TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Maba adalah Mahasiswa Baru dan 5 Tips yang Wajib Dikuasai

Jangan lupa untuk belajar beradaptasi!

Ilustrasi mahasiswa (pexels.com/Ivan Samkov)

Meninggalkan kehidupan sekolah dan bersiap menghadapi dunia perkuliahan. Inilah yang dilakukan oleh maba. Maba adalah singkatan dari mahasiswa baru. Transisi dari bangku sekolah menuju dunia perkuliahan memang tidak selalu mulus seperti dalam cerita fiksi. 

Oleh karena itu, banyak yang perlu kamu ketahui dan siapkan ketika hendak berkuliah dan mengganti status dari siswa menjadi mahasiswa. Mulai dari perkembangan diri, lingkungan, hingga metode belajar.

Untuk itu, yuk simak tips menjadi mahasiswa baru yang berprestasi dan dapat berkontribusi dalam masyarakat.

Baca Juga: Apa itu SKS? Mahasiswa Baru Wajib Paham Fungsinya di Perkuliahan

1. Adaptasi dalam pembelajaran

ilustrasi belajar bersama (freepik.com/garetvisual)

Mahasiswa baru atau maba adalah status yang melekat pada seseorang yang memasuki tahun pertama perkuliahan. Sebagai seorang maba, tidak mudah untuk bertransisi dari siswa menjadi mahasiswa. Mahasiswa baru harus bisa beradaptasi dengan dunia perkuliahan yang akan dihadapinya.

Selain perubahan status, mahasiswa juga akan mengalami perubahan pada metode pembelajaran. Saat di bangku sekolah dulu, sistem pembelajaran sesuai dengan yang diberikan oleh sekolah atau kurikulum.

Namun, dalam dunia perkuliahan, metode pembelajaran diterapkan menggunakan sistem satuan kredit semester (SKS). SKS merupakan jumlah beban studi yang harus diambil dalam satu semester. Satu tahun akademik terdiri dari dua semester reguler, yaitu semester ganjil dan semester genap.

Baca Juga: Apa itu KRS? Hal Penting yang Harus Kamu Pahami sebagai Mahasiswa

2. Adaptasi lingkungan dan budaya

ilustrasi mahasiswa dan mahasiswi (pexels.com/ivan samkov)

Ketika menjadi mahasiswa baru, kamu dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, kebiasaan baru, budaya baru, dan teman baru. Kamu dituntut untuk menjadi jauh lebih dewasa, mandiri, dan berani mengambil keputusan sendiri. Tidak hanya itu, mahasiswa juga harus beradaptasi dengan gaya hidup baru.

Akan tetapi, jangan khawatir, biasanya perguruan tinggi akan menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKB). Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan mahasiswa di perguruan tinggi. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya