TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengetahui Tentang Skema dan 33 Sinonimnya, Apa Saja?

Sering digunakan oleh perancang atau pembuat suatu alat

Ilustrasi seseorang yang memikirkan skema (pexels/startup-stock-photos)

Skema adalah salah satu kata yang tentunya cukup akrab di telinga. Bahkan, skema sering kali diucapkan atau disebutkan dalam sebuah percakapan, lho.

Meski begitu kebanyakan orang ternyata belum mengetahui arti dari skema. Berikut arti dan 10 sinonim skema di bawah ini. Check this out!

Arti skema

ilustrasi seseorang yang memikirkan skema (pexels.com/Moose Photos)

Istilah skema sebenarnya bukan hal yang baru. Kata ini bahkan sudah lama milik Indonesia, yang merupakan kata serapan berasal dari bahasa Inggris ‘schema’. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skema adalah padanan dari bagan, rangka-rangka, dan rancangan.

Nah, ada beberapa sumber yang menjelaskan pengertian skema. Keterangan yang cukup lengkap dikemukakan oleh Chaplin (1981) yang terdapat dalam Dictionary of Psychology. Chaplin mengemukakan empat macam keterangan tentang skema, yakni:

  1. Skema sebagai suatu peta kognitif yang terdiri atas sejumlah ide yang
    tersusun rapi
  2. Skema sebagai kerangka referensi untuk merekam berbagai peristiwa
    atau data
  3. Skema sebagai suatu model
  4. Skema sebagai suatu kerangka referensi yang terdiri atas respons-respons yang pernah diberikan, kemudian menjadi standar bagi respons-respons selanjutnya.

Skema adalah sebuah kata yang sering digunakan oleh seorang perancang atau pembuat suatu alat. Umumnya sebelum membuat sesuatu, perancang akan memikirkan skema alat yang dibuat dengan cara membuat abstrak pada kertas terlebih dahulu atau gambar pada buku.

Baca Juga: Apa Itu Transformasi? Berikut Pengertian dan 10 Sinonimnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya