TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Padanan Kata Kecantikan yang Sudah Terdaftar di KBBI, Tahu Calir?

Ada manikur dan pedikur juga

ilustrasi skincare (unsplash.com/Kalos Skincare)

Layaknya industri fashion, di dalam dunia kecantikan pun terdapat beragam padanan istilah kata yang umum menggunakan bahasa asing. Meski begitu, kini kata-kata tersebut mulai diserap ke dalam Bahasa Indonesia.

Nah, berikut ini beberapa padanan kata kecantikan yang sudah resmi terdaftar di KBBI dan perlu kamu ketahui. Perhatikan dan jangan lupa dicatat!

1. Masase

ilustrasi massage (pexels.com/Pixabay)

Pernah dengar kata yang satu ini? Lalu, bagaimana dengan massage? Nah, sebenarnya kedua kata tersebut memiliki serupa, lho.

Masase dalam KBBI memiliki arti pemijatan, pengurutan, dan sebagainya pada bagian badan tertentu dengan tangan atau alat-alat khusus. Biasanya aktivitas ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah sebagai cara pengobatan atau untuk menghilangkan rasa capai.

2. Hena

ilustrasi pemakaian hena (instagram.com/hendra.klasik)

Kalau padanan kata yang satu ini pasti kamu sudah gak asing lagi dong? Hena merupakan bahan pewarna tato sementara yang berasal dari tanaman semak berdaun kecil dengan kelopak bunga berwarna putih.

Dalam KBBI, kata hena sendiri merujuk pada pewarna cokelat kemerahan pada rambut atau tato sementara yang dihasilkan dari daun hena. Umumnya, hena digunakan untuk acara pernikahan atau acara adat.

3. Calir

ilustrasi body lotion (freepik.com/psodaz)

Calir merupakan sebutan lain untuk mengatakan lotion dalam Bahasa Indonesia. Artinya sendiri merujuk pada cairan yang digunakan untuk kosmetik.

Meski gak jelas menerangkan lotion, namun penggambaran dari cairan yang digunakan untuk produk kosmetik lebih mencirikan sebuah lotion. Kamu pasti baru tahu, kan?

Baca Juga: 5 Istilah Fashion yang Sudah Masuk KBBI, Bukan Slang!

4. Manikur

ilustrasi manikur (pexels.com/freestocks.org)

Selanjutnya ada manikur. Kata yang satu ini biasa digunakan untuk menerangkan sebuah perawatan tangan dan kuku. 

Dalam KBBI, arti dari manikur adalah orang yang pekerjaannya merawat tangan dan kuku, yang biasanya dilakukan di salon. Selain itu, makna lainnya merujuk ke jenis perawatannya itu sendiri.

5. Pedikur

ilustrasi manikur (pexels.com/freestocks.org)

Jika ada manikur pasti ada pedikur, kan? Nah, kata pedikur ini juga sudah resmi terdaftar di dalam KBBI.

Artinya merujuk pada orang yang mempunyai pekerjaan merawat kaki. Namun, makna lainnya menggambarkan perawatan kaki dengan merawat kuku jari-jari kaki.

6. Kolonye

Ilustrasi body cologne pria (unsplash.com/Joppe Spaa)

Kolonye merupakan sebutan lain bagi cologne dalam Bahasa Indonesia. Meski kadang disamakan dengan parfum, namun kolonye dan parfum merupakan dua hal yang berbeda, lho.

Kolonye sendiri dalam KBBI memiliki arti cairan harum yang terbuat dari campuran alkohol dan minyak beraroma. Sedangkan, parfum berarti minyak wangi atau zat pewangi.

Baca Juga: 5 Istilah Tata Boga yang Terdaftar di KBBI, Ada Bakeri dan Kroisan!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya