Comscore Tracker

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan sampai Salah!

Pikirkan secara matang dan jangan gegabah

Bisa merasakan bangku perkuliahan adalah salah satu kebahagiaan dan impian banyak orang. Terlebih saat berkuliah kamu akan mendapatkan relasi yang jauh lebih luas, pasti sangat menyenangkan.

Memilih jurusan perkuliahan masih menjadi masalah yang dialami oleh para calon mahasiswa. Alhasil, semangat mereka untuk belajar menurun ketika jurusan yang diambil tidak sesuai dengan ekspektasi.

Biar gak salah pilih, berikut lima tips untuk kamu yang sedang bingung memilih jurusan kuliah. Semoga bisa membantu kamu, ya.

1. Kenali minat dan bakat

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan sampai Salah!ilustrasi berpikir (pexels.com/Michael Burrows)

Hal paling utama yang perlu diperhatikan adalah mengenali minat dan bakat. Kenali diri kamu sendiri, bagaimana cara kamu belajar dan menyukai suatu pelajaran di jenjang sebelumnya. Kamu juga bisa menjadikan hobi sebagai acuan, lho.

Misalnya kamu suka menulis, maka kamu bisa memilih jurusan seputar bahasa atau sastra. Jika menyukai ilmu pengetahuan alam, kamu bisa memilih jurusan biologi, teknik kimia, atau lainnya.

2. Perbanyak riset terhadap setiap jurusan

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan sampai Salah!ilustrasi berpikir menentukan tema (pexels.com/George Milton)

Selanjutnya adalah melakukan riset. Kamu bisa coba telusuri jurusan yang ingin kamu tuju. Mulai dari apa saja yang akan dipelajari, sampai prospek kerja di masa depan nanti. 

Hal ini bisa kamu temukan di mana saja, baik melalui internet atau bertanya pada orang yang sedang menjalani perkuliahan di jurusan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa bersiap-siap dan semakin yakin dengan pilihanmu.

3. Rajin melakukan konsultasi

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan sampai Salah!ilustrasi konsultasi (pexels.com/Anna Shvets)

Memilih jurusan sama seperti ketika kamu hendak membeli obat. Kamu harus tahu obat yang cocok untuk diminum. Tentunya, kamu perlu bertanya ke dokter atau orang yang lebih mengerti.

Saat hendak memilih jurusan, sangat penting untuk konsultasi ke orang lain. Bisa melalui Bimbingan Konseling di SMA atau bahkan orang yang sudah berprofesi dengan jurusan yang pernah ditekuninya.

Baca Juga: 10 KDrama Ini Bisa Jadi Inspirasimu Memilih Jurusan Kuliah

4. Menyiapkan beberapa opsi pilihan

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan sampai Salah!ilustrasi membuat list (pexels.com/armin-rimoldi)

Membuat list beberapa opsi jurusan juga merupakan salah satu tips. Kamu bisa membuat list jurusan apa saja yang sekiranya akan kamu incar.

Cara ini bertujuan supaya kamu lebih dekat dengan jurusan yang benar-benar akan kamu pilih. Cobalah membuat 3-5 opsi. Jangan terlalu banyak dan usahakan opsi-opsi tersebut sesuai dengan minat dan bakatmu.

5. Pertimbangkan pula biaya perkuliahan

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan sampai Salah!ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Tips yang terakhir adalah menentukan biaya perkuliahan. Tidak hanya biaya untuk pendidikan selama perkuliahan saja, tapi juga selama kamu menjalani nantinya. Coba tanya ke kakak tingkat yang telah selesai menjalani perkuliahan terkait biayanya.

Namun jangan khawatir, kalau kamu bersungguh-sungguh, ada banyak beasiswa yang bisa meringankan biayamu. Paling penting adalah kamu bisa menjalani perkuliahan dengan baik dan berada di jurusan yang tepat. 

Semoga lima tips tadi bisa membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah. Perbanyak konsultasi, mengumpulkan informasi, dan terus semangat belajar. Jangan sampai salah pilih, ya!

Baca Juga: 5 Cara Tetap Produktif Menulis kala Sibuk Kuliah atau Sekolah

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad: @Latteaz, Channel Youtube: Catatan Bungsu, dan Tiktok: @Latteaz18

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya