5 Tips Mempersiapkan Tes IELTS, yuk Langsung Praktikkan!

Coba terus sampai hasilnya memuaskan

IELTS sebagai salah satu tes bahasa Inggris yang populer umumnya digunakan untuk berbagai kepentingan, salah satunya untuk bidang pendidikan. Misalnya, kamu membutuhkan IELTS untuk mendaftar beasiswa di luar negeri yang mengharuskanmu berbicara bahasa Inggris dengan fasih. 

Melalui tes ini, pihak penyelenggara akan menilai kemampuan bahasa Inggrismu. Gak heran, banyak orang rela merogoh kocek demi mendapatkan sertifikat IELTS. Nah, berikut ada hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkan tes IELTS. Yuk, langsung simak bersama!

1. Biarkan dirimu familier dengan tesnya

5 Tips Mempersiapkan Tes IELTS, yuk Langsung Praktikkan!ilustrasi belajar (pexels.com/Pixabay)

Cobalah kenali tes tersebut, mulai dari format tes hingga bagian tes dan jenis pertanyaan yang diharapkan. Setelah kamu memahami format tes dan jenis pertanyaan, persiapkan hari tes dengan melakukan tes latihan IELTS.

Dilansir IDP IELTS Indonesia, tes IELTS terdiri dari empat bagian, Berbicara, Membaca, Mendengarkan, dan Menulis. Setiap bagian tes IELTS memiliki tugas yang berbeda-beda. Kamu perlu mengetahui apa itu IELTS, keterampilan yang diuji, dan arti dari hasil IELTS. Setelah kamu memperoleh lebih banyak pengetahuan tentang IELTS, kamu harus memutuskan tes mana yang terbaik untukmu, Akademik atau Pelatihan Umum.

2. Pahami band scores

5 Tips Mempersiapkan Tes IELTS, yuk Langsung Praktikkan!ilustrasi belajar (pexels.com/Monstera)

Hasil IELTS-mu dilaporkan sebagai skor band yang berskala dari band 0 hingga band 9. Setiap skor band pun disesuaikan dengan tingkat kompetensi dalam bahasa Inggris. 

Dilansir IDP IELTS Indonesia, kamu akan menerima skor band keseluruhan serta skor band individu untuk setiap bagian tes. Ada baiknya kamu memahami arti setiap skor dan kriteria penilaian yang akan dinilai oleh penguji untuk tes Berbicara dan Menulis.

3. Belajar dan tetapkan tujuan

5 Tips Mempersiapkan Tes IELTS, yuk Langsung Praktikkan!ilustrasi belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)
dm-player

Walaupun sudah mempersiapkan semuanya, tetapi kamu tidak belajar, itu akan sama saja membuang waktu. Maka dari itu, kamu bisa mulai membiasakan menggunakan bahasa Inggris menjelang tes. Selain itu, menetapkan tujuan belajar yang sederhana dapat membantumu berjalan maju dalam mempersiapkan IELTS.

Laman IDP IELTS Indonesia menyarankan beberapa tujuan yang mungkin ingin kamu pertimbangkan, seperti mengasah kemampuan bahasa Inggrismu, buat bahasa Inggris sebagai kebiasaan, dan aturlah rencana belajarmu. Perlahan-lahan, kamu akan terus terpacu mencapai tujuan yang sudah kamu rencanakan.

Baca Juga: 5 Daftar Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL atau IELTS, Cek Sekarang!

4. Temukan tutor private

5 Tips Mempersiapkan Tes IELTS, yuk Langsung Praktikkan!ilustrasi belajar (pexels.com/RF._.studio)

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat mempersiapkan IELTS. Jika bisa, mengikuti pelajaran online dengan tutor spesialis IELTS akan menghemat banyak waktu dan tenaga. 

Dilansir Preply, Miranda Parr, seorang content writer, mengatakan, "Tutormu akan menilai ujian praktikmu dan membantumu memutuskan bagian mana yang akan kamu fokuskan. Mereka juga akan mendukungmu untuk lulus dan menawarkan kamu dorongan dan dukungan moral yang dapat memotivasi dirimu".

5. Perbanyak kosa kata

5 Tips Mempersiapkan Tes IELTS, yuk Langsung Praktikkan!ilustrasi belajar (pexels.com/RDNE Stock project)

Seperti yang diketahui oleh setiap pembelajar bahasa, mengembangkan kosa kata yang menarik sering kali menjadi kendala terbesar yang harus diatasi saat maju dari tingkat menengah ke tingkat mahir. Meningkatkan kosa kata juga dapat membantumu meningkatkan setiap keterampilan IELTS. 

Parr menambahkan, "Kosakata menyumbang 25 persen dari nilai di bagian berbicara dan menulis dan juga memainkan peran penting dalam menunjang kemampuanmu menangani bagian membaca dan mendengarkan".

Intinya, kamu gak boleh malas belajar dan terus praktik agar dirimu terbiasa. Dengan begitu, kamu tidak akan kaget saat akan melakukan tes IELTS. Tetap semangat dan terus belajar, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menentukan Sertifikasi TOEFL atau IELTS, Pilih Mana ya?

Alma S Photo Verified Writer Alma S

I don’t have to say a word. That’s why I like writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya