Comscore Tracker

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindari

Jangan pakai kata ini pada orang yang lebih tua ya #LokalIDN

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagamannya, termasuk bahasa. Salah satu bahasa yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia ialah bahasa Sunda. Hal ini tak lepas dari peran Jawa Barat sebagai salah satu tujuan bekerja dan menempuh pendidikan bagi anak muda.

Tak heran jika banyak orang yang sedang mempelajari bahasa Sunda. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bahwa terdapat kosakata bahasa Sunda kasar yang sebaiknya dihidari ketika berbicara kepada orang yang lebih tua. Berikut sepuluh kosakata bahasa Sunda kasar sehari-hari yang wajib kamu hindari.

1. Maneh

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindarifreepik.com/wayhomestudio

Maneh merupakan kata untuk mengucapkan kamu. Jangan sampai mengucapkan kata ini kepada orang yang lebih tua karena kata ini sangat kasar. Kamu akan dianggap tidak sopan ketika mengatakan kata ini kepada orang yang lebih tua.

2. Aing

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindarifreepik.com/wayhomestudio

Banyak orang yang sering mengatakan aing saat berbicara kepada orang yang lebih tua. Padahal, kata tersebut merupakan kosakata tersebut. Kamu lebih baik mengatakan abdi daripada kata tersebut. 

3. Podol

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindarifreepik.com/mrsiraphol

Bagi kamu yang belum tahu, jangan sesekali menyebutkan podol ya. Kata tersebut sendiri mempunyai arti feses. Pastinya kamu dianggap tidak sopan ketika mengatakan kata tersebut. 

Baca Juga: 10 Nama Sayuran Lokal dalam Bahasa Sunda, Tahu Peuteuy?

4. Koplok

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindarifreepik.com/cookie_studio

Koplok sendiri memiliki arti bodoh atau goblok. Meskipun begitu, kata ini sebenarnya juga dapat dijadikan kata candaan bagi seseorang yang sudah sangat akrab kepada seseorang lainnya. 

5. Hees

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindarifreepik.com/lookstudio

Dalam Bahasa Sunda kasar, hees mempunyai arti. Jika kamu ingin mengatakan tidur dalam Bahasa Sunda halus, kamu dapat mengatakan bobo

6. Ngajangkor

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindarifreepik.com/katemangostar

Ngajangkor merupakan kata Sunda kasar yang berarti pergi. Ketika berbica kepada orang yang lebih tua, kamu lebih baik mengatakan mios.

7. Deuleu

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindarifreepik.com/drobotdean

Pernah mendengar kata deuleu? Kata ini mempunyai arti lihat. Namun, kamu lebih baik menggunakan kata tingali daripada kata tersebut karena Deuleu merupakan kata Sunda kasar. 

8. Ngabangus

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindarifreepik.com/wayhomestudio

Dalam bahasa Sunda kasar, ngabangus mempunyai arti bicara. Jika kamu ingin menggunakan bahasa Sunda halus, kamu dapat mengatakan nyarios

9. Mantog

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindarifreepik.com/gpointsstudio

Untuk mengucapkan pulang dalam bahasa Sunda, kamu dapat mengatakan mantog. Namun, kata tersebut merupakan kata kasar. Jika kamu ingin lebih sopan, kamu dapat mengatakan uih

10. Kehed

10 Kosakata Bahasa Sunda Kasar Sehari-hari yang Wajib Kamu Hindarifreepik.com/drobotdean

Satu lagi kata Sunda kasar yang wajib kamu ketahui ialah kehed. Jika diartikan ke bahasa Indonesia, kata tersebut mempunyai arti sialan.

Nah, itu dia sepuluh kosakata Sunda kasar yang lebih baik kamu hindari penggunaannya. Jangan sampai hubunganmu dengan orang yang baru kamu kenal rusak akibat menggunakan kata tersebut. Semoga dapat menambah wawasan kamu ya.

Baca Juga: Ada Nama Keler, 9 Kosakata Nama Perabot Dapur dalam Bahasa Sunda

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya