Comscore Tracker

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019

Semuanya sudah terakreditasi A, lho

Berbeda dengan program studi Pendidikan Dokter, lulusan Kedokteran Gigi gak perlu mengambil studi lanjutan spesialis. Kurikulumnya pun berbeda, mahasiswa Kedokteran Gigi juga mendapat dasar-dasar ilmu kedokteran, namun langsung dilanjutkan dengan materi seputar kesehatan gigi.

Gak kalah dengan Pendidikan Dokter yang ramai diincar tiap SNMPTN dan SBMPTN, prodi Kedokteran Gigi juga punya peminat tinggi. Berikut adalah 12 kampus Kedokteran Gigi negeri dan swasta yang berstatus terakreditasi A di tahun 2019.

*Daftar di bawah ini bukan urutan peringkat

1. Universitas Sumatera Utara

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019usu.ac.id

Dimulai dari bagian barat Indonesia, prodi Kedokteran Gigi di Universitas Sumatera Utara kembali mendapat predikat A pada akreditasi BAN-PT tahun 2017. Peminat prodi ini cukup tinggi, Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara termasuk rujukan favorit para calon mahasiswa.

2. Universitas Indonesia

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019ui.ac.id

Perguruan negeri tertua di Indonesia ini memang punya banyak program studi berkualitas yang sudah terakreditasi A, salah satunya Kedokteran Gigi. Universitas Indonesia mendapat predikat terakreditasi A untuk prodi Kedokteran Gigi sejak tahun 2014.

3. Universitas Padjajaran

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019quipper.com

Selain prodi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi Universitas Padjajaran juga sudah mengantongi predikat A. Peminatnya juga terbilang tinggi, lho di SBMPTN 2019 yaitu mencapai 3.000 orang.

4. Universitas Gadjah Mada

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019instagram/ugm.yogyakarta

Prodi Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada juga menjadi idaman banyak calon mahasiswa. Peminatnya gak kalah tinggi dengan prodi Pendidikan Dokter yang hampir mencapai 4.000 pendaftar pada SBMPTN 2019.

Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada sudah mendapat predikat terakreditasi A sejak tahun 2014, lho.

5. Universitas Jember

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019unej.ac.id

Kampus negeri terbesar di Jawa Timur ini juga memiliki program studi Kedokteran Gigi yang sudah terakreditasi A sejak tahun 2016. Di Universitas Jember, Kedokteran Gigi masuk lima besar prodi saintek dengan peminat terbanyak di SBMPTN 2019.

Baca Juga: 24 Program Studi Kedokteran Terbaik di Indonesia, Ada Kampusmu?

6. Universitas Airlangga

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019news.unair.ac.id

Masih di Jawa Timur, prodi Kedokteran Gigi di Universitas Airlangga juga sudah mengantongi predikat terakreditasi A sejak tahun 2014. Alternatif pilihan selain Universitas Jember, nih buat kau yang ingin kuliah Kedokteran Gigi di Jawa Timur.

7. Universitas Hasanuddin

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019sijai.com

Loncat ke Sulawesi, Universitas Hasanuddin Makassar juga mendapat predikat A untuk program studi Kedokteran Gigi. Peminatnya cukup tinggi pada SBMPTN 2019, yaitu mencapai 2.000 orang lebih.

8. Universitas Trisakti

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019daftaruniversitasindonesia.web.id

Selain tujuh perguruan tinggi di atas, ada enam kampus swasta yang juga memiliki program studi Kedokteran Gigi terakreditasi A. Salah satunya adalah Universitas Trisakti yang sudah mendapat predikat A sejak tahun 2015.

9. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019bedahmulut.ariirnawan.com

Kampus Kedokteran Gigi lainnya di kawasan Jabodetabek yang berstatus terakreditasi A adalah Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Gedung perkuliahan Kedokteran Gigi terpisah dari kampus utama. Lokasinya ada di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

10. Universitas Islam Sultan Agung Semarang

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019unissula.ac.id

Universitas Islam Sultan Agung Semarang juga dikenal unggul di bidang kedokteran. Gak hanya Pendidikan Dokter, prodi Kedokteran Giginya pun banyak diminati. Prodi ini baru saja mendapat nilai akreditasi A di pertengahan tahun 2019.

11. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019umy.ac.id

Alternatif pilihan kampus Kedokteran Gigi selain Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga sudah mengantongi predikat A sejak tahun 2015. Peminat kampus ini gak kalah tinggi dari Universitas Gadjah Mada, lho.

12. Universitas Hang Tuah Surabaya

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019fkuht.com

Ada satu lagi, nih rekomendasi kampus Kedokteran Gigi yang sudah berpredikat A di Jawa Timur. Selain Universitas Jember dan Universitas Airlangga, kamu yang berminat mengambil studi Kedokteran Gigi bisa menjajal peruntungan di Universitas Hang Tuah Surabaya.

13. Universitas Mahasaraswati Denpasar

13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019pasca.unmas.ac.id

Siapa bilang Bali hanya dikenal lewat pariwisata dan budayanya? Kualitas pendidikan di sini juga terbilang unggul, lho. Kedokteran Gigi di Universitas Mahasaraswati Denpasar sudah mengantongi nilai akreditasi A pada tahun 2018.

Ketiga belas kampus di atas bisa juga kamu rekomendasikan kepada kerabat atau saudara yang ingin mengambil studi Kedokteran Gigi. Buat persiapan menghadapi seleksi penerimaan mahasiswa baru, pantau juga kapasitas atau daya tampungnya, ya.

Baca Juga: 5 Prodi Soshum Paling Diminati di SBMPTN 2019, Ada Pilihanmu?

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya