Comscore Tracker

6 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Gagal Menghadapi Ujian

Semuanya belum berakhir, guys!

Setiap orang pasti pernah gagal dalam sebuah ujian, baik di sekolah atau kuliah. Ada banyak faktor yang memengaruhi hasil akhir ujian yang ternyata berujung pada kekecewaan. 

Sejatinya, kegagalan seperti ini wajar terjadi. Tetapi, banyak di antara kita yang tidak bisa menerimanya karena rasa kecewa yang sulit dibendung. Lantas, bagaimana menyikapi kegagalan ini agar tak jadi bumerang bagi diri sendiri? Berikut hal yang perlu dilakukan ketika gagal menghadapi ujian.

1. Jangan langsung panik dan ambil keputusan kurang bijak

6 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Gagal Menghadapi Ujianunsplash/officestock

Ketika sedang sedih dan kecewa, kita sulit berpikir jernih. Kita lebih mengandalkan emosi dan menanggapi segala sesuatu dengan amarah. Justru, kondisi ini malah memperburuk keadaan dan tidak menyelesaikan masalah gagal dalam ujian.

Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengendalikan emosi. Hindari kepanikan agar tak ada pikiran macam-macam yang melintas di pikiran. Sebab, pikiran buruk akan memperkeruh keadaan. 

2. Sediakan waktu untuk sendiri demi merenung dan berdoa. Ketenangan hati dapat menguatkan dirimu

6 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Gagal Menghadapi Ujianpixabay/StockSnap

Di samping mengendalikan emosi, ada baiknya kita menepi dari keramaian. Ini berguna untuk meredakan kepanikan serta gejolak emosi yang mungkin saja mencapai level tertinggi.

Kita dapat memanfaatkan momen kesendirian ini sebagai perenungan apa yang sudah terjadi dan mencoba sedikit demi sedikit melupakannya. Waktu sendiri ini, perlu dimanfaatkan pula untuk berdoa agar hati lebih tenang dan bisa segera menemukan solusi.

3. Lepaskan rasa sedih saat gagal. Biarkan kamu meluapkannya sesaat agar hati lebih tenang

6 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Gagal Menghadapi Ujianpixabay/StockSnap

Terkadang, kita begitu naif menyembunyikan kesedihan atas kegagalan. Kita selalu memakai topeng seolah-olah tidak pernah ada masalah. Ingat! Berpura-pura justru memperparah kondisi kita.

Meluapkan rasa sedih membantu meringankan beban di pundak. Mengeluarkan perasaan bahkan hingga berurai air mata, bukanlah tanda lemah. Sebaliknya, hal ini menolong untuk mengembalikan diri dari belenggu rasa cemas yang berlebihan.

Baca Juga: 5 Tips yang Bisa Kembalikan Motivasi Belajarmu, Ayo Semangat!

4. Hindari terlalu menyalahkan diri sendiri atau orang lain. Setiap orang pasti pernah gagal

6 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Gagal Menghadapi Ujianunsplash/christnerfurt

Tak bisa dimungkiri, ketika kita gagal menghadapi ujian, ada saja pihak-pihak yang disalahkan. Entah menyalahkan diri sendiri atau orang lain. Untuk itulah, kita perlu menghentikan tabiat buruk semacam ini.

Kegagalan yang menghampiri tak perlu lagi dicari-cari kesalahannya. Justru, kita harus segera berbenah dan mempersiapkan diri menyongsong ujian yang bisa kita ikuti. Menyalahkan tidak mengembalikan semuanya seperti semula.

5. Rencanakan beberapa hal untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian selanjutnya

6 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Gagal Menghadapi Ujianpixabay/coyot

Daripada menghabiskan waktu untuk menyalahkan diri sendiri, lebih baik rancang beberapa hal guna menyiapkan diri menghadapi ujian di sekolah atau kuliah. Membuat perencanaan memudahkan kita dalam mempelajari materi untuk ujian.

Dalam merencanakan persiapan ujian, kita perlu memperhatikan beberapa aspek. Mulai dari pola belajar, penguasaan materi, hingga kesehatan fisik wajib jadi fokus untuk meminimalkan hambatan saat mengerjakan soal ujian. Bila dipersiapkan dengan matang, maka keraguan tak bisa melalui ujian dapat ditekan.

6. Jangan ragu meminta bantuan orang lain. Siapa tahu kamu dapat kemudahan dalam menyelesaikan soal-soal ujian

6 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Gagal Menghadapi Ujianunsplash/alexisbrown

Malu bertanya sesat di jalan. Pepatah ini berlaku pula saat kamu mengalami kesulitan belajar menghadapi ujian. Bila ada materi yang sukar dipahami, cobalah untuk bertanya kepada teman atau guru les.

Dengan bertanya, kita memperoleh sebuah pemahaman baru dari materi yang sebelumnya susah dicerna. Jikalau bisa, buatlah kelompok belajar untuk saling bertukar ilmu. Toh, dari kelompok ini kita bisa saling membantu satu sama lain.

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan ketika gagal menghadapi ujian. Ujian sekolah atau di bangku kuliah adalah sesuatu yang pasti akan terjadi. Hanya satu hal yang bisa kita lakukan, yaitu hadapi dengan penuh semangat. Semoga sukses selalu, ya!

Baca Juga: Hindari 7 Hal Ini Saat Belajar Biar Nilai Ujianmu Maksimal!

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Febriyanti Revitasari

Just For You