Comscore Tracker

5 Istilah Fashion yang Sudah Masuk KBBI, Bukan Slang!

Jeans dalam Bahasa Indonesia disebut dengan jin

Istilah fashion umumnya dikenal dalam Bahasa Inggris. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan bahasa, kini ada lho beberapa kosakata serapan terkait tata busana dalam Bahasa Indonesia yang sudah masuk di KBBI. 

Apa saja itu? Biar gak penasaran, yuk simak istilah fashion yang sudah masuk KBBI! Kalau kamu sudah tahu, jangan lupa untuk diterapkan sebagai kosakata penulisan yang baik, ya!

1. Overal

5 Istilah Fashion yang Sudah Masuk KBBI, Bukan Slang!ilustrasi jumpsuit (pexels.com/Allan Mas)

Kamu mungkin asing dengan istilah ini. Namun, bagaimana dengan istilah baju kodok atau jumpsuit? Nah, bagi kamu yang pernah mendengarnya, overal dalam KBBI merupakan kosakata yang bisa digunakan untuk menggambarkan pakaian terusan tersebut.

Artinya sendiri merujuk pada pakaian kerja terusan berupa baju dan celana panjang longgar yang biasa dipakai di luar pakaian. Lainnya, bisa dikatakan sebagai celana panjang dengan cukit dan tali baju atau selempang.

2. Beludru

5 Istilah Fashion yang Sudah Masuk KBBI, Bukan Slang!Ilustrasi pakaian berbahan beludru (Pexels/Andrea Piacquadio)

Beludru merupakan salah satu jenis kain yang biasa dipakai sebagai bahan pembuat pakaian. Dalam KBBI sendiri, beludru memiliki arti kain dengan permukaan tebal dan berbulu halus pada bagian depan dan rata pada bagian belakangnya. 

Kain jenis ini terkenal dengan teksturnya yang lembut. Untuk pemakaiannya, beludru sering dibuat menjadi kopiah atau baju kebesaran. 

3. Jin

5 Istilah Fashion yang Sudah Masuk KBBI, Bukan Slang!ilustrasi jeans (unsplash.com/Jason Leung)

Kosakata yang satu ini memiliki arti yang cukup beragam. Namun, kamu juga bisa mengartikan jin sebagai istilah untuk menyebutkan bahan berjenis jeans. 

Menurut KBBI, jin sendiri berarti celana panjang yang terbuat dari kain tebal dan kuat. Umumnya, kain tebal tersebut memiliki desain yang kuat serta biasa dipakai untuk celana, jaket, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Kosakata Bahasa Indonesia Unik yang Jarang Digunakan

4. Flanel

5 Istilah Fashion yang Sudah Masuk KBBI, Bukan Slang!Ilustrasi kemeja flanel (unsplash.com/nana graphic)

Siapa sih yang gak tahu kosakata yang satu ini? Flanel merupakan salah satu item fashion berupa kemeja motif kotak-kotak dengan berbagai perpaduan warna.

Meski begitu, dalam KBBI, sebenarnya flanel lebih merujuk pada kain halus yang dibuat dari tenunan rapat. Kain flanel sendiri umumnya terbuat dari wol atau kombinasi benang bertekstur, seperti kapas yang lembut sehingga terasa hangat saat dikenakan.

5. Jersei

5 Istilah Fashion yang Sudah Masuk KBBI, Bukan Slang!ilustrasi pakaian jersei (pixabay.com/NewUnion_org

Bagi kamu yang biasa menulis jersey untuk menggambarkan bahan pakaian olahraga, segera hentikan. Sebab, kini kamu bisa menggunakan kata jersei dengan huruf i, bukan y, seperti yang sudah terdaftar di KBBI.

Artinya sendiri merujuk pada jenis kain yang terbuat dari wol, katun, nilon, rayon, atau sutra. Kain jenis ini umumnya dikenakan sebagai seragam resmi tim olahraga. 

Itu dia beberapa kosakata terapan terkait tata busana yang sudah terdaftar ke dalam KBBI. Jangan lupa ubah penggunaannya agar penulisan kamu semakin baik lagi, ya!

Baca Juga: 11 Kosakata Gaul yang Sering Digunakan Ini Ada dalam KBBI, Mau Tau?

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya