TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah Jurusan Kewirausahaan

Banyak manfaatnya!

yasasinggih.com

Kewirausahaan atau Entrepreneurship di Indonesia saat ini telah berkembang pesat, banyak perusahaan startup yang muncul dan berkembang di Indonesia. Saat ini di Indonesia, banyak orang berbondong-bondong ingin menjadi entrepreneur dan mempelajari bidang entrepreneurship.

Beberapa institusi pendidikan seperti universitas, juga turut berpartisipasi dalam pengembangan kewirausahaan dengan membuat jurusan atau mata kuliah entrepreneurship.

Buat kamu yang masuk kedalam kategori orang tersebut, simak 5 alasan dibawah ini untuk semakin meyakinkan kamu untuk kuliah jurusan entrepreneurship.

1. Banyak universitas unggulan penyedia jurusan entrepreneur.

Galedu

Perguruan tinggi diIndonesia sudah mulai sadar akan pentingnya kewirausahaan dan menjadikan mata kuliah kewirausahaan sebagai hal terpenting yang harus diberikan kepada mahasiswa, bahkan ada yang memiliki jurusan atau program studi entrepreneurship.

Perguruan tinggi seperti UI, UNDIP, ITB, UNPAD, IPB, UGM, STT dan STMB Telkom, President University, UKSW, Paramadina, UNPAR, Univ Semarang, BSI, BINUS, Tri Sakti, dan yang lainnya menyediakan program studi kewirausahaan atau memberikan materi kewirausahaan.

Selain itu, banyak juga yang mendirikan Pusat Kewirausahaan Kampus seperti BSI Entrepreneruship Center (BEC) di BSI, Pusat Inkubator Bisnis ITB, Koperasi kesejahteraan Mahasiswa (KOKESMA) ITB, Community Business and Entrepreneurship Development (CDED) di STMB Telkom, Community Entrepreneur Program (CEP) UGM, Center for Entrepreneurship Development and Studies (CEDS) di UI, UKM Center di FEUI, Center for Entrepreneurship, Change, and Third Sector (CECT) di Universitas Tri Sakti, Binus Entrepreneurship Center (BEC) di Binus, dan banyak lagi.

2. Perkembangan startup di Indonesia terus meningkat

Daily Social

Perkembangan startup di Indonesia setiap tahunnya bisa dikatakan terus meningkat. Ternyata, sudah terdapat lebih dari 1.500 startup lokal yang ada di Indonesia. Selain itu, telah banyak berdiri komunitas startup seperti Startup Lokal (Jakarta), SuBali (Bali), dan Stasion (Malang). Banyak pendiri atau founder startup yang lulus dari universitas lokal Indonesia lho.

3. Usaha peningkatan kewirausahaan di perguruan tinggi dari pemerintah

pexels.com

Selain universitas unggulan yang menyediakan program studi kewirausahaan dan perkembangan startup di Indonesia. Pemerintah juga sedang gencar-gencarnya melakukan usaha peningkatan kewirausahaan di perguruan tinggi. Salah satu program pemerintah ini adalah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Program kewirausahaan yang digagas pendidikan tinggi (Dikti) yang memberikan alokasi dana (modal) dalam bentuk subsidi untuk mahasiswa yang mempunyai usaha atau rencana usaha. Namun mengingat keterbatasan dana, program dari pemerintah ini “dilombakan” melalui proposal yang harus dikirimkan oleh mahasiswa dan perguruan tinggi yang berminat.

4. Belajar tanggung jawab di program studi kewirausahaan

axe.co.id

Ketika kamu masuk ke jurusan atau program studi kewirausahaan, kamu akan mempelajari mengenai tanggung jawab dalam pengelolaan sebuah perusahaan. Bisa dikatakan isi dari kuliah jurusan kewirausahaan juga menawarkan beragam pilihan mata kuliah mulai dari membangun produk perusahaan, model bisnis, sampai pengelolaan sumber daya. Kemampuan managerial itulah yang penting dan dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan.

Baca Juga: Pelajari 7 Wawasan Ini Sebelum Memutuskan Resign dan Berwirausaha

Writer

Yese Mia

I'm a cheerful blogger! I'm interested in education, interior, animal, fashion, and lifestyle. Contact me: yesemia24@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya