Comscore Tracker

Wah, Persentase Peluang Lolos 5 Jurusan Favorit SBMPTN 2018 Makin Tipis

#EdFunFact Sudah tahu cara menghitung presentase peluangmu?

Pendaftaran SBMPTN 2018 resmi ditutup Jumat (27/04), dan untuk tesnya akan diselenggarakan serentak pada Selasa (08/05) atau 11 hari kemudian. Meski masing-masing universitas sudah menambah kuota penerimaan, meningkatnya jumlah peminat tiap tahunnya membuat persaingan makin ketat.

Dari sekian banyak jurusan yang bisa dipilih, 5 di bawah ini paling banyak peminatnya dari tahun ke tahun. Tapi sepertinya presentase peluang lolos makin tipis nih! Coba cek, adakah salah satunya jurusan pilihanmu? Berapa besar ya peluang masuknya?

1. Teknik Informatika

Wah, Persentase Peluang Lolos 5 Jurusan Favorit SBMPTN 2018 Makin TipisPixabay/Pexels

Seiring dengan perkembangan zaman, jurusan Teknik Informatika makin banjir peminat. Ini sejalan dengan peluang kerja di dunia digital yang makin berkembang pesat. Tapi bagaimana peluang lolosnya?

Tahun lalu, peminat jurusan STEI (elektronika dan informatika) ITB sebanyak 4.215 orang. Jika tahun ini jumlah peminatnya lebih banyak, sementara kursi yang tersedia cuma 168, maka peluang lolosnya hanya 4%. Artinya, dari 100 pendaftar hanya ada 4 orang yang diterima.

Begitu juga di Universitas Padjajaran yang 3 tahun terakhir ini langganan mendapat pendaftar SBMPTN terbanyak se-Indonesia. Tahun lalu peminat jurusan Teknik Informatika sebanyak 3.773 orang, dengan kuota tahun ini 42 kursi saja. Artinya, peluang lolos hanya 1% lho!

2. Pendidikan Kedokteran

Wah, Persentase Peluang Lolos 5 Jurusan Favorit SBMPTN 2018 Makin TipisPixabay/StockSnap

Jika peminat Teknik Informatika baru meningkat pesat akhir-akhir ini, Pendidikan Kedokteran adalah jurusan yang nyaris tak pernah sepi dari tahun ke tahun. Tahun lalu, sebanyak 5.979 orang mendaftar Kedokteran Unpad sementara tahun ini hanya dibuka kuota 150 kursi saja.

Sama halnya dengan Universitas Gadjah Mada, 3.777 peminat Kedokteran mendaftar tahun lalu, dengan kuota tahun ini hanya 70 kursi. Jika dihitung, presentase peluang lolos Kedokteran Unpad sebesar 3% dan UGM hanya 2%.

3. Ilmu Hukum

Wah, Persentase Peluang Lolos 5 Jurusan Favorit SBMPTN 2018 Makin TipisPixabay/succo

Gak kalah dari Kedokteran, Ilmu Hukum juga masuk jajaran jurusan favorit di hampir semua PTN. Tahun ini Universitas Indonesia menyediakan 175 kursi di Ilmu Hukum, dengan pendaftar tahun lalu mencapai 4.297 orang. Berarti peluangnya hanya sekitar 4%.

Universitas Brawijaya Malang menawarkan peluang lolos lebih besar. Tahun lalu peminat jurusan Ilmu Hukum sebanyak 4.158 orang dengan kuota 276 kursi yang dibuka tahun ini. Peluang lolosnya sedikit lebih tinggi yaitu 7%. Angin segar buat kamu yang daftar ke sini nih!

4. Manajemen

Wah, Persentase Peluang Lolos 5 Jurusan Favorit SBMPTN 2018 Makin TipisPixabay/rawpixel

Di ranah soshum, jurusan Manajemen menempati posisi kedua peminat terbanyak setelah Ilmu Hukum. Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran menerima peminat terbanyak tahun lalu sebesar 4.159 dan 4.290 orang.

Padahal, Manajemen UI hanya membuka kuota 136 kursi dan Unpad lebih sedikit lagi yaitu 76. Kebayang kan seperti apa ketatnya persaingan di sana? Presentase lolos Manajemen UI sebesar 3% dan Unpad hanya 2%.

5. Psikologi

Wah, Persentase Peluang Lolos 5 Jurusan Favorit SBMPTN 2018 Makin TipisPixabay/Free Graphic Today

Buat kamu yang ingin lintas jurusan, Psikologi pasti masuk dalam daftar. Beberapa kampus ada yang memasukkan jurusan Psikologi dalam ranah saintek, tapi lebih banyak yang menggolongkannya di soshum. Jadi anak IPA dan IPS semuanya bisa mendaftar.

Psikologi UGM tahun lalu mendapat pendaftar sebanyak 3.457 orang dengan kuota tahun ini 96 kursi saja. Sementara Psikologi UI yang gak kalah favorit memiliki jumlah peminat 3.843 orang dengan kuota 140. Peluang lolosnya secara berturut-turut adalah 3% dan 4%. Tipis juga ya?

6. Bagaimana sih cara menghitung presentase peluang lolos?

Wah, Persentase Peluang Lolos 5 Jurusan Favorit SBMPTN 2018 Makin TipisPixabay/meditations

Semua data di atas dihimpun dari situs resmi SBMPTN di https://sbmptn.ac.id, dengan melihat jumlah peminat tahun lalu dan dibandingkan dengan kuota yang tersedia tahun ini. Jadi, besarnya presentase peluang lolos di atas masih berupa perkiraan. Namun biasanya gak begitu jauh dengan fakta di lapangan.

Kamu juga bisa memperkirakan sendiri besarnya presentase peluang lolos di jurusan dan universitas pilihanmu. Caranya, bagi jumlah kuota tahun 2018 dengan jumlah pendaftar tahun 2017 lalu kalikan 100%. Semua data bisa kamu lihat di https://sbmptn.ac.id.

Meski hasilnya sangat kecil, kamu tentunya gak boleh pesimis dong! Tetap harus rajin belajar dan banyak berdoa. Berikan kemampuan terbaikmu saat tes SBMPTN nanti tanggal 8 Mei 2018. Semoga sukses ya!

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You