Comscore Tracker

Tetap Semangat, 5 Hal yang Harus Diingat saat Tidak Lolos SBMPTN

Sedih boleh saja, tapi harus segera bangkit

Pengumuman SBMPTN pada Kamis (23/6/2022) lalu meninggalkan kesan yang berbeda bagi setiap orang. Ada yang bahagia karena berhasil diterima di universitas impian, tapi ada pula yang bersedih karena belum lolos SBMPTN.

Setiap orang pasti merasa sedih ketika tujuan mereka belum tercapai. Apalagi, jika kita telah berusaha sebaik mungkin. Bagi yang belum lolos SBMPTN, pasti hal tersebut membuat kalian down dan putus asa. Namun, percayalah bahwa hal tersebut bukanlah akhir dari segalanya. Supaya segera bangkit, ingatlah lima hal berikut ini saat kalian belum berhasil lolos SBMPTN. 

1. Kalian tidak gagal

Tetap Semangat, 5 Hal yang Harus Diingat saat Tidak Lolos SBMPTNilustrasi bersedih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tidak lolos SBMPTN bukanlah akhir dari jalan untuk mengejar cita-cita. Perjuangan kalian selama ini tidak berarti gagal dan sia-sia begitu saja. Nikmati proses dalam meggapai cita-cita, karena hal tersebut akan membuat kalian menjadi pribadi yang kuat. Mungkin, kesempatan kalian untuk lolos universitas ada di lain waktu atau bukan di jalur SBMPTN ini.

Orang yang gagal adalah mereka yang berhenti mencoba. Masih banyak jalan menuju universitas impianmu. Seperti jalur mandiri atau beberapa jalur lain yang dibuka masing-masing kampus. Maksimalkan persiapanmu dan belajarlah dari kesalahan sewaktu mengikuti SBMPTN. 

2. Selalu ada hal baik di balik perjuangan kalian

Tetap Semangat, 5 Hal yang Harus Diingat saat Tidak Lolos SBMPTNilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Entah itu gagal atau berhasil lolos SBMPTN, banyak hal yang dapat dipetik selama kalian mempersiapkan diri mengikuti tes tersebut. Belajar materi untuk mengikuti SBMPTN bukanlah hal yang mudah. Tidak hanya harus menguasai materi, kalian juga harus memiliki konsistensi belajar yang baik. 

Entah disadari atau tidak, dengan mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN kalian memiliki manejemen waktu yang lebih baik. itu terjadi karena kalian telah terbiasa untuk membagi waktu dengan maksimal untuk belajar dan melakukan kegiatan lain.

Selain itu, beberapa manfaat lainnya yaitu semangat belajar yang tinggi, pantang menyerah, dan memiliki kendali yang baik atas diri sendiri. So, tidak ada yang sia-sia, bukan?

Baca Juga: Pejuang PTN, Ini Lho 8 Hal yang Sering Bikin Peserta Gagal Lolos SBMPTN

3. Luangkan waktu untuk istirahat dan menenangkan pikiran

Tetap Semangat, 5 Hal yang Harus Diingat saat Tidak Lolos SBMPTNilustrasi traveling (pexels.com/Haley Black)

Sedih adalah hal yang wajar ketika kita belum berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Bagi kalian yang belum lolos SBMPTN, luangkanlah waktu sejenak untuk beristirahat dan menenangkan pikiran. Kalian dapat melakukan kegiatan seperti bepergian, membaca buku, atau sekadar melakukan hobi.

Selain itu, menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dapat membuat kalian melupakan beban pikiran dan menjadi lebih bersemangat. Kalian berhak menenangkan pikiran setelah sekian lama sibuk untuk mempersiapkan SBMPTN. Dengan begitu, kalian tidak berlarut dalam kesedihan dan segera siap untuk kembali bangkit.

4. Boleh bersedih, tetapi rencanakan langkah selanjutnya

Tetap Semangat, 5 Hal yang Harus Diingat saat Tidak Lolos SBMPTNilustrasi bersedih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah menenangkan diri, kini saatnya merencanakan strategi baru untuk mencapai tujuanmu. Putuskan apa hal yang akan kalian lakukan setelah belum berhasil lolos dalam jalur SBMPTN. Apakah mengikuti jalur masuk universitas lain yang masih dibuka? Atau kalian akan mencoba mengikuti SBMPTN lagi tahun depan?

Kalian harus memutuskannya segera agar memiliki waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan diri. Kalian juga dapat mengevaluasi beberapa kesalahan yang mengakibatkan tidak berhasil lolos dalam SBMPTN tahun ini. Ingat, persiapan yang matang memiliki peluang berhasil yang lebih besar.

5. Setiap orang memiliki proses yang berbeda

Tetap Semangat, 5 Hal yang Harus Diingat saat Tidak Lolos SBMPTNilustrasi wisuda (pexels.com/Emily Ranquist)

Setiap orang memiliki proses yang berbeda dalam menuju kesuksesan. Mungkin, banyak dari mereka yang lebih mudah untuk mendapat keberhasilan daripada diri kita. Namun, jangan pernah berhenti untuk meraihnya.

Entah memakan waktu yang lama atau sebentar, kesuksesan akan datang jika kita terus berusaha. Jadi, bagi kalian yang belum lolos SBMPTN di tahun ini, jangan putus asa dan tetaplah berjuang. Habiskan kegagalan di masa muda kalian sehingga bisa menikmati hasilnya kelak. Ingat, tidak ada perjuangan yang sia-sia!

Baik lolos atau tidak, kalian yang telah mengikuti SBMPTN adalah orang-orang hebat. Kalian berani untuk melangkah mengejar cita-cita dengan semangat yang tinggi. Entah apa hasilnya, kalian akan mendapatkan pelajaran berharga dari hal tersebut. Jika belum berhasil lolos, maka carilah jalan lain atau kembali di tahun depan dengan persiapan yang lebih matang.

Baca Juga: Ingin Kuliah di Surabaya? Ini 5 Kampus Negeri yang Dapat Kamu Pilih

Desti Ani Photo Verified Writer Desti Ani

Berbagi pengetahuan, motivasi, dan hal yang saya suka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya