Comscore Tracker

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!

Dari fajar hingga jadwal! 

Sebagai negara mayoritas muslim, bahasa Arab sedikit demi sedikit memang terpelajari oleh orang Indonesia, baik secara sengaja maupun tanpa sengaja. Beberapa kata dalam bahasa Arab pun diadaptasi dan menjadi bahasa resmi di nusantara. Seperti beberapa kata yang sering kita dengan sehari-hari ini!

1. Fajar

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!pexels.com/mamunurpics

Menurut KBBI, kata fajar bermakna cahaya kemerahan di langit sebelah timur menjelang matahari terbit. Sama halnya dalam bahasa Arab, kata الفجر /alfajr/ bermakna waktu pagi hari atau dini hari menjelang matahari terbit.

2. Sedekah

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!pravoslavie.ru

Kata sedekah dalam bahasa Indonesia bermakna memberi sesuatu pada orang yang membutuhkan. Begitu halnya dalam bahasa Arab. Hanya pelafalannya yang sedikit berbeda, karena dalam bahasa Arab tidak mengenal huruf e. Kalimatnya bertuliskan صَدَقَة /sadaqa/.

3. Niat

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!pexels.com/olly

Niat dalam KBBI bermakna maksud dan tujuan atas suatu perbuatan. Begitu halnya dalam bahasa Arab. Kata niat dalam bahasa Arab ditulis, نِيَّة /niyyat/. Contoh kalimat: Tidak ada niat baik yang akan berakhir sia-sia.

4. Ijazah

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!pexels.com/panditwiguna

Selembar kertas yang akan didapat jika sudah menyelesaikan pendidikan ini memiliki makna dan arti sama dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Dalam bahasa Arab ada kata lain dari kata إجَازَة /ijazah/ yang mengandung arti sama, yakni عِلْمِيَّة /ilmiyah/. Sementara dalam bahasa Indonesia, kata ilmiah berarti memenuhi kaidah (syarat) ilmu pengetahuan.

5. Jawab

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!evolutionnews.org

Jawab yang bermakna menyahut ini pun makna dan artinya sama dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia. Dalam bahasa Arab penulisannya adalah جَاوَبَ /jawaba/.

Baca Juga: 12 Kata Bahasa Korea Ini Mirip dengan Bahasa Indonesia. Awas Tertukar!

6. Wajah

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!pexels.com/timsavage

Wajah adalah kata lain dari muka atau bagian depan dari kepala. Kata wajah merupakan resapan dari bahasa Arab yang ditulis, وَجْه /wajhi/. Contoh kalimat: Aku mengenal wajahnya dengan baik.

7. Miskin

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!pexels.com/quang-nguyen-vinh-222549

Kata miskin yang dalam KBBI bermakna serba kekurangan ini juga bermakna sama dengan bahasa Arab. Dalam bahasa Arab ditulis, مِسْكِيْن /miskiin/. Begitu halnya dengan kata yang kerap membarengi kata miskin, yakni فَقِيْر, /faqiir/. Contoh kalimat: Keluarga itu adalah golongan fakir miskin.

8. Dunia

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!pexels.com/pixabay

Dalam catatan KBBI, dunia mengandung makna bumi dengan segala sesuatu yang terdapat di atasnya. Kata ini juga merupakan resapan dari bahasa Arab, yakni دُنْيَا /dunyaa/. Begitu halnya dalam arti kata, keduanya memiliki makna yang sama.

9. Halal dan haram

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!tandemsl.com

Kata halal dan haram mengandung makna sesuatu yang diperbolehkan dan sesuatu yang tidak diperbolehkan. Sering sekali kita mendengar bahkan mengucapkan kata-kata ini. Penulisannya dalam bahasa Arab adalah حَلاَل /halal/ dan حَرَام /haroma/ atau /harom/. Contoh kalimat: Kita harus bisa membedakan, mana pekerjaan halal dan mana pekerjaan haram.

10. Jadwal

10 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Diadaptasi dari Bahasa Arab, Lho!pexels.com/energepic-com-27411

Jadwal dalam KBBI diartikan sebagai pembagian waktu berdasarkan rencana atau urutan kerja. Begitu halnya dalam bahasa Arab, جَدْوَل /jadwal/ diartikan sebagai daftar, tabel, grafik dan jadwal.

Namun selain bermakna seperti tersebut, dalam bahasa Arab jadwal juga bisa bermakna anak sungai atau teluk.

Itulah 10 kata dalam bahasa Indonesia yang sering kita ucapkan sehari-hari yang ternyata diadaptasi dari bahasa Arab. Selain kata-kata di atas, tentu masih banyak lagi, ya. Karena bahasa yang kita miliki memang banyak dipengaruhi oleh bahasa-bahasa lain.

Baca Juga: 11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesia

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya