TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Senator? Ini Hak dan Kewajibannya!

Atau disebut sebagai senat

Ilustrasi senator (pexels.com/August de Richelieu)

Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia biasa kita kenal sebagai DPD RI maupun DPD. Sebelum tahun 2004, mereka disebut sebagai Utusan Daerah. Apa itu? Mengutip laman resmi DPD, Utusan Daerah adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Anggotanya terdiri perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui pemilihan umum serta merupakan majelis tinggi dalam lembaga legislatif.

Kini, anggota DPD tersebut dikenal sebagai senat atau senator. Apa sih itu? Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

1. Apa itu senator?

Senator asal Sulawesi Selatan, Tamsil Linrung, dalam Rapat Pleno ke-2 BAP DPD RI pada November 2023. (Instagram.com/18tamsillinrung)

Apa itu senator? Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, senator adalah anggota senat atau wakil rakyat. Hal yang sama juga dijelaskan dalam laman resmi DPD, senator merupakan anggota DPD RI atau Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.

Dalam buku Literasi Politik (2019) oleh Gun Gun Heryanto, DPD adalah sebagaimana keanggotaan senator pada negara lain. Adanya mereka atau DPD ini akan mengoptimalkan perwakilan dari daerah-daerah yang menjadi lebih proporsional.

Baca Juga: Senator AS Ditangkap di Hong Kong karena Bawa Pistol

2. Hak sebagai senator

Anggota DPR RI Komisi II Endro Suswantoro Yahman. (IDN Times/Istimewa).

Masih mengutip laman resmi DPD, anggota DPD RI memiliki hak yang akan dipenuhi. Lalu apa saja hak mereka? Berikut ini di antaranya:

  • Hak bertanya
  • Hak menyampaikan usul dan pendapat
  • Hak memilih dan dipilih
  • Hak membela diri
  • Hak imunitas
  • Hak protokoler
  • Hak keuangan dan administratif

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya