Comscore Tracker

Efektif! 6 Tips Belajar Online Semasa Pandemi COVID-19

Teruntuk kamu yang sedang belajar di rumah

Semenjak pandemi COVID-19 mendunia, sebagian besar dari aktivitas kita dilakukan dari rumah saja. Tentunya, ini juga termasuk sistem pembelajaran yang dilakukan secara online.

Jika kalian seorang pelajar, maka sangatlah penting bahwa kalian bisa beradaptasi dengan sistem online school yang baru ini. Memang, ada yang mengatakan bahwa sekolah secara online lebih susah dan melelahkan. Tetapi, jangan biarkan itu menjadi penghalangmu untuk mendapatkan ilmu!

Penasaran bagaimana caranya belajar online secara efektif? Yuk, disimak enam tips berikut ini dan tingkatkan kualitas belajarmu dari rumah saja!

1. Aturlah tempat belajar yang baik

Efektif! 6 Tips Belajar Online Semasa Pandemi COVID-19Pexels.com/Julia M Cameron

Ketika kamu belajar online, mood mu tentunya akan dipengaruhi oleh tempat kerjamu. Jika kamu belajar di kamar tidurmu yang masih gelap dan tertutup, mungkin kamu akan merasa lebih malas atau mengantuk. Karena itu, sebaiknya kamu mengatur tempat kerja yang akan mendukung proses pembelajaranmu.

Siapkan tempat belajarmu sendiri dengan alat tulis, buku-bukuan, dan bahan-bahan lain yang kamu perlukan. Pastikan bahwa ruangan itu cukup terang dan akan memberimu suasana yang baik untuk belajar. Aturlah tempat duduk yang nyaman untukmu juga agar kamu tidak merasa lelah setelah belajar selama sehari.

Tempat belajar yang baik berbeda-beda untuk setiap orang. Ada orang yang merasa bahwa tempat terbaik mereka adalah di sofa atau di kasur mungkin. Ada juga yang suka belajar di meja. Yang penting, aturlah tempat belajar yang bisa mendukung pembelajaranmu. Jangan belajar di tempat atau suasana yang membuatmu tidak fokus. Jadi, sesuaikan pada dirimu sendiri ya!

2. Buatlah rencana belajar

Efektif! 6 Tips Belajar Online Semasa Pandemi COVID-19Pexels.com/Suzy Hazelwood

Bagi beberapa murid, mungkin ada banyak sekali tugas yang menumpuk selama belajar di rumah. Walaupun ini terlihat susah, kamu pasti bisa menyelesaikannya satu-satu dengan rencana belajar yang baik!

Pertama, jangan lupa untuk mencatat tenggat waktu setiap tugas atau ulanganmu. Gunakan kalender untuk mencatatnya agar kamu tidak lupa. Kemudian, aturlah rencana belajarmu. Agar kamu tidak tertinggal dan menunda-nunda pekerjaan, pastikan bahwa setiap hari kamu tahu apa yang harus kamu kerjakan. Kamu bisa merencanakan untuk menyelesaikan suatu tugas pada hari tertentu, dan belajar suatu ulangan pada hari yang lain. 

Dengan cara ini, kamu bisa mengatur waktu belajarmu dengan sistematis. Walaupun memang akan ada banyak tugas yang diberikan, kamu pasti bisa menyelesaikannya secara bertahap.

3. Hindari gangguan-gangguan yang bisa mengalihkan perhatianmu

Efektif! 6 Tips Belajar Online Semasa Pandemi COVID-19Pexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu tantangan terbesar dalam sekolah online adalah banyaknya gangguan yang bisa mengalihkan perhatianmu. Selain gangguan suara atau gangguan koneksi yang mungkin tidak bisa kita atasi, kita bisa menghindari gangguan-gangguan lain seperti media sosial dan game.

Ketika kalian sedang belajar, sebisa mungkin jangan biarkan perhatianmu teralihkan oleh media-media sosial yang tidak berhubungan dengan pembelajaranmu. Tentu, kalian membutuhkan aplikasi chat dan video call, tetapi yang bisa kalian hindari adalah aplikasi-aplikasi game dan media sosial yang tidak berhubungan dengan sekolah.

Walaupun godaan untuk bermain hp di rumah lebih besar, ingatlah bahwa ini adalah waktu sekolah. Kamu bisa bermain atau membuka media sosial pada saat waktu luangmu. Jadi, kamu harus bisa mengatur prioritasmu dan mengingat bahwa fokus sangatlah penting, terutama ketika sedang melakukan pembelajaran online.

Baca Juga: Jangan Malas, 5 Manfaat Berharga Mengikuti Webinar Online 

4. Regangkan badanmu dan jangan duduk atau rebahan selama sehari

Efektif! 6 Tips Belajar Online Semasa Pandemi COVID-19Pexels.com/Ketut Subiyanto

Menghabiskan seluruh hari di depan laptop adalah hal yang melelahkan, terutama jika kamu hanya duduk atau rebahan selama sehari!

Karena itu, sediakan waktu untuk meregangkan tubuhmu sebentar pada saat jam istirahat atau waktu luang. Kamu bisa melakukan beberapa gerakan stretching, atau kamu juga bisa bermeditasi dan menggunakan waktu untuk bersantai sejenak. Yang penting, sediakan waktu untuk stretching sebentar agar badanmu tidak kaku dan lemas.

5. Perhatikan jadwal dan waktu sekolahmu

Efektif! 6 Tips Belajar Online Semasa Pandemi COVID-19Pexels.com/JESHOOTS.com

Untuk menghindari ketelatan, kamu bisa memasang timer agar kamu ingat jam berapa kamu harus absen dan memasuki pelajaran yang baru.

Karena di rumah kita tidak memiliki bel sekolah, mengingat jam pergantian pelajaran mungkin lebih susah terutama jika kita tidak secara terus-menerus melihat jam. Karena itu, kamu bisa memasang timer agar kamu bisa bersiap-siap sebelum kelas berikutnya dan memastikan bahwa kamu tidak telat.

6. Jangan terlalu menuntut dirimu sendiri dan luangkan waktu untuk bersantai

Efektif! 6 Tips Belajar Online Semasa Pandemi COVID-19Pexels.com/Andrea Piacquadio

Duduk di depan laptop selama sehari bukanlah hal yang mudah. Karena itu, jangan terlalu menuntut dirimu dan luangkan waktumu untuk bersantai sejenak. Kesehatan secara mental dan fisik sangat penting untuk menjaga fokusmu ketika sekolah lagi di pagi hari.

Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas refreshing setelah jam sekolah, seperti olahraga, mendengarkan musik, atau melakukan hobimu. Tetapi, jangan melupakan semua tugas sekolahmu ya! Sediakan waktu untuk refreshing dan juga untuk mengerjakan tugas agar jadwalmu seimbang. Dengan cara itu, kamu bisa menjaga kesehatanmu dan juga menyelesaikan kewajiban sekolahmu.

Itulah enam tips yang bisa kamu lakukan untuk belajar secara efektif dari rumah saja! Walaupun pandemi saat ini telah mengganti proses pembelajaran secara total, kita pasti bisa beradaptasi dan melewati ini bersama.

Baca Juga: Biar Gak Bosan, Ikuti 5 Tips Belajar Efektif Khusus Buat Ekstrover Ini

Angie Hosea Photo Verified Writer Angie Hosea

Hi, I'm Angie! I'm a passionate writer who is currently living in Surabaya, Indonesia. For any inquiries, please contact me through⁣ my E-mail: angiehoseaaa@gmail.com⁣ and LinkedIn: www.linkedin.com/in/angiehosea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya