Comscore Tracker

7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lho

Prospek kerja luas dengan gaji menggiurkan #IDNTimesLife 

Bukan terhitung baru, beberapa jurusan sepi peminat yang ada di Indonesia sudah ada cukup lama, lho. Namun, mereka masih kalah pamor dengan jurusan lainnya yang lebih bergengsi. Padahal jika melihat prospek karier setelah lulus kuliah, jurusan-jurusan ini bisa buat kamu mendapatkan pengalaman berharga yang jarang dimiliki orang sehingga kesempatan kamu mendapatkan pekerjaan lebih tinggi.

Penasaran apa saja jurusan sepi peminat tapi memiliki peluang kerja yang besar? Baca artikel ini sampai habis ya!

1. Ilmu Perpustakaan

7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lhoilustrasi pustakawan (unsplash.com/Alexei Maridashvili)

Meskipun jurusan ini sudah ada di banyak universitas unggulan seperti Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro, jurusan ini tidak banyak dilirik oleh calon mahasiswa. Padahal jurusan sepi peminat ini menjamin peluang kerja besar dengan kompetensi yang dibutuhkan banyak perusahaan dan perpustakaan. 

Jurusan Ilmu Perpustakaan ini memiliki fokus kompetensi teoritis dan praktisi dalam pengelolaan perpustakaan, pengarsipan dokumen dan buku, dan pengelolaan informasi terkait perpustakaan dengan gelar lulusannya, yaitu Sarjana Humaniora atau Sarjana Sosial.

Lulusannya disiapkan untuk bisa bekerja di perusahaan bidang manajemen data seperti perpustakaan, lembaga informasi, dan lembaga arsip. Selain itu, lulusannya juga berkesempatan untuk menjadi PNS, admin, market researcher, kurator, dan data scientist. Keren banget, 'kan?

2. Filsafat

7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lhoIlmu Filsafat (ugm.ac.id)

Jurusan sepi peminat selanjutnya adalah jurusan dengan julukan mother of sciences, Filsafat. Jurusan ini menuntut mahasiswanya untuk memahami cara berpikir dengan kritis, logis, dan berpandangan luas supaya bisa menilai suatu tindakan baik atau buruk. 

Setelah lulus, mahasiswa jurusan Filsafat memiliki peluang kerja sebagai pengajar, content writer, konselor, dan bisa bekerja di dunia media kreatif seperti Dian Sastrowardoyo.

Jurusan yang banyak mempelajari teori-teori filsafat dari berbagai sudut pandang ini cocok buat kamu yang tipe pemikir dan memiliki penalaran logis. Kamu bisa menemukan jurusan filsafat di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan beberapa universitas Islam di Indonesia.

3. Ilmu Arkeologi

7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lhoilustrasi profesi arkeolog (careers360.com)

Siapa di sini yang suka dengan benda-benda purbakala dan sejarah lampau? Nah, ada jurusan kuliah yang akan memfasilitasi kegemaranmu itu, yaitu Arkeologi. Melalui jurusan Arkeologi, kamu akan belajar ilmu budaya manusia dari berbagai peradaban lampau yang pernah ada di Indonesia beserta peninggalan-peninggalan purbakalanya. 

Baik selama berkuliah ataupun telah lulus, mahasiswa Arkeologi akan sering melakukan ekspedisi ke berbagai tempat untuk mengungkap fakta sejarah beserta bukti peninggalannya. Seru gak tuh, kuliah atau kerja sambil jalan-jalan? Kampus-kampus yang menyediakan jurusan sepi peminat ini antara lain Universitas Udayana, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Hasanuddin.

Baca Juga: 7 Jurusan Kuliah yang Masih Dianggap Paling Bikin Orangtua Bangga

4. Sosiologi

7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lhoilustrasi perbincangan dua orang (glints.com/Maria Juwita)

Jurusan Sosiologi termasuk ke dalam rumpun ilmu sosial yang mempelajari dan mengamati interaksi dan kebiasaan perilaku sosial seseorang dengan individu lainnya serta fenomena-fenomena yang terjadi di tengah masyarakat.

Tak hanya belajar secara teori, ilmu Sosiologi juga bersifat aplikatif yang mana perlu dipraktikkan di dunia nyata. Sehingga tak heran mahasiswanya kerap terjun langsung ke lapangan untuk mendukung ilmu teori mereka sekaligus menemukan hal baru yang menarik untuk dipelajari.

Jurusan sepi peminat ini cocok untuk kamu yang gemar berinteraksi dengan banyak orang baru. Prospek kerja untuk para lulusannya pun cukup luas, di antaranya dapat menjadi aktivis masyarakat, pengajar, dan jurnalis. 

5. Kehutanan

7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lhoilustrasi pembelajaran jurusan Kehutanan (fhut.usu.ac.id)

Sudah pada tahu belum kalau Presiden RI, Bapak Joko Widodo, adalah lulusan jurusan Kehutanan? Yap, jurusan yang menjadi salah satu jurusan sepi peminat lainnya namun memiliki peluang kerja besar.

Bagaimana tidak? Kita tahu sendiri kalau Indonesia adalah negara tropis dengan hutan yang membentang luas di beberapa wilayah. Sehingga tak sedikit instansi konservasi hutan membutuhkan tenaga dan pengetahuan lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan.

Sebab, mahasiswa jurusan ini secara aktif mempelajari pengelolaan ekosistem hutan, produktivitas hutan, pemanfaatan dan perlindungan hasil hutan. Jenjang karier lainnya pun juga cukup menjanjikan, kamu bisa bekerja sebagai konsultan hutan, peneliti, wirausahawan bidang mebel, dan pegawai lembaga kehutanan nasional maupun internasional.

6. Oseanografi

7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lhoilustrasi dua orang penyelam (pixabay.com/Defence-Imagery)

Bagi kamu pecinta alam khususnya laut, ada jurusan kuliah menarik nih! Namanya Oseanografi. Tidak hanya sepi peminat, jurusan ini juga terbilang langka di Indonesia karena hanya ada dua kampus yang membuka jurusan unik ini, yaitu di Universitas Diponegoro dan Institut Teknologi Bandung.

Oseanografi mempelajari ilmu fenomena laut yang dikembangkan ke dalam beberapa bidang ilmu lainnya, seperti lingkungan, bencana laut, penanggulangan bencana laut, dan teknologi rekayasa. Jurusan ini berbeda dengan jurusan kelautan dan perikanan, ya. Sebab, ilmu kelautan dan perikanan lebih fokus mempelajari biota laut dan sumber daya laut.

Lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja besar sebagai ahli ekologi, konsultan lingkungan, metocean engineer, spesialis konservasi alam laut, dan pengajar.

7. Antropologi Sosial

7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lhoilustrasi diskusi kelompok (fib.ub.ac.id)

Jurusan sepi peminat dengan peluang kerja besar terakhir adalah Antropologi Sosial. Meskipun terdengar asing di telinga orang awam, lulusan jurusan ini banyak dicari lembaga dan instansi negara bidang ilmu budaya.

Ilmu yang dipelajari pun cukup unik nan menarik, yaitu mempelajari keanekaragaman dan dinamika sosial-budaya masyarakat Indonesia dari berbagai suku dan budaya akibat interaksi dan hubungan antar manusia. Prospek kerjanya pun cukup luas yang berkaitan erat dengan manusia dan budaya, di antaranya sebagai peneliti atau antropolog, pengajar, wartawan jurnalis, PNS, HRD, konsultan, dan budayawan.

Banyak universitas ternama yang membuka jurusan ini di kampusnya, beberapa di antaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, dan Universitas Brawijaya.

Sebenarnya, semua bidang studi di bangku perkuliahan pasti bagus dan sesuai kebutuhan industri di masa itu. Giliran kamu sebagai pelajar dan calon penerus bangsa ingin mengembangkan potensi diri di bidang karir mana. Nah, dari sekian daftar jurusan sepi peminat dengan peluang kerja besar di atas, mana yang menarik perhatianmu?  

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Sulit Menentukan Jurusan Kuliah untuk Diambil

Dania Lazuardi Husen Photo Writer Dania Lazuardi Husen

Writing Enthusiast | Looking for comfort zone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya