Comscore Tracker

Kenali Perbedaan Visa dan Paspor, Diperlukan Saat ke Luar Negeri

Agar perjalananmu ke luar negeri lancar

Jika kamu memiliki rencana untuk liburan atau bepergian ke luar negeri, kamu wajib mengetahui perbedaan visa dan paspor. Dua dokumen penting ini diperlukan saat kamu ke luar negeri.

Kedua dokumen ini harus dipersiapkan jauh-jauh hari jika belum memilikinya. Hal ini karena untuk pembuatan kedua dokumen ini memerlukan waktu.

Karena sama-sama diperlukan saat mengunjungi suatu negara, kedua dokumen ini kerap dianggap sama. Padahal, kedua dokumen ini memiliki fungsi yang berbeda.

Baca Juga: 6 Fungsi Rekening Koran, Bisa Jadi Syarat Mengurus Visa

Fungsi dan perbedaan visa dan paspor 

Kenali Perbedaan Visa dan Paspor, Diperlukan Saat ke Luar Negeriilustrasi paspor (unsplash.com/Agus Dietrich)

Secara umum paspor adalah dokumen yang berisi informasi identitas seseorang seperti foto, nama, tanggal lahir, dan lain-lainnya yang diperlukan saat berkunjung ke suatu negara. Sedangkan visa adalah dokumen sebagai izin seseorang untuk beraktivitas maupun tinggal di suatu negara.

Berikut beberapa perbedaan visa dan paspor:

  • Proses pembuatan paspor dilakukan di kantor imigrasi negara setempat atau negara orang yang bersangkutan tinggal. Sedangkan visa dibuat melalui kantor kedutaan besar atau perwakilan negara yang akan dituju;
  • Paspor diterbitkan oleh pejabat resmi dari negara asal, sedangkan visa diterbitkan oleh negara tujuan;
  • Paspor wajib dibawa saat mengunjungi suatu negara, sedangkan visa, ada beberapa negara yang memiliki kerja sama dengan negara lain terkait kebijakan bebas visa. Jika tidak ada kerja sama bebas visa untuk negara yang dituju, maka wajib membawa visa;
  • Visa adalah dokumen yang berisi izin sedangkan paspor berisi data pribadi atau identitas seseorang;
  • Jenis paspor dibedakan dengan jenis perjalanannya seperti untuk perjalanan regular atau biasa berwarna hijau, paspor diplomatik berwarna hitam, paspor dinas/resmi berwarna biru. Selain itu, ada juga paspor orang asing, kelompok, serta paspor haji dan umrah;
  • Jenis visa dibedakan berdasarkan aktivitas yang dilakukan di negara tujuan. Jenis visa tersebut antara lain visa transit, visa kerja, visa turis, visa pelajar, dan visa diplomatik;
  • Masa berlaku paspor lebih panjang daripada masa berlaku visa.

Ingat, selalu bawa dokumen-dokumen penting ini saat ke luar negeri. Jika kamu melupakannya, maka dapat dipastikan rencana perjalanan ke luar negeri akan bermasalah. Saat berada di negara tujuan pun, kamu tetap harus membawa dokumen ini terutama paspor dan dijaga jangan sampai hilang.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Paspor Online yang Jarang Diketahui, Lebih Praktis!

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya