tuna' yang merujuk pada nama ikan, ya. Tunak, dalam KBBI memiliki arti tidak henti-hentinya (bekerja dan sebagainya) atau tetap patuh atau bisa juga betah.

Baca Juga: Berawalan Huruf Z, 9 Kosakata Bahasa Indonesia yang Jarang Diketahui

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya