TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kapan Puasa Nisfu Syaban 2024? Catat Tanggal dan Niatnya

Jangan lupa diamalkan

Ilustrasi berpuasa. (Unsplash/Christopher Jolly)

Bulan Syaban merupakan bulan yang penuh dengan syafaat. Pada bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk melakukan puasa sunah agar mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT. Pasalnya, Rasulullah SAW paling banyak mengerjakan puasa sunah di bulan ini dibandingkan di bulan-bulan lainnya. Tentunya setelah bulan Ramadan.

Jadi, kapan puasa Syaban 2024 bisa dilakukan? Yuk, catat tanggal dan bacaan niatnya di bawah ini.

Baca Juga: 9 Keutamaan Bulan Sya'ban, Berlimpah Ampunan dan Pahala

1. Jadwal puasa Nisfu Syaban 2024

ilustrasi buka puasa (freepik.com/rawpixel.com)

Pada bulan Syaban, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa sunah yang dimulai sejak memasuki bulan Syaban hingga pertengahan bulan Syaban. Hal ini diperkirakan jatuh pada tanggal 11 Februari 2024 hingga tanggal 25 Februari 2024. Dengan kata lain, malam Syaban akan jatuh pada tanggal 24 Februari 2024 dan dilanjutkan dengan puasa Nisfu Syaban pada tanggal 25 Februari 2024.

Melansir laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), awal bulan Syaban 1445 H bertepatan dengan Minggu Pon 11 Februari 2024 (mulai malam Minggu) atas dasar rukyah. Keputusan tersebut berdasarkan hasil rukyatul hilal, bahwa terdapat beberapa lokasi yang melaporkan melihat hilal 1 Syaban 1445 H pada Sabtu, 29 Rajab 1445 H atau 10 Februari 2024.

2. Bacaan niat puasa Nisfu Syaban

ilustrasi puasa (unsplash.com/@allahetman)

Nah, sekarang kamu sudah tahu kapan puasa nisfu syaban. Sama seperti puasa pada umumnya, untuk menunaikan puasa, salah satu rukunnya adalah melafalkan niat. Berikut bacaan niat puasa Nisfu Syaban dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Sya‘bana lillahi ta‘ala

Artinya : “Aku berniat puasa sunah Syaban esok hari karena Allah SWT.”

Baca Juga: 9 Keutamaan Bulan Sya'ban, Berlimpah Ampunan dan Pahala

3. Keutamaan puasa Nisfu Syaban

ilustrasi puasa (pexels.com/Thirdman)

Karena letaknya yang berada di antara bulan Rajab dan Ramadan, bulan Syaban sering dilupakan oleh orang-orang. Padahal, bulan ini merupakan bulan yang memiliki banyak keberkahan untuk berbuat amal saleh.

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa agar tetap mengamalkan kebaikan dan mempersiapkan diri menyambut Ramadan, khususnya di malam Nisfu Syaban. Diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Jika datang malam Nisfu Syaban, salatlah dan puasalah pada siang harinya karena Allah akan menurunkan ampunannya di malam itu, mulai dari terbenamnya matahari hingga pagi hari."

4. Puasa sunah di bulan Sya'ban

ilustrasi puasa (pexels.com/Engin Akyurt)

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Syaban adalah memperbanyak puasa sunah. Dalam bulan ini, terdapat beberapa macam puasa sunah yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Puasa Senin-Kamis setiap pekan

2. Puasa Ayyamul Bidh yang jatuh pada tanggal 13, 14, 15 bulan Syaban

3. Puasa Daud

4. Puasa Nisfu Syaban yang tahun ini jatuh pada tanggal 25 Februari 2024

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya