Comscore Tracker

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022

Makin banyak, lho kosakata bahasa korea di KBBI

Masuknya Hallyu wave di Indonesia membuat mau tidak mau kita jadi akrab dengan bahasa Korea. Gak heran kalau banyak masyarakat yang akhirnya terbiasa mendengar atau bahkan mengucapkan kosakata sederhana dalam bahasa tersebut. Namun, siapa sangka sederet kosakata yang kerap kita dengar dalam drama atau film Korea ini ternyata ada di KBBI, lho.

KBBI memang secara berkala memasukkan beberapa kosakata populer maupun kata serapan asing yang sering digunakan. Menurut versi pemutakhiran KBBI tahun 2022, ini ada kurang lebih sebelas kosakata bahasa Korea yang ada di KBBI. Berikut ini daftarnya!

1. Oppa 

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi oppa (instagram.com/actorleeminho)

“Oppa” berarti ‘sapaan yang diucapkan oleh seorang perempuan kepada laki-laki yang berusia lebih tua’. Kosakata ini juga bisa digunakan kepada seorang laki-laki yang memiliki hubungan dekat atau mengenal dalam waktu cukup lama, seperti kepada kakak kandung, teman, atau kekasih.

Umumnya, kata oppa dilekatkan di belakang nama seseorang, lho. Penempatannya berbeda dengan sapaan dalam bahasa Indonesia seperti Mas atau Bli yang diletakkan sebelum nama orang.

2. Bibimbap 

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi bibimbap (instagram.com/jhomekitchen)

Sering banget kita jumpai dalam drama atau film Korea, ternyata kosakata bibimbap masuk dalam KBBI. Menurut KBBI, “bimbimbap” diartikan sebagai ‘makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut, dapat dilengkapi dengan telur mentah atau matang’.

Sayuran yang terdapat dalam bibimbap biasanya berupa wortel, lobak, jamur dan juga bayam yang sudah ditumis. Tak lupa, makanan ini juga dilengkapi dengan gocujang atau pasta cabai khas Korea, telur, serta bulgogi.

3. Hanbok 

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi hanbok (unsplash.com/Kseniya Petukhova)

Pencinta drama Korea pasti gak asing dengan kosakata satu ini. Dalam KBBI kosakata “hanbok” diartikan sebagai ‘baju tradisional Korea berupa atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan berpotongan lebar di bagian bawah bagi perempuan atau celana longgar panjang bagi pria, biasa digunakan pada acara formal seperti pernikahan dan upacara kematian arau hari peringatan nasional’.

Pakaian tradisional Korea ini biasanya hadir dalam warna-warna cerah seperti merah, kuning, hijau, hingga biru. Namun, pada perkembangannya, hanbok sudah banyak modifikasi dengan model yang beragam. 

4. Bulgogi 

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi bulgogi (instagram.com/rochwhole9yards)

Cocok buat kamu yang mungkin masih menyimpan daging sisa Idul Adha, nih. Kamu bisa mengolahnya menjadi bulgogi. Gak disangka ternyata salah satu masakan asal Korea ini ada di KBBI.

“Bulgogi” dimaknai sebagai ‘makanan khas Korea berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula dan rempah lain, diolah dengan cara dipanggang atau digoreng’. Hayo, kamu sudah pernah coba makan bulgogi atau belum, nih?

5. Mandu 

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi mandu (instagram.com/yjiwon1)

“Mandu” dalam KBBI dapat diartikan sebagai ‘pangsit khas Korea’. Sama seperti kebanyakan dumpling lainnya, mandu juga punya isian. Yang paling umum adalah daging, kimci, sayuran hingga udang.

Adapun cara mengolah mandu juga cukup beragam, nih ada yang digoreng dengan minyak melimpah (deep fried), direbus, dikukus, atau digoreng dengan sedikit minyak (pan seared). Mandu punya lipatan yang unik, lho, lipatannya mirip dengan kipas.

Biasanya makanan ini disajikan bersama dipping sauce yang terbuat dari campuran kecap asin, air, cuka, dan gochugaru (bubuk cabai khas Korea). Pernah coba mandu atau belum, nih? 

Baca Juga: 7 Bahasa Asing yang Wajib Kamu Pelajari Selain Bahasa Inggris

6. Gocujang 

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi gocujang (instagram.com/damien_brunet_)

Kalau kamu penasaran kenapa kebanyakan masakan Korea punya cita rasa yang pedas. Ini, lho, jawabannya. Seperti halnya, kimci, ketika diserap ke dalam bahasa Indonesia huruf “h” pada “gochujang” menjadi hilang.

Menurut KBBI “gocujang” punya makna ‘pasta cabai yang terbuat dari bubuk cabai, tepung beras ketan, tepung kedelai yang difermentasi dan garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan Korea’. Hampir semua masakan Korea dibumbui dengan gocujang, lho. Sebut saja tteokkbokki, sundubu jiggae, hingga ramyeon sekalipun. 

7. Manhwa 

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi manhwa (instagram.com/booksandcappuccino)

“Manhwa” berarti ‘komik khas Korea’. Berbeda dengan komik khas Jepang, manhwa umumnya hadir dengan teknik gambar dan pewarnaan sederhana layaknya webtoon. Sementara komik khas Jepang atau manga umumnya berwarna hitam putih.

Cara membaca manhwa juga mengikuti cara baca orang Korea, yakni dari kiri ke kanan bukan kanan ke kiri. Di Indonesia, banyak juga orang-orang yang membaca manhwa. Apakah kamu salah satunya?

8. Kimci 

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi kimci (instagram.com/wok_shop)

Dalam bahasa Korea, penulisan makanan pendamping ini memang "kimchi". Akan tetapi, setelah diserap ke dalam bahasa Indonesia dan masuk ke dalam KBBI, kosakata ini ditulis sebagai “kimci” tanpa huruf “h”.

Mengutip dari KBBI, kimci diartikan sebagai ‘makanan khas Korea berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui (dengan bawang putih, cabai merah, jahe, pasta ikan teri, dan sebagainya), kemudian difermentasikan’. Kamu pasti tak asing lagi dengan makanan ini, kan?

Kalau di Indonesia kita gak bisa makan tanpa kerupuk, maka orang Korea gak bisa makan tanpa kimci. Gak heran jika makanan fermentasi dari berbagai sayuran ini sering muncul di drama dan film. 

9. Bingsu 

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi bingsu (instagram.com/eatwithjw)

Pernah viral sekitar tahun 2015 di Indonesia, dari wujudnya saja minuman ini sangatlah menggoda. Ternyata, minuman satu ini sudah ada dan diserap ke dalam KBBI, lho. Kosakata ”bingsu” berarti ‘minuman berupa es yang diserut menyerupai salju dan diberikan tambahan gula, kacang tanah, buah dan berbagai pugasan lain’.

Porsi bingsu memang cukup besar bila dibanding dengan minuman lain yang mana bakal segar banget kalau disantap di siang hari yang terik. Hayo, kamu pernah mencobanya atau belum, nih? 

10. Mokbang 

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi mokbang (youtube.com/문복희 Eat with Boki)

Mungkin sebagian besar dari kita kerap menyebut atau menulis dengan istilah “mukbang”, ya? Namun, kosakata ini telah diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi “mokbang”, sesuai dengan pelafalan sesungguhnya.

Mengutip dari KBBI, arti kata “mokbang” adalah ‘siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan, biasanya disiarkan secara daring’. Gak sedikit orang yang menyukai konten seperti ini, lho.

Gak cuma menyenangkan, menontonnya sekaligus bisa jadi teman makan kita. Kalau kamu punya kanal mokbang favorit gak, nih?

11. Bancan

11 Kosakata Bahasa Korea Terbaru dalam Entri KBBI Tahun 2022ilustrasi bancan (instagram.com/juliejulielee)

Menurut KBBI, "bancan" diartikan sebagai 'makanan pendamping nasi khas Korea, dapat terbuat dari daging, ikan, sayur dan lainnya, biasa disajikan dalam piring-piring kecil dengan porsi terbatas'. Bancan kerap dihadirkan dalam makanan Korea yang disajikan dalam meja besar. Istilah ini kerap disebut dengan hanjeongshik.

Kebiasaan menyantap bancan dan hanjeongshik sudah ada sejak zaman dulu di Korea, lho. Salah satu jenis bancan yang pasti ada di atas meja sewaktu makan adalah kimci.

Wah, banyak juga kosakata bahasa Korea yang ada di KBBI, ya. Tidak menutup kemungkinan jika ke depannya akan ada kosakata baru lagi yang diserap dalam bahasa Indonesia. Dari daftar di atas kosakata mana, kah yang paling sering kamu jumpai sehari-hari?

Baca Juga: 12 Kosakata Olahraga dalam Bahasa Korea, Kamu Sudah Hafal?

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya