Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Siswa Ambis, Jangan Diteruskan!

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik

Tidak ada salahnya menjadi siswa yang rajin atau biasa disebut sebagai "ambis". Beberapa hal memang perlu diperjuangkan dengan penuh keseriusan. Namun, beberapa hal juga mempunyai batasan dan aturannya masing-masing.

Mungkin saja dampak menjadi ambis akan terasa manfaatnya. Tetapi, jangan sampai mengabaikan hal-hal berikut. Sekalipun menjadi siswa ambis itu bermanfaat, tapi jangan melakukan kelima kesalahan berikut ini, ya.

1. Terlalu banyak menghafal materi

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Siswa Ambis, Jangan Diteruskan!ilustrasi berpikir (pexels.com/Julia M Cameron)

Menghafal beragam materi memang diperlukan. Selain menjadi kewajiban, hal ini juga akan terasa saat mengerjakan soal-soal nantinya. Kamu akan sangat terbantu jika mempunyai banyak hapalan terkait materi yang bersangkutan.

Kesalahan yang timbul adalah jika terlalu banyak menghafal. Pada akhirnya tidak bisa memahami dengan baik hubungan antara materi satu dengan yang lainnya. Jangan sampai ini terjadi padamu, ya!

2. Tidak konsisten menjaga semangat

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Siswa Ambis, Jangan Diteruskan!ilustrasi orang marah (unsplash.com/Usman Yousaf)

Kesalahan berikutnya adalah tidak konsisten dalam semangat belajar. Ingin rasanya menjadi ambis di awal, tapi lama kelamaan semangat itu akan memudar.

Sebenarnya ada banyak penyebabnya, salah satunya adalah kehilangan motivasi. Apalagi jika semua ekspektasi tak kunjung terealisasi. Nah, ini bisa berdampak tidak baik untuk kamu.

Baca Juga: 9 Momen Siswa SMA Bikin Akun LTMPT, Panik hingga Senang!

3. Niat awalnya belum benar

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Siswa Ambis, Jangan Diteruskan!ilustrasi belajar (pexels.com/MART PRODUCTION)

Boleh-boleh saja ingin menjadi ambis untuk mengejar nilai yang tinggi. Namun, sebuah kesalahan akan muncul ketika apa yang diharapkan tidak sesuai kenyataan. 

Banyak siswa yang semangat belajar demi mengejar nilai, sampai akhirnya tidak bisa fokus dalam memahami materi. Apalagi hanya fokus berlatih banyak soal, tanpa mau mencoba memahami dengan penuh keseriusan.

4. Lupa menjaga kesehatan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Siswa Ambis, Jangan Diteruskan!ilustrasi sakit (pexels.com/RODNAE Productions)

Ada hal yang memang ingin kamu capai, tapi jangan lupa kewajiban lainnya. Kalau kamu masih serius dan ingin menjadi ambis, jangan sampai hal ini terjadi. Nilai dan hasil memang penting, tapi jangan lupa kalau kesehatan tak jauh lebih penting.

Tak jarang masih banyak pelajar yang fokus akan masa depan, namun lupa akan kesehatan. Apalagi karena terlalu ambis sampai lupa makan, tidur, bahkan mandi. Jangan sampai terjadi, ya.

5. Tidak pernah mengikuti try out

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Siswa Ambis, Jangan Diteruskan!ilustrasi mengantuk (pexels.com/George Milton)

Terlalu percaya diri menjadi ambis bisa berdampak tidak baik. Terlalu canggung untuk mengikuti tryout, karena sudah yakin kalau dirinya akan menjadi yang terbaik saat ujian akhir. 

Padahal, mengikuti tryout sangat penting dan dibutuhkan untuk mengetahui seberapa paham materi yang dipelajari. Jangan lupa juga, dengan mengikuti tryout maka pengetahuan terkait beragam jenis soal juga akan bertambah. 

Menjadi ambis memang tidak ada salahnya. Namun, jangan sampai melakukan kesalahan yang membuat kamu mengalami masalah baru. Sesekali coba ditata lagi niat dan semangatnya, jangan sampai takut tersaingi, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menaklukkan Soal HOTS Saat UTBK, Harus Fokus dan Serius!

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad: @Latteaz, Channel Youtube: Catatan Bungsu, dan Tiktok: @Latteaz18

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya