TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ciri Guru yang Dikenang Seumur Hidup, Tak Pandang Bulu!

Saking baiknya malah bikin sedih kalau jam kosong

ilustrasi guru menjelaskan materi (pexels.comYan Krukov)

Salah satu pekerjaan yang mulia adalah guru, sebab peran dan tugas guru tidaklah mudah. Seorang guru memiliki peran penting dalam melahirkan generasi yang berhasil, cerdas, dan beradab.

Banyak guru yang dijadikan panutan karena kesabaran, kebaikan, atau pun kepeduliannya. Adapun ciri guru yang mengesankan dan tidak terlupakan, seperti ulasan di bawah ini.

1. Semua murid diperlakukan sama

ilustrasi guru memberi perhatian ke murid (pexels.com/Arthur Krijgsman)

Setiap murid memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada yang cepat menangkap materi, adapun yang lambat dalam memahami. Selain itu, ada tipe siswa yang memiliki kepribadian baik dan juga buruk.

Perbedaan karakteristik tersebut tak lantas membuat guru condong ke siswa yang cerdas dan baik saja, akan tetapi harus merangkul dan memberi perhatian kepada seluruh siswanya tanpa membeda-bedakan.

2. Tidak pelit nilai

ilustrasi guru membagikan nilai ujian (pexels.com/ RODNAE Productions)

Ada tipe guru yang sangat perfeksionis, sehingga saat ada siswa yang tidak mengikuti aturannya akan mendapat nilai yang kecil. Misalnya, kertas ujian yang lecek atau sobek, tidak mengumpulkan tugas tepat waktu.

Guru yang perfeksionis sulit menoleransi kesalahan sedikit pun, sebab setiap muridnya dituntut untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan rapi, benar, dan tidak ada cacat.

Baca Juga: 5 Tips Jadi Guru yang Asyik, Gak Harus Pakai Galak!

3. Tidak menghakimi kesalahan murid

ilustrasi guru menegur murid (pexels.com/Monstera)

Terkadang guru harus dihadapkan dengan murid yang tidak disiplin, suka bolos, terlambat, membuat onar, dan lainnya. Peran guru di sini bukan menghakimi kesalahan muridnya, justru menunjukkan rasa peduli dengan bertanya alasannya melanggar aturan sekolah, memberikan nasehat yang mudah diterima. Tidak memaki-maki dan mengungkitnya terus menerus.

4. Selalu memberi apresiasi

ilustrasi guru memberi pujian (pexels.com/ Vanessa Loring)

Memperoleh nilai bagus, menjadi juara kelas, dapat menguasai materi itu bukanlah hal mudah. Untuk mendapatkannya perlu proses belajar, tentunya sebagai guru harus selalu mengapresiasi muridnya, seperti memberikan pujian, support, dan semangat.

Baca Juga: 7 Tips Gokil untuk Guru Agar Proses Mengajar Makin Maksimal

Verified Writer

Ni

nothing is impossible if you keep trying.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya